fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikPanduan

5 Cara Mengatasi Booting Lama Windows 10

Yanti puspita

Cara mengatasi booting lama windows 10  – Windows 10 merupakan versi yang banyak di gunakan oleh para pengguna laptop atau komputer. Kelemahan dari Windows 10 adalah seringnya booting, yang sangat mengganggu.

Banyak pengguna masih tidak tahu cara mengatasi booting lama windows 10. Mengenai hal itu, kita akan menjelaskan kepada kamu beberapa caranya seperti di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Booting Lama Windows 10

Cara mengatasi booting lama windows 10 memang sangat di perlukan. Karena menjadi masalah yang sangat mengganggu yang bisa memperlambat laptop atau komputer yang di gunakan. Terjadi booting menunjukkan ada yang salah dengan laptop atau komputer. Tapi tidak perlu khawatir karena bisa di perbaiki. Berikut adalah beberapa cara mengatasi booting lama windows 10 yaitu:

1.      Mengaktifkan atau Nonaktifkan Fast StartUp

Cara mengatasi booting lama windows 10 pertama yaitu dengan mengAktifkan atau Nonaktifkan Fast StartUp. Fitur Fast Startup adalah fitur yang mempercepat waktu boot Windows 10. Biasanya, Fast Startup membuat Windows 10 memuat lebih cepat. Tetapi pada beberapa perangkat memperlambat proses booting. Untuk mengatasi masalah ini yaitu:

  • Aktifkan atau nonaktifkan sesuai dengan masalah startup Windows 10
  • Untuk melakukan ini, buka menu Settings>System>Power and Sleep
  • Maka kamu akan menemukan “Change setting that are currently unavailable” lalu klik
  • Terakhir, aktifkan atau nonaktifkan “Turn on fast startup”

2.      Kurangilah Boot Menu Time-Out

Menu boot ini adalah ketika Windows mengakses menu boot di komputer atau laptop. Pada umumnya setting Boot Menu Time-Out biasanya berlangsung selama 30 detik, untuk mempersingkat waktu booting kamu bisa mengurangi waktunya menjadi misalnya 10-15 detik.

Cara memperkecilnya adalah dengan masuk ke Advanced system lalu klik “View advanced system settings”. Kemudian klik “Setting” pada “Startup and Recovery”. Kemudian ubah angkanya menjadi lebih pendek, misalnya 10-15 detik dari menu dan klik OK.

3.      Tambah Virtual Memory

Virtual Memory di gunakan untuk memperluas RAM pada sistem operasi Windows. Biasanya memori virtual berukuran setengah dari RAM atau setidaknya sebesar RAM. Perbaiki startup dengan menambah jumlah RAM agar sistem berjalan lebih ringan. Cara menambahkan virtual memory yaitu:

  • Masuk ke “Advanced system settings” lalu klik “Advanced”
  • Di menu “Performance”, klik “Setting”, layar akan muncul dan klik “Advanced”
  • Kemudian, di bagian “Memori Virtual”, klik “change” untuk menambah jumlah RAM yang kamu inginkan

4.      Hapus file cache

Cara mengatasi booting lama windows 10 lama, kamu juga dapat membersihkan file cache atau file sampah yang tidak lagi di gunakan. Pembersihan file ini harus di lakukan secara rutin agar Windows tersebut lebih cepat dan ringan.

Cara membersihkan file cache dapat di lakukan dengan menggunakan aplikasi PC Cleaner yang dapat di unduh melalui laptop atau komputer yang di gunakan. Setelah mengunduh aplikasi, kamu dapat memindai file cache agar dapat di hapus.

5.      Kurangi Startup Program

Banyaknya program startup yang aktif dapat menyebabkan Windows 10 mulai booting. Untuk itu, meminimalisir booting bisa menjadi cara untuk memperbaiki kegagalan boot Windows 10 yang lama.

Cara meminimalkan booting program, terutama melalui task manager melalui ctrl+shift+esc. Jika sudah, klik “Task Manager” dengan cara klik kanan pada taskbar. Saat layar di tampilkan, tangani proses boot dengan meminimalkan program yang sedang tidak di gunakan dengan mematikannya.

5 Cara Mempercepat Booting Windows 10

Memperbaiki masalah ini adalah hal yang sangat perlu kamu perhatikan, karena jika kamu mengalami masalah booting Windows 10. Tentu akan sangat mengganggu kamu saat menggunakan komputer, jadi bagaimana cara mempercepat Booting windows 10? Berikut ini penjelasannya:

1.      Upgrade ke SSD

Kamu dapat menggunakan SSD 64 atau 128 GB dan cukup menginstal Windows di dalamnya. Memindahkan pengaturan atau menginstal ulang dari awal membutuhkan banyak pekerjaan, jadi ini bukan sesuatu yang dapat di lakukan semua orang, tetapi patut untuk di coba.

SSD dapat meningkatkan waktu booting secara signifikan untuk mesin Windows 7, dan membuat program Windows jauh lebih cepat. Bagi kamu yang baru pertama kali install windows 10, ketika ingin menambahkan hardisk SSD di laptop atau komputer, maka kamu perlu install ulang di laptop atau komputer agar bisa bekerja.

2.      Hindari Shortcut Desktop

Masalah yang kamu alami mungkin di sebabkan oleh ikon atau data di folder desktop komputermu, seperti terlalu banyak file Shortcut program dan file lain yang menumpuk terlalu tinggi. Pasalnya untuk Windows sendiri bisa mengganggu kinerja loading file, apalagi jika data atau file yang ada di desktop adalah file berukuran besar.

Tentunya hal ini dapat sangat mempengaruhi kinerja komputer kamu, sehingga akan membutuhkan waktu booting yang lebih lama. Jika file di komputer atau laptop kamu semakin banyak, hal ini tentu saja akan membuat komputer semakin sulit dinyalakan.

Untuk menghindari masalah ini, kamu harus menghapus shortcut atau file di desktop dan pastikan kamu membuat cadangan file terlebih dahulu. Selain itu, pastikan kamu tidak memasukkan kembali file tersebut di bagian desktop, jika file tersebut muncul sebagai shortcut.

Kemudian kamu dapat menghapusnya ketika kamu ingin menjalankan program, pergilah ke lokasi di mana program itu berada dan klik jalankan program asli di folder utama. Hasilnya, desktop kamu akan terlihat lebih bersih dan nantinya tidak akan mengganggu proses booting Windows 10.

3.      Tutup Program Aplikasi

Kamu kemudian dapat menutup perangkat lunak yang tidak di gunakan, atau untuk lebih mudahnya kamu dapat menghapus program yang ingin kamu hapus dari komputer. Tujuannya agar booting lebih cepat bukan lambat, cara menonaktifkan program startup di windows 10 ini cukup sederhana yaitu sebagai berikut:

  • Tekan Windows + R lalu klik taskmgr lalu tekan Enter
  • Kamu dapat mengatur aplikasi yang ingin di tutup
  • setelah kamu menentukannya cukup pilih aplikasi dan klik Akhiri tugas
  • Setelah itu, aplikasi akan berhenti bekerja

Cara ini cukup efektif untuk menghindari booting, dan juga bisa memperbaiki komputer yang tidak responsif. Kamu dapat menonaktifkan aplikasi yang mengganggu yang membuat komputermu lambat dan berat.

4.      Aktifkan Fitur Fast Startup

Ini adalah salah satu fitur pertama yang tersedia untuk versi Windows 10, fitur ini sebenarnya akan diaktifkan secara otomatis, menyesuaikan dengan kebutuhan perangkat keras komputermu. Namun pastikan juga saat masuk ke menu opsi, kamu bisa memilih opsi “Chose What the Power Button Does” di komputer kamu.

Nah, untuk bisa mengaktifkan fast booting, yang harus kamu lakukan adalah klik “Change Settings That Are Currently’ unavaible” di bagian atas menu. Ini juga akan membuka booting dengan cepat, juga jika kamu hanya memilih opsi “Turn on fast startup”. Setelah selesai, kamu dapat menyimpannya dengan mengklik tombol “Save Changes”.

5.      Hapus Cache, Cookies Aplikasi

Untuk cara mudah ke 5 mempercepat booting Windows 10. Kamu bisa membersihkan registry, cache, cookies aplikasi. Tujuannya adalah untuk menyediakan ruang kosong untuk RAM dan sistem agar kinerja yang baik dapat tercapai.

Penutup

Demikian 5 cara mengatasi booting lama windows 10 yang bisa kita sampaikan dan pilih sesukamu. Dengan cara ini akan lebih mudah menggunakan laptop atau komputer karena tidak ada waktu booting.

Baca Juga