fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Membuka Bisnis WiFi Rumahan, Peluang Usaha yang Menguntungkan!

Wiliam

bagi Anda yang memiliki jiwa bisnis, tentu tidak tinggal diam saat ada peluang usaha yang menjanjikan di Era digital seperti sekarang. Salah satu bisnis yang bisa anda geluti di rumah yakni Wifi rumahan. Meski hampir semua orang memiliki koneksi internet, nyatanya peluang usaha ini cukup menjanjikan apalagi dilakukan secara konsisten dan bersungguh-sungguh.

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih, membuat setiap orang selalu membutuhkan koneksi internet untuk menyelesaikan kegiatan ataupun pekerjaannya. nya. Bahkan, menurut data dari Datareportal mengatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun Januari 2021 sekitar 202,6 juta orang dari 274,9 juta penduduk di Indonesia.

Dari jumlah tersebut bisa dilihat bahwa memang sangat banyak pengguna internet, dan terus meningkat setiap harinya. Itulah yang menyebabkan tingginya permintaan internet dan bagi beberapa orang ini menjadi peluang emas untuk menjalankan bisnis Wifi. Singkatnya, usaha ini menjual jaringan internet berbayar kepada pelanggan yang membutuhkan.

Tak perlu menyewa tempat mahal mahal, anda bisa memulai usaha ini di rumah dengan memanfaatkan perangkat Wifi yang sudah dimiliki sebelumnya. Lalu bagaimana cara memulainya? Simak informasi berikut ini agar mendapat insight lebih lengkapnya.

Seberapa Besar Peluang Bisnis WiFi Rumahan?

Wifi sendiri merupakan sebuah jaringan Nirkabel yang bisa menghubungkan berbagai perangkat seperti komputer, ponsel, serta peralatan elektronik lainnya agar bisa berinteraksi dengan internet. Kalau berbicara peluang, di Indonesia dengan penggunaan internet yang begitu besar tentu saja menjadikan usaha ini cukup menjanjikan.

Apalagi berdasarkan data pengguna sosial media, hampir 170 juta pengguna tercatat dan aktivitas ini membutuhkan jaringan internet agar bisa terkoneksi. Sederhananya, internet menjadi kebutuhan dasar yang keberadaannya harus ada setiap harinya. Entah itu untuk pekerjaan, komunikasi, pendidikan, hingga sebagai sarana hiburan.

Target pasar bisnis WiFi  rumahan ini juga tergolong besar, karena hampir semua kalangan usia memerlukan internet. Karena ini rumahan, tentu tetangga sekitar atau bahkan keluarga menjadi target pasar anda.

Cara Memulai Bisnis WiFi Rumahan

Setelah mengetahui peluang bisnis wifi rumahan, tentu anda penasaran bagaimana membangun usaha ini dari nol. Nah beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu:

1. Cari Tahu Target Pasar

Langkah pertama dan paling utama yang harus dilakukan dengan mengetahui target pasar anda. Hampir semua jenis bisnis yang akan dimulai mengharuskan pemiliknya untuk mengetahui target pasar mereka. Pastikan tetangga samping rumah atau keluarga termasuk orang yang membutuhkan akses internet.

Yang itu, cari tahu juga seberapa banyak perangkat yang mereka gunakan dan lihat juga apakah akses Wifi ini tersedia di sekitar rumah Anda atau tidak. Apabila jumlah akses Wifi tergolong banyak, mungkin peluang usaha ini tidak begitu menjanjikan.

Sebaliknya, di daerah sekitar Anda tidak ditemukan banyak perangkat WiFi dan permintaan akan akses internet ini cukup tinggi, maka peluang bisnis menjadi semakin baik. Anda bisa memulainya dari sekarang, dan fasilitasi tetangga ataupun keluarga anda agar bisa terakses internet secara maksimal.

2. Periksa Ketersediaan Jaringan

Selanjutnya langkah yang harus dilakukan dengan mengecek ketersediaan jaringan di area tempat tinggal Anda. Perangkat Wifi ia sangat bergantung pada jaringan yang tersedia. Di mana setiap daerah memiliki kekuatan jaringan yang berbeda beda, ada yang lemah ada pula yang kuat.

Sebelum memilih provider, pastikan Anda sudah mengecek ketersediaan jaringan mereka apakah tersedia di daerah anda atau tidak. Cara ini bisa meminimalisir kerugian karena anda sudah mengetahui kekuatan akses internet dan kemungkinan timbul hilangnya jaringan.

3. Pahami Perangkat WiFi yang Akan Digunakan

Sebelum mulai terjun dalam usaha yang akan digeluti nantinya, penting sekali untuk memahami produk yang akan ditawarkan. Ini berlaku untuk semua jenis bisnis yang dijalankan. Pelajari lebih lengkap semua hal yang menyangkut perangkat Wifi.

Entah itu mengenai istilah yang umum digunakan seperti misalnya bandwith, kabel LAN, router, dan lain sebagainya. Dengan mengenal komponen perangkat wifi beserta fungsinya memungkinkan Anda segera menyelesaikan kendala yang mungkin saja terjadi kedepannya.

Begitupun dengan peralatan yang harus dipersiapkan, bagaimana cara kerjanya, serta Tips mengatasi segala hambatan yang mungkin saja terjadi kedepannya.

4. Siapkan Modal

Bisnis WiFi meskipun di kerja rumahan, tetap saja membutuhkan modal dalam jumlah tertentu. Modal awal ini diperlukan untuk membayar pihak provider penyedia Wifi. Selain itu, beli peralatan lain untuk menunjang rumah Anda hingga membuat pengunjung nyaman saat memakai layanan Wifi Anda.

Modal yang digunakan setiap orang bisa saja berbeda, tergantung besaran bandwidth yang digunakan. Semakin besar jumlah bandwidth, maka semakin banyak pula modal yang harus dipersiapkan.

5. Lakukan Promosi

Menggeluti bisnis apapun Hal pertama selain modal yang harus dipersiapkan yakni teknik promosi yang baik. Bagaimana orang lain bisa mengenal bisnis atau tawaran layanan anda jika tidak memperkenalkan lnya ke khalayak banyak. Meskipun skala bisnis WiFi  rumahan ini tergolong kecil, promosi tetap harus dilakukan.

Anda bisa memulainya dengan sistem informasi mulut ke mulut. Sementara itu perbaiki kualitas pelayanan serta fasilitas agar semakin banyak yang merekomendasikan bisnis anda ke kenalannya.

6. Siapkan Fasilitas Penunjang

Agar panjang Jong semakin nyaman di rumah anda menikmati layanan Wifi, sebaiknya siapkan fasilitas Penunjang seperti free makanan ataupun minuman dengan minimal order.

Bahkan, menyediakan makanan atau minuman untuk dibeli pengunjung bisa memberikan pemasukan tambahan kepada anda agar semakin untung.

Itulah beberapa informasi terkait cara memulai bisnis Wifi rumahan. Bagaimana, tertarik dengan  bisnis satu ini? Anda bisa memulainya sekarang juga karena modal yang dibutuhkan tidak begitu besar kok!

Baca Juga