fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Cara Mengatasi Website Tidak Terindex di Google Paling Efektif

Wiliam

Sebagai salah satu pemilik sebuah website pastinya Bizzie harus mengetahui bagaimana cara mengatasi website tidak terindex di Google yang tepat dan efektif. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya website yang tak terindex di Google akan mendatangkan masalah bagi situs itu sendiri. Di mana pengaruhnya akan tampak dari jumlah pengunjung sampai penghasilan website tersebut yang sudah terdaftar dalam website.

Agar membuat website milik Bizzie bisa ditemukan pada mesin pencari seperti Google, pertama-tama pastikan dahulu apakah situs tersebut sudah masuk di dalam Google Index? Perlu Bizzie ketahui memang pada dasarnya proses SEO sedikit rumit dan memakan waktu cukup banyak. Dengan demikian diperlukan analisa serta ketelitian yang tepat. Oleh sebab itulah tak jarang orang memanfaatkan jasa tertentu demi situsnya terindex di dalam Google.

Inilah Cara Mengatasi Website Tidak Terindex di Google

Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi website tidak terindex di Google yang bisa Bizzie lakukan sendiri. Akan tetapi sudahkah Bizzie memahami tentang Google index itu sendiri? Sebagai informasi, Google index merupakan database milik Google yang di dalamnya berisi bermacam hasil pencarian untuk para penggunanya.

Informasi serta halaman website itu didapatkan oleh Google dari tahap Crawling yakni proses guna menemukan bermacam halaman website. Sementara itu indexing crawling merupakan proses agar bisa menyimpan bermacam halaman situs ke dalam database supaya dapat muncul di dalam hasil pencarian Google. Jika Bizzie ingin mengetahui apakah website sudah terindex Google atau belum, silahkan melakukan pencarian dengan site:domainwebsite.com.

Jika dari hasil pencarian tersebut situs Bizzie belum terindex Google maka tak perlu khawatir. Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi website tidak terindex di Google yang cepat dan mudah dilakukan termasuk kalangan pemula sekalipun:

1. Membuat Sitemap HTML dan XML

Adapun cara mengatasi website tidak terindex di Google pertama yang bisa Bizzie terapkan adalah dengan membuat sitemap HTML dan XML. Membuat sitemap XML bertujuan agar memudahkan mesin pencari Google untuk memahami isi di dalam website Bizzie. Sitemap XML sendiri merupakan daftar dari halaman website yang tertuju kepada mesin pencari supaya situs tersebut mudah ditemukan.

Kalau sitemap XML ditujukan untuk mesin pencari seperti Google, maka sitemap HTML merupakan daftar halaman website yang tertuju untuk para pengunjung website Bizzie. Jika belum mengetahui bagaimana cara membuat sitemaps, Bizzie bisa mendaftarkan terlebih dahulu sitemap website di dalam Google Search Console.

2. Menambahkan Website ke dalam Google Search Console

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mendaftarkan website ke dalam Google Search Console merupakan salah satu cara mengatasi website tidak terindex di Google tepatnya untuk membuat sitemaps. Namun rupanya tools ini juga tak hanya bekerja sebatas itu. Sebab Google Search Console sendiri berguna untuk memonitoring kinerja website yang terdaftar di dalamnya. Lewat tools tersebut, Bizzie bisa mengidentifikasi halaman yang paling populer.

Salah satu fungsi dari Google Search Console yang paling penting dalam tahap indexing adalah Bizzie dapat melihat seberapa  sering mesin pencari Google melakukan crawling terhadap website tersebut. Fungsi lainnya adalah mengetahui kata kunci yang populer di bisnis Bizzie ataupun mengevaluasi konten di dalam website tersebut. Bahkan tools ini memungkinkan penggunanya tahu akan indexing error yang dapat berpengaruh terhadap ranking website di hasil pencariannya.

3. Memperbaiki Indexing Error

Jika terdapat error di dalam website Bizzie, maka segeralah mungkin untuk memperbaikinya. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi website tidak terindex di Google termudah yang bisa Bizzie lakukan selanjutnya. Adapun cara mengetahui indexing error sebuah website adalah dengan mendaftar dalam Google Search Console. Di mana hal ini nantinya juga berpengaruh terhadap ranking website tersebut.

4. Rutin Update Konten

Walaupun website milik Bizzie belum terindex mesin pencari Google bukan mengartikan situs tersebut tidak bisa untuk publish atau menerbitkan sebuah konten. Sebab Bizzie tetap bisa menulis dan mempublish konten di sana. Bahkan dengan rutin mengupdate ataupun menerbitkan banyak konten dapat membantu website milik Bizzie lebih cepat masuk ke dalam Google Index.

Kendati demikian dalam cara mengatasi website tidak terindex di Google, Bizzie jangan asal menerbitkan konten. Buatlah konten yang berkualitas serta kemudian rutin untuk mempostingnya di situs. Dengan konten yang berkualitas otomatis pihak Google akan lebih sering melakukan proses crawling pada website tersebut.

Selain itu topik konten berkualitas, Bizzie juga harus sesuai berdasarkan niche website tersebut. Jangan lupa untuk selalu memberikan informasi up to date di dalam website. Lebih baik jika Bizzie menyediakan blog di dalam website yang isinya adalah kumpulan artikel dan akan memberikan manfaat untuk para pengunjung website. Dengan cara mengatasi website tidak terindex di Google seperti ini akan berpengaruh besar terhadap situs Bizzie.

5. Membuat Kategori Pada Konten

Masih berbicara soal konten, jika Bizzie membuat banyak konten di dalam website ada baiknya untuk membuat kategori pada konten tersebut. Adapun kategori konten juga termasuk cara mengatasi website tidak terindex di Google yang efektif selanjutnya. Sebab kategori konten akan membantu para pengunjung bisa menemukan apa yang mereka cari dengan lebih mudah.

Adanya kategori konten akan membantu Google dalam menganalisa hubungan sebuah halaman dengan halaman yang lain. Bahkan dengan kategori konten maka akan membantu Google mengcrawling website Bizzie dengan cepat dan efisien.

Itulah beberapa cara mengatasi website tidak terindex di Google yang bisa Bizzie lakukan secara langsung agar situs bisa terindex oleh Google. Bizzie bisa mencoba salah satu cara terlebih dahulu dan lihat seperti apa hasilnya.

Baca Juga