fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Ternyata Mudah Cara Membuat Slug SEO Friendly Di Tahun 2023

Yanti puspita

Setelah membuat website, Anda harus melalui beberapa langkah optimasi. Salah satunya adalah Anda perlu mengoptimalkan situs web Anda agar lebih cepat. Jadi jika Anda tidak tahu apa itu slug dan bagaimana cara membuat slug seo friendly, kami akan membantu Anda untuk memahaminya.

Sederhana saja, slug adalah teks di URL halaman atau posting situs web. Salah satu tugas slug adalah memperjelas topik konten Anda dan mengoptimalkan situs web Anda agar tinggi di mesin pencari. Sebelum Anda mulai membuat dan mengelola slug, Anda harus memahami dua aturan dasar:

  • Ganti spasi dengan tanda hubung atau tanda hubung.
  • Gunakan hanya huruf kecil.

Dalam hal ini, WordPress secara otomatis akan memeriksa atau mengoreksi kedua aturan ini. Namun, Anda harus mengetahui dan memahami aturan ini. 

Apa Itu Slug Pada Laravel ?

Hari ini kita akan belajar tentang Slug, apa itu slug di Laravel? . Pasti banyak dari kalian yang belum paham cara pakainya kan? Atau mungkin Anda perlu mendengar sesuatu yang baru sekarang.

Nah, Slug adalah fitur Laravel yang bisa dijadikan sebagai URL pada artikel atau blog agar SEO friendly. Selain menamai informasi kita dengan judul, slug biasanya juga bisa membuat URL kita SEO friendly.

Bingung tentang artinya? Misalnya, jika kita menulis input teks judul seperti “Cara membuat slug Laravel”, saat kita menyimpannya, fungsi slug akan mengubah data input menjadi “Cara membuat slug Laravel”. Slug memberi tanda “-” di antara setiap tajuk. Untuk membuatnya ramah SEO. Seperti yang saya berikan caranya dibawah ini. Yuk simak baik-baik!

Cara Pertama

Tambahkan slug kode ke tabel migrasi. Jangan biarkan kode yang Anda tambahkan ke pengontrol tetapi lupa menambahkan ke migrasi tidak pernah disimpan.

Cara Kedua

Tambahkan juga ke template, oke, ini contoh penggunaan $fillable di template

Cara Ketiga

Setelah Anda selesai mentransfer dan meletakkannya di model Anda, mari beralih ke bagian pengontrol. Letakkan fitur ini di controller!

Cara Keempat

Setelah proses 1, 2 dan 3 selesai, saatnya beralih ke proses berikutnya. Tempatkan fungsi str slug di toko fungsi publik pengontrol. Fungsi ini digunakan untuk menyimpan judul atau judul Anda dalam bentuk slug di database Anda.

Setelah semua proses selesai, coba masukkan input ke database Anda. Kemudian dibangun slug yang dapat digunakan sebagai parameter untuk mengambil data. 

Apa Fungsi Slug ?

Telah disebutkan bahwa slug membantu pengunjung memahami konten halaman sebelum membaca semua informasi. Di sisi lain, tentunya Slug juga mendukung performa website agar lebih SEO friendly. Untuk lebih jelasnya, fungsi slug adalah:

Jadikan Url Lebih Bermanfaat

Ini seperti tugas sekolah yang Anda simpan di komputer Anda. Namun, masing-masing nama dokumen tidak terstruktur dengan baik, seperti “Doc1zbsdk349”. Tentu saja, sebelum Anda membukanya, Anda bingung tentang tugas apa saja yang ada di dalam dokumen tersebut. Situasinya berbeda dengan dokumen “tugas sejarah pahlawan”. Anda akan segera melihat bahwa dokumen tersebut berisi tentang pencarian sejarah pahlawan.

Nah, hal yang sama berlaku untuk slug. Menulis teks yang jelas, ringkas, padat, dan deskriptif dapat membantu pengunjung internet mengevaluasi informasi yang terdapat pada sebuah website bahkan sebelum mereka membukanya.

Maksimalkan Halaman Seo

Anda juga bisa memaksimalkan optimasi website dengan slug. Menambahkan kata kunci itu memudahkan tidak hanya bagi pengunjung saja, tetapi juga sebagai mesin pencari untuk memahami konten situs web Anda.

Tips Buat Slug Seo-Friendly Serta User-Friendly

Untuk mengoptimalkan kedua fungsi slug tersebut, Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat membuat slug, yaitu:

Memastikan Slug Agar Mengandung Kata Kunci Utama

Kata kunci memainkan peran penting dalam SEO. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kata kunci seperti slug. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kata kunci didalam slug dapat membantu pengunjung dan mesin pencari lebih memahami situs web Anda. Dengan cara ini, situs web Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari. 

Buatlah Slug Pendek Tapi Jelas

Buat deskripsi slug itu penting sekali, karena dapat menjelaskan konten halaman, tetapi singkat dan padat. Misalnya, jika judul artikel Anda adalah Cara Membuat Slug Sederhana dan Menarik, Anda dapat menggunakan Cara Membuat Slug. Cukup singkat dan jelas.

Cobalah Untuk Tidak Menambahkan Angka

Juga tidak disarankan untuk menggunakan angka pada slug, terutama untuk menulis tahun. Misalnya, jika Anda memasuki tahun 2023, Anda perlu mengubah slug menjadi “panduan-bisnis-online-2022”.

Sayangnya, mengubah slug situs dapat menyebabkan tautan rusak yang memengaruhi kinerja situs. Oleh karena itu, hindari penulisan tahun dan angka lainnya pada slug. 

Laravel Pake Bahasa Apa ?

Laravel menggunakan bahasa framework PHP open source dan menyertakan banyak modul dasar untuk mengoptimalkan kinerja PHP saat mengembangkan aplikasi web. PHP juga merupakan bahasa pemrograman yang dinamis dan Laravel dapat bekerja di sini untuk membuat pengembangan web lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah.

Laravel menawarkan berbagai alat dan sumber daya untuk membangun aplikasi berbasis PHP. Memiliki ekosistem lengkap yang didukung oleh paket dan plugin yang kompatibel. Laravel telah tumbuh dan berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Hal ini juga menunjukkan semakin tingginya minat developer untuk menggunakan framework Laravel karena dapat mempermudah sebuah aplikasi. 

Framework ini telah diterbitkan pada 9 Juni 2011 oleh Taylor Otwell. Laravel awalnya ditujukan sebagai alternatif dari CodeIgniter. Taylor Otwell mencatat bahwa framework PHP lainnya, yaitu CodeIgniter yang belum menawarkan fitur seperti dukungan bawaan untuk otentikasi dan otorisasi pengguna.

Sejak saat itu, Laravel telah merilis beberapa update serta telah mendapat fitur tambahan. Saat ini Laravel sudah mencapai versi 9 dengan beberapa fitur hebat.  Laravel sendiri berjalan di latar belakang, atau di sisi server side.

Selain kuat, Laravel juga mudah untuk dipahami. Laravel dapat mempercepat proses pembangunan aplikasi web dengan mengikuti pola arsitektur Model-View-Controller (MVC).

Dalam arsitektur MVC, pengembangan akan lebih cepat karena pengembang hanya dapat fokus pada satu bagian seperti halnya model (bagian yang mengontrol database), view (bagian yang mengontrol view untuk user), dan controller (bagian yang menghubungkan model dan tampilan).

Framework Laravel kaya akan fitur karena menggabungkan fungsionalitas inti dari beberapa framework PHP populer seperti CodeIgniter, Yii, dan Ruby on Rails. Jika Anda sudah mengetahui Core PHP atau Advanced PHP, Laravel membuat proses pengembangan aplikasi web menjadi lebih efektif dan efisien, selain itu Laravel juga lebih aman terhadap berbagai ancaman siber.

Penutup

Slug bukan hanya link artikel biasa yang tidak memerlukan optimasi, karena mesin pencari menyarankan agar konten dengan slug yang relevan (termasuk kata kunci) yang muncul di peringkat atas google. Selain slug, ada aspek lain yang perlu Anda optimalkan seperti backlink, internal link, external link dll. Ketahui juga faktor yang menentukan peringkat sebuah website yaitu keamanan website.

Baca Juga