fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Media Sosial

Cara Membuat Mind Mapping Menarik Dan Paling Efektif

Yanti puspita

Tahu tidak kalau cara membuat mind mapping yang baik akan membuat kamu bisa mengumpulkan beberapa ide baru dalam segala hal? Enteh ide untuk tugas sekolah ataupun proyek sosial media bisa kamu dapatkan dengan mind mapping ini, Lho.

Mind mapping di gambarkan sebagai kerangka kerja terstruktur yang bisa membantu kamu mengingat dan menganalisis masalah dengan lebih mudah. Dengan membuat mind mapping ini maka kamu bisa merumuskan konsep-konsep baru yang lebih mudah di pahami. Berikut cara membuat mind mapping yang bisa kamu coba.

Cara Membuat Mind Mapping Mudah dan Sederhana

Mind mapping memiliki banyak manfaat, jadi tentu saja kamu harus melakukannya dengan baik. Bagi kamu yang belum tahu, lihat panduan tentang cara membuat mind mapping di bawah ini, Ya.

Menentukan Media

Cara membuat mind mapping yang pertama adalah menentukan media untuk membuatnya. Media yang di gunakan bisa bervariasi. Kamu bisa menggunakan kertas, papan tulis, atau menggunakan software di komputer. Pemilihan media ini bisa di sesuaikan dengan yang kamu sukai sehingga pengerjaannya juga akan menjadi lebih mudah.

Tentukan Topik Utama

Cara membuat mind mapping yang selanjutnya adalah menentukan topik utama yang akan kamu gunakan. Topik ini bisa berasal dari masalah yang ingin di pecahkan, atau faktor lainnya. Kamu bisa mulai memilih topik yang luas, misalnya komunikasi dan sebagainya.

Buat Cabang Berdasarkan Topik Utama

Langkah selanjutnya dalam cara membuat mind mapping menentukan cabang dari topik utama. Kamu harus menemukan beberapa ide yang berhubungan dengan topik utama. Lalu kamu bisa membuat cabang turunan dari topik tersebut.

Misalnya kamu menggunakan topik komunikasi, maka cabangnya bisa meliputi verbal dan nonverbal. Kamu juga bisa membuat cabang dengan mengidentifikasi jenis atau bagian lain yang terkait dengan topik utama yang sudah kamu pilih.

Jelaskan Cabang Utama dalam Beberapa Sub-Topik

Setelah mendapatkan gambaran tentang cabang-cabang utama, cara membuat mind mapping yang berikutnya adalah dengan membaginya menjadi beberapa subtopik yang berbeda. Kamu bisa menentukan beberapa ide yang memiliki cakupan lebih kecil dalam tahap ini.

Gambar Garis untuk Menghubungkan Ide

Jika kamu sudah menentukan beberapa subtopik, maka kini kamu bisa menggunakan garis untuk menghubungkannya. Penggunaan komponen garis ini nantinya akan memudahkan kamu dalam membaca dan memahami isi mind mapping yang sudah kamu buat. Untuk memberikan garis ini kamu bisa menarik garis dari topik utama ke sub topik yang menurut kamu paling spesifik.

Gunakan Tautan Kode Warna untuk Setiap Sub Topik

Untuk cara yang bagus dalam membuat mind mapping adalah dengan menggunakan kode warna yang berbeda. Untuk memahami setiap ide dalam subtopik, kamu bisa menggunakan kode warna yang berbeda untuk menghubungkan garis atau gambar dari satu topik ke topik lainnya.

Nah, dengan demikian nantinya alur pengelompokan dapat terlihat lebih jelas sehingga juga lebih mudah untuk di pahami. Kamu bisa menentukan sendiri warna apa yang ingin kamu gunakan.

Kembangkan Sub Topik

Saat kamu sudah memecah sub-topik, maka kamu akan menemukan banyak ide terkait dan terhubung dengan topik utama yang kamu pilih. Tetapi kamu harus memilih sub topik ini dengan lebih hati-hati lagi. Ini di perlukan untuk mencegah kamu memasukkan ide-ide yang tidak perlu. Pilih ide yang paling relevan agar alurnya mudah di baca dan kamu bisa membuat mind mapping yang tepat.

Tambahkan Catatan

Cara membuat mind mapping berikutnya adalah dengan memberikan catatan kecil. Tidak hanya untuk mempercantik tampilannya, catatan ini juga bisa berupa pernyataan mengenai sub topik yang kamu anggap sulit atau cukup kompleks. Dengan begitu kamu bisa mengingat dengan baik mengenai sub topik tersebut.

Menggunakan Kata-Kata yang Mudah Dipahami

Salah satu tujuan pembuatan mind mapping adalah untuk memudahkan kamu dalam memahami topik tertentu. Oleh karena itu kamu juga perlu menuliskan poin-poin penting dengan cara yang sederhana dan mudah di pahami.

Berikan Warna yang Menarik

Satu hal lagi yang unik dari mind mapping adalah adanya warna yang meningkatkan pemahaman mengenai suatu topik sulit. Maka dari itu kamu bisa menentukan warna yang berbeda untuk setiap sub-bab dalam mind mapping yang kamu buat.

Berikan Ilustrasi

Saat membuat mind mapping, kamu bisa berkreasi dengan menambahkan ilustrasi, simbol, atau hal-hal lain yang unik, menarik dan tentu saja yang mudah di pahami. Ilustrasi ini bisa kamu sesuaikan dengan topik dan untuk apa mind mapping ini di buat. Tujuan dari pemberian ilustrasi ini adalah untuk membantu kamu mengingat topik tertentu yang cukup penting dan kompleks.

Cara Membuat Mind Mapping di Word Manual

Cara membuat mind mapping yang kedua ini bisa kamu lakukan saat sedang malas berurusan dengan pensil dan kertas. Untuk melakukan ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini. Di jamin hasilnya akan terlihat seperti desainer profesional,lho.

Sisipkan Bentuk atau Sisipkan Bentuk

Untuk cara membuat mind mapping di word yang pertama, masukkan bentuk yang di inginkan melalui tab Sisipkan, klik ikon Bentuk, dan pilih sesuai keinginan mu. Setelah memilih bentuk, klik kiri mouse dan seret bentuk ke lembar kerja.

Sisipkan Teks Ke Dalam Bentuk

Setelah berhasil memasukkan Shape ke dalam lembar kerja, saatnya menambahkan teks tulisan dengan cara klik kanan pada objek gambar dan pilih Add Text. Kamu bisa mengubah ukuran teks, font dan warna dengan menekan tab Home.

Ketuk Ikon

Agar mind mapping kamu terlihat lebih cantik, di sarankan agar kamu menambahkan beberapa gambar atau ikon yang di sediakan oleh Word. Pasalnya, sebuah gambar bisa bernilai ribuan kata, Lho. Selain itu  kebanyakan orang seringkali juga lebih fokus pada sebuah bentuk objek daripada tulisan.

Tambahkan Bentuk Baru dan Hubungkan

Karena ciri mind mapping adalah menggabungkan satu sub topik dengan sub topik lainnya, maka kamu harus bisa menghubungkan objek pertama dengan objek kedua yang telah di buat. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan objek Lines. Kamu bisa menemukan lokasi lines ini di bawah Sisipkan dan klik Bentuk.

Tambahkan Model 3D

Pada cara membuat mind mapping di word ini, kamu bisa menambahkan ikon seperti bentuk pertama. Namun akan menjadi lebih baik jika kamu menggunakan 3D Modeling yang tersedia di word.

Tambahkan Gambar Khusus

Kamu bisa mengunggah gambar di komputer dengan mengeklik Sisipkan > Gambar > Perangkat Ini. Selain gambar, kamu juga bisa mengunggah ikon. Situs web Freepick menyediakan ikon gratis yang dapat bisa gunakan untuk mind mapping yang kamu buat.

Tulis Deskripsi Konektor atau Derivatif

Langkah terakhir ini opsional, tetapi sama penting nya. Kamu bisa membuat deskripsi, turunan, atau ide tambahan dengan membuat objek baru yang lebih kecil di mind mapping yang kamu buat.

Dengan memperhatikan bagaimana cara membuat mind mapping di atas, kamu bisa mengatur pikiran kamu dengan cara yang lebih terstruktur. Ini juga bisa membantu kamu menemukan solusi atau ide baru yang tentunya akan membuat semua pekerjaannmu lebih mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Ya!

Baca Juga