fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Membuat Web Server Online Sendiri

Yanti puspita

Cara Membuat Web Server Online – Pondasi tak terlihat dari Internet yang selalu di butuhkan selain domain adalah web hosting. Setiap website saat ini membutuhkan rumah yang ideal dengan fasilitas terbaik dan tentu saja selalu dapat di andalkan.

Hal ini merupakan upaya untuk meminta hosting yang optimal kepada website untuk mengoptimalkan fungsinya. Hosting yang baik adalah hosting yang dapat mengakomodasi setiap pengunjung situs kamu, memiliki biaya perbaikan yang minimal, dan bekerja dengan baik setiap saat.

Web Hosting di Indonesia Jika kamu pernah kecewa dengan penyedia layanan hosting, tidak mengherankan jika kamu mempertimbangkan untuk meng-hosting situs web kamu sendiri. Atau mungkin kamu penasaran untuk mempelajari lebih lanjut dan ingin memulai bisnis berbasis hosting.

Apa pun alasannya, mengetahui cara membuat web server kamu sendiri akan memberi kamu banyak pengetahuan tentang seluk-beluk bisnis ini, dan kamu akan menjadi lebih baik setelah membaca ini.

Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membuat Hosting Pribadi

Pemilik situs web umumnya memilih penyedia hosting terbaik untuk situs web mereka. Hal ini memungkinkan pemilik untuk fokus pada kemajuan situs web mereka daripada proses hosting. Namun, ada kalanya kamu ingin meng-host situs web kamu secara pribadi.

Hosting web-nya untuk perorangan adalah tugas yang sulit baik dari segi pengembangan maupun modal. Namun, kamu dapat membuat hosting sendiri.

Membangun dan membuat cara membuat web server sendiri dapat di lakukan dari rumah dengan fokus untuk meminimalkan biaya keluar. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum memulai kegiatan semacam ini agar hosting pribadi dapat berjalan secara efektif dan berfungsi seperti hosting biasa.

Web hosting membutuhkan kontrol kesehatan server

Kamu memerlukan perangkat keras yang tepat untuk menjaga server kamu tetap bagus. Self-hosting tidak selalu bekerja dengan baik pada komputer lama.

Agar server hosting kamu tetap online, kamu membutuhkan perangkat keras dengan RAM besar, prosesor cepat, dan sistem operasi yang bagus. Perangkat keras yang menjalankan fungsi-fungsi ini mahal karena dirancang untuk berjalan 24/7 dan menangani lalu lintas yang konstan.

Software server perlu update

Jika kamu memutuskan untuk membuat hosting kamu sendiri, tanggung jawabnya terletak pada pemilihan perangkat lunak yang kompatibel. Agar perangkat lunak atau aplikasi kamu berfungsi dengan baik, kamu perlu mencari seseorang yang benar-benar memahami proses instalasi.

Selain itu, perangkat lunak yang kita gunakan juga harus diperbarui secara teratur untuk menghindari masalah teknis internal atau eksternal.

Menyita sebahagian besar waktu

Faktanya, mengelola web hosting membutuhkan banyak waktu untuk melakukan satu hal saja. Jika kamu ingin membuat web hosting sendiri, lakukanlah semuanya dari awal sampai jadi.

Belajar melalui pengalaman memang berharga, tetapi membutuhkan banyak waktu. Manajemen waktu sangat penting di sektor ini jika kamu seorang pengusaha. Bukan tipe pengusaha yang membuang-buang waktu.

Membutuhkan koneksi internet super

Semua penyedia web hosting memiliki koneksi internet tingkat perusahaan, dan kualitasnya sangat bervariasi dari tingkat penggunaan pribadi. Jaringan-jaringan ini di rancang untuk performa optimal bagi para pengguna di seluruh dunia. Penyedia web hosting yang kamu coba dengan super compute adalah DewaBiz.

Keamanan jaringan terancam setiap saat

Situs web penting seperti Direktorat Jenderal Pajak juga dapat diretas. Port forwarding membuka celah besar bagi para peretas untuk meretas jaringanmu. Hal ini tentu saja tidak diinginkan. Jika itu tidak masalah, pelajari cara membuat hosting kamu sendiri di bawah ini.

Cara Membuat Web Server Sendiri

Ada beberapa cara untuk membuat hosting kamu sendiri, menggunakan komputer kamu sendiri atau menyewa server khusus. Namun, hal yang paling penting untuk diingat adalah meskipun situs web yang ingin kamu hosting tidak terlalu besar.

Membuat hosting sendiri bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan dan mahal. Dengan asumsi komputer kamu menggunakan sistem operasi Windows, membuat hosting sendiri dimulai dengan langkah-langkah berikut:

Memasang server WAMP

Jika kamu memiliki komputer lama yang tidak terpakai, kamu dapat mengubahnya menjadi server hosting. Proses mengubahnya menjadi server sangat murah dengan bantuan WAMP (Windows Apache, MySQL, PHP).

Ada beberapa pemasang WAMP, tetapi saya akan menggunakan WAMPServer karena lebih mudah. Kunjungi situs webnya dan unduh programnya tergantung pada komputer kamu (32-bit atau 64-bit).

Setelah itu direktori baru akan dibuat secara otomatis, biasanya “c: \wamp\www”. Ini adalah folder yang membuat situs web kamu online. Buatlah folder baru di direktori ini dan letakkan berkas PHP dan HTML kamu di sana.

Menguji server WAMP

Setelah kamu memverifikasi bahwa server WAMP kamu telah aktif dan berjalan, uji berkas PHP kamu dan letakkan di direktori yang telah kamu buat sebelumnya untuk menguji apakah semuanya berfungsi. Buka Notpad di Windows dan masukkan logika berikut ini.

<title>Pengujian PHP</title>

Simpan berkas sebagai “info.php” di direktori WAMP dan arahkan peramban ke alamat “http://localhost/info.php”. Jika browser membuka file kosong, tetapi nama alamatnya adalah “localhost/info.php”, maka semuanya baik-baik saja dan kamu dapat melanjutkan ke tahap berikutnya untuk membuat hostingmu sendiri.

Konfigurasi database MySQL

Perlu menyesuaikan konfigurasi basis data MySQL lebih dulu, jika kamu tidak menggunakan WordPress sebagai CMS-nya. MySQL mengatur dan mengorganisasi data dari situs web ke dalam basis data. Basis data dengan cepat menemukan data dan mengirimkannya ke sistem.

Menggunakan MySQL, termasuk CMS seperti WordPress, merupakan cara yang efisien untuk mengirimkan informasi kepada para pengguna.

Kamu dapat menggunakan basis data yang sudah ada atau membuat basis data baru dengan mengeklik ikon PHPMyAdmin pada menu Alat pada layar WampServer. Kamu akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Jika kamu memasukkan “root” untuk nama pengguna, tidak ada kata sandi yang dimasukkan.

Jika kamu menggunakan CMS seperti WordPress, kamu dapat melewati langkah ini dan langsung ke langkah 4.

Untuk memeriksa apakah MySQL berfungsi dengan baik, buka browser dan ketik http://localhost/testmysql.php”. Alamat IP komputer kamu akan ditampilkan bersama dengan informasi tentang koneksi MySQL itu sendiri.

Membuat website menjadi online

Atur lebih dulu konfigurasi software apache untuk menolak semua koneksi secara default. Ini berarti hanya komputer kamu yang dapat mengakses situs web. Untuk membuat situs web kamu online, pertama-tama kamu perlu mengubah konfigurasi Apache kamu.

Klik Apache dari menu WampServer, lalu klik httpd-vhosts.conf. Untuk membuat semua koneksi dan mengakses situs dari luar komputer, kamu perlu mengubah logika dari “Require Local” menjadi “Require All Grant”.

Pilih menu Restart All Services dari menu untuk memulai ulang server WAMP agar perubahan diterapkan. Selain itu, pastikan firewall kamu tidak memblokir permintaan koneksi situs web agar situs web tetap berjalan dengan lancar.

Memberikan nama domain

Kamu memerlukan nama domain, tentu DewaBiz jadi penyedia terbaik untuk para pelanggan. Pada DewaBiz, kamu bisa mendapatkan domain mulai dari Rp. 10.000 dengan  layanan customer support 24/7.

Nama domain seperti server DNS, sangat penting untuk memudahkan akses ke situs web. Untuk mengakses situs web melalui nama domain, memerlukan catatan DNS. Pastikan komputer yang kamu gunakan untuk server tidak menggunakan terlalu banyak sumber daya.

Copot semua program yang tidak perlu dan selalu buka peramban kamu saat masuk ke panel server WAMP. Nonaktifkan program yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang dan juga nonaktifkan program yang berjalan ketika Windows dimulai.

Jika kamu serius dengan hosting pribadi, tidak ada salahnya berinvestasi pada perangkat keras yang lebih baik.

Penutup

Cara membuat web server sendiri memang lebih menghemat banyak uang, tapi terkadang salah cara. Hosting dapat berjalan lancar pada awal, tetapi banyak hal berubah ketika lalu lintas meningkat. Menggunakan web hosting sendiri akan dan memakan banyak waktu. Alangkah baiknya cari yang pasti-pasti saja yaitu dari penyedia Hosting Indonesia Dewabiz.

Baca Juga