fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

5 Cara Mengecek Pemilik Domain Website dengan Mudah

Rianda

Dalam sebuah kasus tertentu, ada pemilik website yang telah menemukan nama domain yang sesuai dan menarik menurutnya. Akan tetapi, ternyata nama tersebut sudah dipakai oleh pemilik website lainnya. Perlu diketahui bahwa cara mengecek pemilik domain dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Misalnya seperti bertanya apakah nama domain tersebut dapat dibeli dengan cara langsung atau bagaimana. Dengan mengetahui pemilik dari website tersebut, maka nantinya bisa tahu keharusan menghubungi siapa terkait nama domain dari website tadi. Adapun cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

1. Menghubungi Registrar Domain

Kadang kala layanan yang terdapat di WHOIS yang hanya menyediakan informasi mengenai registrar domain. Untuk itulah bisa menghubungi pihak registrar domain tersebut, sebagai salah satu cara mengecek pemilik domain dan menanyakan beberapa hal yang diperlukan.

Dalam hal ini, pemilih website bisa juga meminta pihak registrar untuk melanjutkan email penawaran kepada pemilik domain. Registrasi yang mempunyai layanan baik terhadap pelanggan, harusnya bersedia membantu kebutuhan pemilik website tersebut.

2. Mencari Tahu Proteksi WHOIS

Diketahui bahwa sejumlah pemilik domain memilih untuk menyembunyikan informasi yang dimiliki memakai layanan proteksi yang asalnya dari pihak ketiga. Yang mana layanan semacam ini, mampu memberikan perlindungan terhadap privasi yang dimiliki klien.

Jika menjumpainya semacam ini, maka cara cek pemilik domain nya adalah dengan menghubungi pihak perusahaan penyedianya. Kemudian meminta bantuan kepada perusahaan tersebut guna menyampaikan email terhadap pemilik domain. Wali aplikasi tidak terdapat jaminan keberhasilan, namun peluang masih ada.

3. Menggunakan ICANN

Bisa dikatakan bahwa keberadaan dari ICANN ini, mempunyai tugas guna melakukan koordinasi serta pencatatan pengarahan akan alamat IP serta lainnya. Dengan kata lain, bahwa adanya ICANN ini berperan untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh nama domain yang sudah terdaftar.

Nantinya, cara pengecekan terhadap pemilik domain dapat memanfaatkan layanan pencarian dari ICANN ini. Pasalnya, layanan ini mempunyai informasi terkait data registrasi paling baru dari pemilik domain. Diketahui bahwa data ini dilakukan pengambilan dengan cara langsung melalui operator registry maupun registrar.

Langkah yang perlu ditempuh untuk melakukan pengecekan pemilik domain cukup mudah dijalankan. Yakni tinggal mengetikkan nama domain di bagian pencarian. Nantinya ICANN akan memperlihatkan laman hasil pencarian tersebut.

4. Mengunjungi Website Secara Langsung

Cara berikutnya yang bisa juga dipakai untuk melakukan pengecekan pemilik domain tertentu adalah dengan mengunjungi langsung websitenya. Pasalnya, tidak sedikit nama domain yang memang dibeli yang selanjutnya dilakukan penjualan kembali dengan memakai harga yang lebih mahal.

Dengan cara ini, nantinya bisa diketahui apakah nama domain yang dicari tersebut sudah berstatus di onlinekan atau justru masih tersedia dan dijual. Biasanya, ketika domain yang statusnya dijual, maka akan ditampilkan informasi kontak yang diketahui pemilik website.

5. Menggunakan Sosial Media

Bagi yang kurang cocok menggunakan beberapa cara sebelumnya, maka bisa coba cara satu ini untuk cek pemilik domain. Dalam hal ini, caranya adalah dengan melakukan pencarian terhadap suatu perusahaan yang memakai domain yang dicari.

Apabila memang ditujukan nama domain tersebut menjadi nama sebuah perusahaan ataupun organisasi, bisa dicoba untuk melakukan pengiriman pesan ke pihak tersebut. Kemungkinan pemilik website tidak terhubung langsung dengan pemilik domain. Meskipun begitu, pihak perusahaan tersebut bisa menyampaikannya.

Demikian pembahasan mengenai cara mengecek pemilik domain dalam suatu website dengan mudah. Uraian di atas penting dipahami oleh para pemilik website yang sudah menemukan nama domain menarik, namun sudah dimiliki oleh pihak lain. Dengan cara tersebut pemilik domain bisa diketahui kemudian dapat dilakukan penawaran.

Baca Juga