fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

GeneralPengetahuan

Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot yang Mudah dan Lengkap!

Wiliam

Jaringan wifi biasanya hanya bisa disebarkan dengan menggunakan alat router saja. Seiring berjalannya waktu, ada juga smartphone yang memberikan inovasi kepada perangkatnya supaya bisa menyebarkan jaringan seluler pada perangkat lainnya.

Untuk hal yang satu ini memang sangat berguna, terutama di saat para pengguna membutuhkan jaringan untuk mengirimkan sebuah file pada perangkat komputer. Selain itu, dengan adanya dukungan kali ini bisa memangkas kebutuhan modem mobile.

Manfaat kali ini sama juga bisa diterapkan pada perangkat laptop, dimana bizzie bisa menggantikannya sebagai hotspot untuk menyebarkan jaringan seluler. Sayangnya belum semua sistem pada sebuah perangkat mendukung fitur tersebut.

Tidak hanya itu saja, sampai dengan saat ini banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengerti mengenai cara membuat laptop menjadi hotspot. Bagi bizzie yang ingin memanfaatkan fitur tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa sampai dengan sekarang masih banyak belum paham dengan cara membuat laptop menjadi hotspot. Untuk beberapa langkah atau cara yang harus bizzie lakukan adalah:

1. Membuka Menu Pengaturan Terlebih Dahulu

Cara membuat laptop menjadi hotspot yang pertama adalah membuka menu pengaturan terlebih dahulu. Pilih menu start atau windows pada perangkat laptop yang bizzie gunakan. Setelah itu, temukan menu pengaturan atau setting. Bizzie juga bisa melakukan pencarian menu tersebut dengan cara mengisi kolom pencarian yang berada di sebelah atas kiri.

Buka juga pada menu pengaturan dan pilih menu network dan juga internet. Dari situ, bizzie juga bisa melihat beberapa menu mulai status sampai dengan proxy. Pilih saja salah menu mobile hotspot. Paling akhir, bizzie bisa menghidupkan hotspot dengan cara menekan tombol yang tersedia.

2. Memilih Menu Wifi

Pada tampilan yang sama persis, bizzie bisa melihat semua opsi untuk membagikan beberapa sumber koneksi jaringan. Di dalam menu tersebut juga terdapat dua pilihan yaitu wifi dan bluetooth.Pilih saja opsi menu wifi untuk membagikan koneksi dan menjadikan laptop hotspot wifi.

3. Mengedit Nama Jaringan

Cara membuat laptop menjadi hotspot yang paling akhir adalah melakukan pengeditan nama jaringan. Pada saat cara mengedit nama ini bertujuan supaya lebih mudah dalam menemukan wifi dari perangkat laptop yang bizzie gunakan.

Untuk proses edit nama jaringan laptop ini hanya bisa digunakan pada menu edit yang berada di menu pengaturan mobile hotspot. Bizzie juga bisa sebaiknya melakukan perubahan kata sandi yang lebih mudah untuk diingat-ingat. Di saat menggunakan nama dan password yang mudah diingat bisa membantu bizzie untuk mengingat-ingat.

Kegunaan Cara Membuat Laptop Menjadi Hotspot

Pada saat menerapkan cara membuat laptop menjadi hotspot, siapa saja yang berada di dalam jangkauan bisa mendapatkan sinyal. Artinya, bizzie bisa saja mengakses jaringan internet dari perangkat atau ponsel yang sedang digunakan.

Selain itu, untuk keperluan pribadi dari hotspot yaitu untuk menjalankan sebuah bisnis. Beberapa bisnis yang membutuhkan jaringan hotspot adalah salon, restoran, warung kopi dan masih banyak lainnya lagi.

Beberapa hotspot pada beberapa jenis usaha ini, biasanya ditujukan secara tidak langsung untuk mendongkrak pendapatan pada bisnis tersebut. Jika bizzie mampu menyediakan koneksi internet yang kencang, maka di samping layanan juga bisa membuat para pengguna lebih nyaman lagi.

Secara tidak langsung, untuk para konsumen bisa merasa lebih nyaman dan setia menggunakan jaringan internet tersebut. Kini jaringan hotspot juga dipergunakan sebagai alat penyelamat dalam situasi yang genting atau darurat.

Contoh mudahnya adalah di saat sedang mengerjakan tugas kelompok yang membutuhkan koneksi internet dan ternyata di tempat tersebut hanya tersedia internet kabel saja. Maka, untuk para pemilik laptop harus membuat hotspot sendiri dengan cara menambahkan pada fitur windows terse tersebut.

Pada saat ingin menerapkan cara membuat laptop menjadi hotspot ini tidak membutuhkan bantuan software tambahan. Artinya, untuk semua pengaturan yang digunakan murni 100% dari windows bawaan. Maka, untuk para pengguna laptop tidak perlu lagi susah-susah untuk melakukan download atau install sebuah software.

Berbagai koneksi jaringan internet dengan cara tethering menggunakan ponsel ini dirasa lebih praktis untuk dipergunakan. Akan tetapi, ada beberapa situasi tertentu dimana pada saat menggunakan laptop sebagai hotspot menjadi pilihan yang paling baik.

Ada satu contoh mudah dan sederhana di saat situasi baterai ponsel yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Pada saat daya baterai sudah habis, maka perangkat yang bizzie gunakan tidak bisa bertahan lama.

Untuk masalah baterai boros pada sebuah perangkat laptop maupun smartphone ini juga sering disebut dengan istilah bocor. Solusi yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah harus melakukan pergantian baterai handphone.

Satu hal yang harus bizzie ketahui adalah perihal hotspot menjadi satu faktor bisa membuat baterai handphone menjadi cepat rusak. Maka dari itu, untuk bizzie yang ingin menggunakan hotspot hanya disarankan pada beberapa momen tertentu saja. Jangan sampai menggunakan fitur hotspot dengan jangka waktu yang lama.

Memang tidak akan ada habisnya di saat membahas mengenai cara membuat laptop menjadi hotspot. Setidaknya, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin menjadikan perangkatnya sebagai hotspot.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara membuat laptop menjadi hotspot. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas dapat memberikan tambahan informasi bagi bizzie yang ingin mengubah perangkat laptopnya menjadi hotspot. 

Baca Juga