fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessPanduanTips & Trik

7 Cara Menarik Pelanggan Untuk Meningkatkan Penjualan

Yanti puspita

Cara menarik pelanggan – Menarik para pelanggan untuk tertarik dengan produk atau layanan Anda di anggap sebagai suatu hal yang cukup sulit. Apalagi ketika masyarakat di sekeliling Anda belum pernah mendengar merek, produk, atau bahkan layanan yang Anda tawarkan sebelumnya.

Namun, jika Anda memahami strateginya, cara menarik pelanggan agar tertarik bisa di lakukan dengan jauh lebih mudah. Saat target pasar telah menunjukkan minat dan berhasil melakukan pembelian, pekerjaan Anda tidak bisa berhenti di situ saja.

Anda tetap perlu menarik perhatian mereka agar mereka mau melakukan pembelian berulang kali. Jadi bagaimana Anda membuat pelanggan Anda tertarik? bacalah 7 cara menarik pelanggan di bawah ini.

Cara Menarik Pelanggan

Cara menarik pelanggan ataupun calon pelanggan lama dapat Anda lakukan dengan mudah yaitu dengan menerapkan 7 cara menarik pelanggan berikut:

1.       Memberikan Layanan Terbaik

Menurut penelitian, 90% pelanggan akan beralih ke merek lain jika mendapatkan pelayanan yang kurang baik atau buruk. Jadi, usahakan untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan merasa puas dengan produk atau bahkan layanan Anda.    

Anda juga harus memahami bahwa mayoritas pelanggan akan menggunakan pengalaman pribadi mereka untuk membedakan merek Anda dari merek lain. Dengan begitu, pelanggan dapat memutuskan ke mana harus membelanjakan uang mereka.

Jadi semakin baik layanan Anda, semakin banyak pelanggan yang tertarik dan dapat mempertahankan loyalitas Anda di masa yang akan datang.

2.       Ciptakan Rasa Urgensi

Cara menarik pelanggan selanjutnya adalah dengan menciptakan rasa urgensi. Namun dalam hal ini, jangan takut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan rasa urgensi agar pelanggan Anda mau membeli produk atau jasa atau layanan Anda. Misalnya dengan mengadakan diskon dalam jangka waktu tertentu atau bisa disebut flash sale.

Hal ini dapat menciptakan rasa urgensi bagi para pelanggan. Pada akhirnya, pelanggan langsung melakukan pembelian. Anda juga dapat menciptakan rasa urgensi dengan menekankan bagaimana membeli produk atau layanan dapat memberikan solusi dan membantu mengatasi masalah tersebut.

Cara lain untuk menciptakan rasa urgensi adalah dengan merilis produk edisi terbatas atau menjual layanan yang hanya tersedia untuk sejumlah pelanggan tertentu.

3.       Temukan Mitra Bisnis

Anda bisa melakukan kerja sama dengan bisnis atau layanan yang memiliki basis yang sama. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menarik pelanggan agar tertarik dengan produk atau layanan Anda. Saat memilih mitra bisnis, pastikan mereka bukan pesaing

Anda dapat menggunakan basis pelanggan yang sama sebagai bisnis pelengkap sehingga Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tepat. Contoh, jika Anda menjual produk ibu hamil, Anda bisa bekerja sama dengan bisnis yang menjual baju bayi.

Lakukan hal yang sama sesuai dengan jenis bisnis yang Anda kelola. Dengan begitu, Anda dan mitra bisnis bisa mendapatkan lebih banyak penjualan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

4.       Tunjukkan Keunggulan Produk atau Layanan

Cara menarik pelanggan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menunjukkan keunggulan produk, layanan atau jasa Anda.

Menurut Forbes, menunjukkan keahlian merek dalam industri Anda dapat membangkitkan minat dan menarik pelanggan baru serta menghasilkan lebih banyak pendapatan dari basis pelanggan Anda yang sudah ada.

Misalnya, menjadi sukarelawan untuk berbicara di panel industri yang relevan dengan bisnis Anda, memberikan webinar atau lokakarya, dan menjadi pembicara di acara yang di adakan oleh komunitas target pasar.

Selain dapat memaparkan keunggulan produk atau jasa Anda kepada masyarakat yang lebih luas, acara edukasi seperti ini dapat menciptakan brand impression yang baik. Pelanggan baru dan lama akan melihat bisnis Anda secara positif. Metode ini dapat digunakan oleh semua jenis bisnis.

5.       Ciptakan Loyalitas Merek

Cara selanjutnya Anda dapat menarik pelanggan dan membuat mereka membeli produk atau layanan Anda adalah dengan menciptakan loyalitas merek. Untuk menciptakan loyalitas merek, pastikan Anda memberikan layanan terbaik kepada pelanggan sehingga mereka mempercayai merek Anda.

Anda juga bisa membuat identitas merek yang sesuai dengan target pasar. Menjadikan pelanggan sebagai bagian dari merek Anda adalah daya tarik utama bagi para pelanggan. Perusahaan terkemuka seperti Apple juga menggambarkan betapa suksesnya mereka dengan nilai merek yang kuat.

Tidak peduli seberapa mahal barang yang Anda jual, jika pelanggan Anda tetap setia pada merek Anda, mereka akan mampu membayar lebih dengan tetap dalam batas yang wajar.

6.       Meminta Konsumen yang Telah Membeli Untuk Memberikan Review

Review dari pelanggan sebelumnya akan sangat mempengaruhi calon pelanggan Anda. Bahkan dengan kemajuan teknologi, kini review bisa di berikan secara online yang semakin memudahkan dalam memberikan review.

Semakin baik dan banyak ulasan yang Anda dapatkan, semakin besar kemungkinan untuk memberikan dampak positif bagi calon pelanggan. Pasalnya, review tersebut nantinya menjadi referensi yang di gunakan calon konsumen untuk mengambil keputusan pembelian.

7.       Menawarkan Diskon Spesial

Cara Menarik Pelanggan yang terakhir adalah dengan mencoba menawarkan diskon kepada target pasar Anda. Dengan menawarkan diskon, gratis ongkos kirim, atau cashback pada beberapa pembelian, terbukti mampu menarik lebih banyak pelanggan.

Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dengan diskon perkenalan, seperti penawaran beli 2 gratis 1 atau bungkus kado gratis untuk dua pembelian pertama. Cara ini di nilai cukup efektif untuk menarik orang yang belum pernah mendengar atau mengenal brand Anda.

Anda tidak hanya bisa menawarkan diskon kepada pelanggan baru, Anda juga harus menawarkan diskon kepada pelanggan yang sudah ada.

Anda bisa mencari tahu produk atau layanan apa yang mereka beli dan hubungi kembali mereka dengan diskon yang menarik. Misalnya, menawarkan diskon khusus di hari ulang tahun atau memberikan program loyalitas (keanggotaan).

Anda dapat membuat jadwal rutin untuk menghubungi pelanggan lama Anda. Bisa 4 atau 6 bulan sekali. Hubungi mereka melalui email atau telepon dan beri tahu mereka bahwa Anda akan memberi mereka diskon jika mereka membeli berulang kali.

Selain menerapkan 7 cara menarik pelanggan di atas Anda juga harus bisa menarik para pelanggan dengan beberapa kata kata yang mampu membuat para pelanggan tergiur dengan produk atau layanan Anda.

Kata-Kata yang Mampu Membuat Pelanggan Tergiur

Sangat penting untuk menggunakan kata-kata untuk menarik pelanggan agar  membeli produk Anda. Semua pelaku bisnis akan selalu bersaing untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Agar produk Anda laris manis, Anda bisa melakukan promosi rutin untuk menarik pelanggan.

Berikut adalah beberapa kata kata yang mampu menarik pelanggan yang bisa Anda gunakan:

  • Diskon hingga 50%. Yuk incar produk favorit Anda sebelum kehabisan
  • Belanja sepuasnya, penawaran terbaik hanya untuk Anda
  • Buruan beli sebelum kehabisan. Pasti ketagihan!
  • Waktu terbatas, jangan lewatkan diskon besar ini
  • Ketika Anda mengalami masalah, Kami punya solusinya
  • Anda tahu apa yang membuat kami bangga? kepuasan Anda!
  • Penjualan terbesar tahun ini. Penantian sudah berakhir! Jangan lewatkan kesempatan ini!
  • Beli sekarang atau menangis nanti. Flash sale!
  • Jangan lewatkan tren terbaru, belanja online untuk pilihan produk fashion terbaik

Nah itulah 7 cara menarik pelanggan yang bisa Anda coba dan beberapa kata-kata yang mampu membuat para pelanggan tergiur dengan produk Anda.

Baca Juga