fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

AplikasiTips & Trik

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Wiliam

Aplikasi merupakan bagian penting dari setiap ponsel baik ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS. Semua ponsel tersebut  membutuhkan aplikasi sebagai pelengkapnya. Aplikasi bisa digolongkan menjadi dua jenis, yakni aplikasi bawaan dan aplikasi dari pihak ketiga. 

Aplikasi bawaan adalah aplikasi yang secara otomatis ada saat ponsel tersebut dibeli, seperti kamera, galeri, pesan, telepon, google chrome, play musik, perekam suara, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang bisa didapatkan dengan mendownloadnya di Playstore atau AppStore yang ada di ponsel masing-masing. 

Aplikasi ini bisa ditambahkan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, misalnya Facebook, Instagram, Messenger, TikTok, berbagai game, Spotify, aplikasi nonton, dan masih banyak lagi. 

Adanya aplikasi-aplikasi tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun sayangnya, setelah didownload, terkadang aplikasi aplikasi tersebut mengalami kendala tertentu, misalnya macet, keluar sendiri saat digunakan atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. 

Saat aplikasi tidak bisa dibuka, tentu akan membuat kita jengkel sehingga memutar otak untuk mencari solusi agar aplikasi tersebut bisa digunakan kembali. 

Beberapa penyebab yang membuat aplikasi tersebut tidak bisa dibuka yaitu file di ponsel terlalu banyak, tidak pernah membersihkan cache aplikasi, aplikasi tidak diperbaharui, kapasitas RAM tidak memadai, dan lainnya. Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada cara-cara tertentu yang bisa dilakukan. Untuk cara lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Berikut ini beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka hingga dapat digunakan seperti semula:

1. Bersihkan cache pada  sistem dan aplikasi

Salah satu penyebab aplikasi tidak bisa dibuka pada ponsel adalah karena file yang ada terlalu banyak dan berat. Hal ini bisa disebabkan ukuran aplikasi yang diinstall memang berat atau cache memori pada aplikasi dan sistem tidak pernah dibersihkan.

Apa itu cache? Chace cache adalah file sementtyang diprodikso iste dan aplikasi yang diinstall. Kehadiran file cache ini membuat pengguna lebih mudah membuka dan menjalankan aplikasi tersebut. Namun, penumpukan cache bisa membebani ram dan Rom ponsel anda. Olehnya itu, menghapus file cache sangat penting dilakukan agar penumpukan file tidak terjadi. 

Untuk membersihkan file cache ini, terdapat dua metode yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan bantuan aplikasi pembersih atau melakukannya secara manual melalui manajemen aplikasi. 

Pertama dengan menggunakan bantuan aplikasi pembersih. Caranya dengan membuka aplikasi pembersih yang ada di ponsel Anda kemudian tunggu hingga proses scanning cache selesai. Setelah proses scanning selesai, tap Bersihkan untuk memulai penghapusan cache tersebut. Tunggu beberapa saat hingga pembersihan selesai dan ponsel Anda akan lebih longgar dari sebelumnya. 

Kedua, pembersihan melalui manajemen aplikasi. Menggunakan cara ini cukup mudah. Terlebih dahulu, masuk ke menu pengaturan ponsel lalu pilih manajemen aplikasi. Setelah itu, akan muncul daftar keseluruhan aplikasi yang Anda miliki di ponsel, baik aplikasi bawaan maupun yang diinstall sendiri. Pilih satu persatu aplikasi dan masuk pada info aplikasi. Klik hapus cache dan ruang ponsel Anda akan lebih lowong. 

2. Coba hapus data pada aplikasi 

cara kedua untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka yaitu hapus data pada aplikasi. Cara ini bisa Anda gunakan jika cara pertama tidak efektif dalam menyelesaikan masalah. 

Caranya cukup mudah, masuk ke menu pengaturan lalu ke manajemen aplikasi. Pilih aplikasi yang tidak bisa terbuka lalu klik info aplikasi. Setelah itu, klik hapus data. Jika sudah selesai, silahkan coba buka kembali aplikasi tersebut. Kekurangannya memang semua data yang terkait aplikasi tersebut bisa terhapus dan Anda harus memasukkan akun Anda kembali.

3. Restart Handphone Anda

Cara lain yang terbilang sangat mudah adalah me-restart atau memulai kembali ponsel Anda. Cara ini biasanya efektif untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka karena memori RAM yang penuh atau servis sistem tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

Caranya cukup mudah, cukup tekan beberapa detik tombol power hingga muncul pilihan matikan atau restart. Pilih restart dan tunggu hingga proses selesai.

4. Update Aplikasi dan sistem 

Aplikasi maupun sistem yang tidak diperbaharui terkadang membawa masalah kepada aplikasi yang ada di ponsel, salah satunya aplikasi tidak bisa dijalankan. Olehnya itu penting melakukan pembaruan secara berkala baik pada sistem ponsel maupun aplikasi yang ada. 

Cara untuk mengupdate aplikasi yaitu buka PlayStore atau AppStore Anda kemudian cari aplikasi Anda yang tidak bisa terbuka. Selanjutnya klik update dan tunggu hingga proses selesai.

Adapun untuk mengupdate sistem ponsel, pertama masuklah ke menu pengaturan. Lalu pilih opsi tentang ponsel >> pembaruan sistem. Jika terdapat versi terbaru, Anda bisa langsung melakukan update dan tunggu hingga proses unduhan selesai. Jika sudah, restart ponsel anda dan selesai.  

5. Coba  hapus aplikasi lalu instal ulang 

Cara lainnya yang patut Anda coba jika aplikasi tidak bisa digunakan adalah menghapus aplikasi tersebut kemudian install ulang.

Cara ini bisa dilakukan jika masalah sudah dianggap serius dan tidak bisa tidak bisa diatasi bahkan dengan berbagai cara yang dilakukan. 

Untuk menginstall aplikasi Anda bisa masuk ke menu pengaturan >> kelola aplikasi >> lalu uninstall aplikasi. Konfirmasi oke untuk menghapus aplikasi. Atau Anda juga bisa menekan lama pada icon aplikasi bersangkutan di layar utama Anda lalu pilih pilih uninstall. 

Setelah aplikasi terhapus, Anda bisa mendownloadnya kembali di PlayStore atau AppStore Anda dan lakukan proses instal ulang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka. 

Baca Juga