fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikPanduanPengetahuan

5 Cara Mengatasi HP Sering Mati Sendiri     

Yanti puspita

Cara mengatasi HP sering mati sendiri – Pengguna perangkat berbasis OS seperti komputer dan HP sering mengalami reboot atau mati sendiri.

Kami sendiri sudah mengalami masalah yang sama, namun masalah ini terjadi di komputer kami dan bukan di HP Android kami.

Saat menggunakan Internet, komputer kami tiba-tiba mati total dan setelah di cek ternyata komputer kepanasan.

Ini karena suhu sekitar dan kinerja perangkat keras komputer itu sendiri, yang tidak pernah kami istirahatkan.

5 Cara Mengatasi HP Sering Mati Sendiri

Cara mengatasi HP sering mati sendiri dapat kamu ketahui karena sistem operasi Android terkadang bermasalah dengan HP yang terlalu panas.

Saat kondisi ini terjadi, ada beberapa cara yang bisa di coba untuk memperbaikinya agar HP tidak mati sendiri yaitu:

1.      Cara Mengatasi HP Sering Mati Sendiri Menggunakan Mode Hemat Daya

Cara mengatasi HP sering mati sendiri mungkin sering terjadi, karena perangkat bekerja terlalu keras dan terlalu panas. Kamu dapat memperbaikinya dengan menggunakan mode hemat daya.

Dengan fitur ini, Kamu dapat menggunakan lebih sedikit daya untuk HP Kamu. Ini tidak terlalu membebani HP dan suhu dapat di atur dengan lebih mudah. Selain itu, Kamu juga bisa mengurangi kecerahan layar HP Kamu.

2.      Gunakan Pengisi Daya Asli

Cara mengatasi HP sering mati sendiri selanjutnya adalah menggunakan pengisi daya asli. Meski harga charger original HP lebih mahal, ternyata hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi HP.

Penanganan pengisi daya yang ceroboh dapat merusak baterai dan prosesor. Coba gunakan Cassan dengan ukuran KWH yang tepat.

3.      Matikan HP Jika Kepanasan

Apakah Kamu merasa suhu HP tiba-tiba naik? Overheating ini dapat merusak perangkat lunak dan perangkat keras HP.

Jika terjadi kepanasan, Kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan mematikan HP dan tidak menggunakannya untuk sementara waktu.

Coba tutup semua program yang sedang berjalan untuk mencegah prosesor atau kompor HP menjadi terlalu berat dan panas. Secara umum, suhu pengoperasian normal HP adalah sekitar 40 derajat Celcius.

4.      Kosongkan Cache

Sampah atau cache bisa menjadi penyebab HP mengalami masalah tersebut. Jika Kamu masih belum mengetahui cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati, Kamu bisa mencoba membuang sampah HP Kamu.

Biasanya, HP menyimpan berbagai file yang tidak terpakai dan memperlambat kinerja. Parahnya jika HP di biarkan saja, tetap saja kesulitan mematikannya sendiri.

5.      Kurangi Penyimpanan

Penyimpanan atau RAM yang kelebihan beban akan menyebabkan HP menjadi hang atau tiba-tiba menjadi tidak dapat di gunakan.

Cara HP mati karena memori penuh bisa di lakukan dengan mengurangi ruang penyimpanan. Kamu dapat menghapus file, media, atau dokumen tidak penting lainnya.

Penyebab HP Sering Mati Sendiri

Setelah membahas cara mengatasi HP sering mati sendiri di atas maka selanjutnya kita akan membahas penyebabnya.

Karena kami yakin setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda, namun yang kami alami mungkin tidak sama dengan yang Kamu alami. Faktor terkait perangkat lunak juga dapat menyebabkan HP Android tiba-tiba reboot. penyebab ada di bawah ini yaitu:

·         Penumpukan File Cache Yang Berlebihan

Tentu saja, setiap kali Kamu membuka atau menjalankan aplikasi apa pun, sistem terus menghasilkan file sampah atau file cache.

Tujuannya sebagai cara mengatasi HP sering mati sendiri dan untuk mempercepat akses pengguna terhadap file/data di aplikasi.

Walaupun sangat berguna, file cache tetap perlu di bersihkan secara rutin. Tidak pernah membersihkan file cache dapat menyebabkan banyak masalah di HP Android, contohnya ialah HP bisa restart sendiri.

·         Aplikasi Bermasalah

Jika beberapa aplikasi mengalami masalah seperti pesan kesalahan atau penutupan paksa, HP Android yang memulai ulang mungkin menjadi penyebab masalah ini.

File aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak kompatibel menyebabkan kesalahan sistem Android.

Aplikasi tersebut mungkin merupakan perangkat lunak berbahaya yang dapat membahayakan sistem Android Kamu.

Yang pasti, Kamu perlu mengingat cara mengatasi HP sering mati sendiri dan apakah sebelumnya Kamu pernah menginstal aplikasi dari situs website lain atau tidak sama sekali.

·         Masalah Dengan Sistem Android

Ketika sistem Android rusak karena beberapa alasan seperti: B. oleh penghapusan file sistem secara tidak sengaja atau file sistem yang rusak. Nah, hal ini secara tidak langsung menyebabkan sistem Android error dan restart sendiri.

Atau kemungkinan lain adalah adanya bug di sistem Android yang membuat fungsi Android menjadi tidak stabil. Untuk menangani hal itu Kamu memerlukan cara mengatasi HP sering mati sendiri seperti yang kita bahas di atas.

·         Hp Telah Dilakukan Root

HP telah di lakukan root merupakan cara mengatasi HP sering mati sendiri dan terlihat sangat bagus untuk pengguna.

Tapi sesungguhnya root tidak bagus untuk HP itu sendiri sebab administrator dapat mengakses sistem yang sebelumnya tidak dapat di akses dan pengguna dapat menginstal game besar yang sebelumnya tidak dapat di instal.

Namun terkadang root dapat menyebabkan kesalahan file sistem dalam beberapa kasus, beberapa file dapat mengalami masalah dan menyebabkan Android reboot/crash.

·         Terjadi Kelebihan Beban Perangkat Keras

Jumlah aplikasi yang Kamu gunakan melemahkan perangkat keras. Setiap HP memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Sehingga pengguna tidak boleh memaksakan sesuatu yang sebenarnya tidak bisa dilakukan oleh HP tersebut.

Membebani perangkat keras utama seperti CPU, RAM, dan GPU secara berlebihan akan menyebabkannya macet, yang pada gilirannya akan menyebabkan HP cerdas melakukan boot ulang/mati.

·         Panas Berlebihan (Overheat)

Bagian baterai sering menyebabkan perangkat keras menjadi terlalu panas. Dan ketika baterai panas, itu menyebar ke perangkat lain seperti RAM, CPU, dan lainnya.

Semua teknologi, seperti HP pintar, di rancang untuk memulai ulang saat suhu perangkat keras terasa sangat tinggi. Ini sering terjadi dengan komputer juga. Perangkat keras komputer yang terlalu panas juga dapat menyebabkan komputer restart.

·         Game “Beta”.

Game versi beta atau percobaan dapat menyebabkan HP Android melakukan restart sendiri maka ini memerlukan cara mengatasi HP sering mati sendiri.

Karena game yang Kamu pasang mungkin masih mengalami kesalahan, atau game yang Kamu unduh mungkin tidak kompatibel dengan sistem Kamu, yang mengakibatkan kesalahan sistem atau Aplikasi macet.

Aplikasi crash biasanya terjadi pada dua antivirus atau game android. Kerusakan file dapat di sebabkan oleh pembaruan yang tidak lengkap, membuat file bingung dan sering rusak.

·         Serangan Malware

Malware/virus menjadi ancaman bagi semua sistem operasi, baik komputer maupun HP maka dari itu cara mengatasi HP sering mati sendiri itu perlu di lakukan. Karena malware berbahaya dapat menyebabkan sistem rusak total.

Contoh sederhana dari restart itu sendiri, malware bisa masuk ke system restart dan menyebabkan HP sering restart. Kami merekomendasikan penggunaan antivirus terbaik untuk menghapus malware dan mencegah malware masuk ke sistem Android Kamu.

Namun Kamu harus berhati-hati saat memasang aplikasi yang di unduh dari situs website pihak ketiga (kecuali Google Play Store).

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi HP sering mati sendiri yang dapat di lakukan dengan mudah oleh Kamu.

Tapi, jika cara-cara di atas untuk memperbaiki HP yang tiba-tiba mati tidak berhasil, Kamu bisa membawanya untuk di servis.

Baca Juga