fbpx

Cara Mengatasi Error 521 pada Website

Menjelajah di dunia maya memang tidak ada bosannya. Ada banyak sekali informasi dan hiburan yang bisa didapatkan. Bagi Anda yang seringkali mendapat gangguan tentu merasa tidak nyaman. Salah satu yang paling sering terjadi adalah terjadi . Tahukan Anda jika ada berapa jenis error yang terjadi penyebabnya berbeda? Salah satu yang akan dibahas adalah error 521.

Error 521 sendiri merupakan yang paling umum terjadi pada Cloudflare. Bahkan, bisa dikatakan jika hampir semua pengguna Cloudflare pernah mengalami masalah semacam ini. Sebab menjadi masalah paling umum dan banyak dialami, cara mengatasinya pun cukup mudah.

Pengertian Error 521

Sebelum membahas lebih jauh terkait bagaimana cara menanganinya, mungkin anda harus tahu dulu apa sebenarnya pengertian dari error 21. Error 521 ia diartikan gangguan yang terjadi akibat asal menolak koneksi dari Cloudflare.

Maksudnya, Cloudflare yang mencoba terhubung ke asal Anda di port 80 atau 443, namun muncul kesalahan “ Refused”. Kondisi ini banyak diwaspadai karen erat kaitannya dengan serangan hacker meskipun tidak semua kondisi terjadi seperti itu.

 Sederhananya, gangguan ini bisa terjadi saat server Anda menolak tersambung dengan Cloudflare. Akibatnya, Cloudflare ini akan memunculkan kode error 521 kepada pengguna internet.

Apa Penyebab Gangguan Ini?

Umumnya, error 521 terjadi disebabkan oleh dua hal, yakni:

Salah deteksi

Seperti yang diketahui bersama jika Cloudflare ini bekerja sebagai penghubung antara browser dan pengguna. Sifatnya yang menjadi penghubung, Cloudflare kemudian harus mengakses WordPress dengan IP yang seringkali serupa. Padahal seharusnya IP setiap pengunjung itu berbeda.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Satu Akun Whatsapp di Dua Smartphone, Dijamin Mudah

Akibatnya, sistem keamanan server menganggap tindakan yang dilakukan pengunjung sebagai suatu serangan hacker. Mengapa? Karena server tadi mendeteksi banyaknya yang terus menerus berkunjung dengan IP yang sama. Server lalu memblokir IP tersebut dan muncullah kode error 521 ini.

Server Down

Penyebab berikutnya boleh jadi disebabkan karena server WordPress Anda saat digunakan sedang down. Jika terjadi kondisi tersebut, sekeras apapun Cloudflare menghubungkan, website akan tetap menolaknya karena server mati (tidak berfungsi).

Lalu Bagaimana  Cara Mengatasinya?

Setelah mengetahui pengertian dan apa saja penyebab error 521, tentu Anda tidak ingin ketinggalan informasi tentang bagaimana cara mengatasinya bukan? caranya sendiri cukup mudah, ikuti informasi di bawah ini:

1.    Melakukan Pengecekan Terhadap Server

Langkah pertama yang harus dilakukan jika muncul error 521 adalah mengecek koneksi server. Penyebab kemunculan kode ini banyak disebabkan karena server yang Anda gunakan tidak terhubung. Sebba, cara apapun yang digunakn tak akan berhasil jika server ini tidak menyala.

Adapun cara mengeceknya bisa dengan menjalankan Curl Command. Namun, apabila Anda menggunakan Mac maupun Linux, bisa langsung mengeceknya melalui terminal. Pastikan status server tersebut saat digunakan.

Jika server sedang down dan anda tidak paham akibat dan cara mengatasinya, segeralah hubungi penyedia hosting. Bisa jadi, permasalahan berasal dari layanan dan hanya bisa diperbaiki oleh pihak penyedia.

2.    Beri Akses pada IP Cloudflare

Cloudflare terhubung dengan server melalui koneksi TCP. Namun, kendala mungkin muncul jika beberapa tools seperti misalnya .htacces, iptable, maupun firewall yang memblok IP Cloudflare lalu muncullah error 521.

Terkadang, meskipun server sudah terhubung, kode error ini masih bisa muncul. Ini mungkin saja terjadi dan solusi untuk menanganinya yakni dengan memberi akses atau whitelist ke IP Cloudflare Anda agar tidak diblokir oleh server. Lalu bagaimana caranya?

Baca Juga :  Panduan Memindahkan Wordpress ke Domain Baru

Anda bisa melakukannya dengan cara mengedit file .htaccess serta memastikan bahwa semua IP Cloudflare tidak diblokir server. Biasanya, penyedia hosting tempat Anda membeli layanan akan memfasilitasi pengeditan file .htaccess sehingga Anda tak perlu khawatir salah mengedit atau semacamnya.

3.    Mengubah Pengaturan SSL

Bagi pengguna baru Cloudflare, servernya biasanya belum diatur agar dapat menerima akses dari alamat IP Cloudflare port 443. Oleh karenanya, Anda bisa menggunakan Flexible SSL  atau bahkan menggunakan full SSL.

Pilihan SSL flexible pada cloudflare tidak cocok untuk digunakan pada seperti (atau website dengan informasi sensitive lainnya). Sebab yang paling aana digunakan oleh situs e-commerce semacam ini adalah SSL mode full strict.

4.    Pilih Port yang DIdukung oleh Cloudflare

Perlu Anda ketahui jika tidak emua port didiukungclouflare. Terlebih lagi untuk layanan versi gratis, port yang didukung sangatlah terbatas untuk saat ini, Cloudflare mendukung port ain yang dipakai di control panel website seperti cpanel. Adapun port yang didukung oleh Cloudflare meliputi: 443, 80, 2053, 2052, 8080,8443, 2082, 2096, 2095.

Apabila menggunakan port selain di atas, usahakan untuk mematikan layanan Cloudflare atau gunakan layanan pro.

Error 521 pada server website disebabkan oleh banyak faktor yang mungkin berbeda dialami setiap perangkatnya.  Selain metode mengatasi error di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan. Seperti beberapa module dari Apache yang sebaiknya dimatikan seperti mod_reqtimeout dan mod_antiloris.

Sebaiknya, Anda memastikan juga menggunakan modsecurity. Pilihlah module versi paling terbaru karen alayanna in tidaka akan memblokir request yang dilakukan oleh Cloudflare.

Dari penjelasan diatas, manakah kondisi yang sedang Anda alami? Solusi manakah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi error 521 pada website Anda? Semua tergantung permasalahan yang dihadapi. Semoga informasi di atas membantu ya.