fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Cara Mengatasi Website Tidak Aman

Wiliam

Website tidak aman merupakan salah satu peringatan error yang dijadikan sebagai penanda, bahwa situs tersebut tidak aman untuk dikunjungi. Sehingga, dengan peringatan tersebut membuat website tersebut tidak dapat dibuka.

Tanpa disadari, untuk pesan ini mempunyai peran yang positif dan membuat para penggunanya lebih waspada lagi. Salah satu penyebab kenapa website tidak aman adalah bisa terjadi karena beberapa hal.

Untuk beberapa hal yang menjadi permasalahan kenapa website tidak aman adalah bermasalah dengan pengaturan waktu dan tanggal tidak sesuai. Bahkan, paling parahnya lagi adalah perangkat yang bizzie gunakan terkena serangan virus sensitif.

Namun, untuk permasalahan tersebut saat ini bukan menjadi satu hal yang krusial lagi. Artinya, untuk para pengguna perangkat khususnya komputer atau laptop bisa mengatasi dengan cepat serta mudah.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara kenapa website tidak aman. Bagi bizzie yang penasaran dengan cara mengatasi permasalahan tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Kenapa Website Tidak Aman

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk masalah website tidak aman ini masih bisa diatasi secara mudah dan singkat. Bahkan, di era seperti sekarang ini juga banyak sekali cara yang dapat bizzie gunakan yaitu:

1. Melakukan Pengecekan Pada Tanggal dan Waktu

Permasalahan kenapa website tidak aman adalah tidak sesuai dalam pengaturan tanggal dan waktu. Maka dari itu, untuk bizzie tidak ada salahnya melakukan pengecekan pada pengaturan waktu dan tanggal di perangkat yang bizzie gunakan.

Besar kemungkinan untuk pengaturan waktu dan tanggal di perangkat tersebut berbeda dengan kenyataan. Dari situlah, browser atau mesin pencarian bizzie bisa mengira kalau sertifikat keamanan pada website perangkat telah kadaluarsa atau expired.

Langkah atau cara yang dapat bizzie ambil adalah melakukan update pada tanggal dan waktu secara aktual. Ketika perangkat komputer yang sudah menggunakan pengaturan “set time automatically” bisa mematikan sejenak terlebih dahulu.

Setelah itu, bizzie bisa mengatur waktu dan tanggal secara manual. Sesudahnya, bizzie juga bisa melakukan refresh pada mesin pencarian atau browser dan menunggu apakah masih muncul pesan error atau tidak.

2. Menghapus Data Browsing

Melakukan penghapusan data browsing adalah cara kedua untuk mengatasi kenapa website tidak aman. Pada saat melakukan browsing, secara tidak langsung bizzie telah menyimpan beberapa data secara sementara.

Untuk beberapa data yang tersimpan adalah gambar di dalam website tersebut. Pada hal yang satu ini juga sering dinamakan sebagai cache. Selain itu, tujuan dari cache yaitu supaya para pengguna bandwidth bisa berkurang dan untuk proses loading bisa berjalan lebih cepat.

Ketika bizzie membuka kembali halaman website yang sama, maka semua data sementara ini masih bisa dimuat lagi. Tentu saja, dengan hal yang satu ini bisa memicu terjadinya muncul pesan website tidak aman.

Langkah atau cara yang dapat dilakukan adalah menghapus data browser terlebih dahulu. Selain itu, hapus juga semua history download, caches dan cookies di dalam website tersebut. Para pengguna mesin pencarian Google Chrome juga bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

● Pertama, berikan klik pada halaman control atau pada titik tiga yang mempunyai posisi di bagian pojok kanan atas browser. Setelah itu, pilih menu more tools dan berikan klik lagi pada pada clear browsing data.

●  Kedua, bizzie bisa melakukan penghapusan data browsing mulai dari download history, cache dan caches.

Untuk proses tersebut tidak membutuhkan waktu lama. Paling tidak hanya cukup membutuhkan waktu kurang lebih 4 menit saja. Bahkan, bizzie juga tidak bisa meninggalkan halaman disaat proses penghapusan data browsing sedang berlangsung.

3. Menonaktifkan Fitur Scan SSL dan Software Antivirus

Penyebab munculnya pesan website tidak aman adalah mempunyai masalah pada software antivirus. Sehingga, untuk cara dari kenapa website tidak aman yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu.

Salah satu penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena untuk software antivirus yang dipergunakan mempunyai tingkatan sensitive amat tinggi. Biasanya, untuk proteksi yang terlalu ketat bisa membuat software antivirus melakukan pemblokiran pada beberapa situs.

Bahkan, termasuk juga beberapa website yang sudah aman tetap masih sama saja tidak bisa dibuka. Ketika masih terjadi hal tersebut, untuk alternatif lainnya adalah mematikan fitur scan SSL.

Tujuan dari cara yang satu ini adalah untuk menguji apakah benar penyebab permasalahan dari software antivirus ini terdapat masalah di data enkripsi. Ketika, bizzie sudah menonaktifkan fitur scan SSL antivirus ini sudah bisa kembali lagi mengakses website yang bersangkutan.

Apabila berhasil, maka permasalahan utamanya adalah terjadi kesalahan di dalam software antivirus. Biasanya, di saat menggunakan cara yang satu ini, bizzie sudah bisa kembali lagi bisa membuka website yang sebelumnya terblokir.

Untuk masalah website tidak aman ini bisa terjadi pada beberapa mesin pencarian. Sedangkan, untuk cara menangani permasalahan kenapa website tidak aman ini tidak berbeda jauh antara mesin pencarian satu dengan lainnya.

Setidaknya, Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut bizzie paling mudah untuk diterapkan. Pemilihan cara yang tepat ini bisa mempermudah dalam proses menangani permasalahan website tidak aman.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai permasalahan kenapa website tidak aman. Besar harapan dengan penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang sedang mengalami permasalahan munculnya pesan website tidak aman. 

Baca Juga