fbpx

Lelang Domain - Temukan Domain Bagus Disini!

AplikasiMedia SosialPanduan

Bagaimana Cara Membuat Instagram Shopping?

Yanti puspita

Sebelum mengetahui cara membuat instagram shopping, terlebih dahulu kamu harus tahu definisinya. Instagram Shopping merupakan fitur khusus Instagram untuk membantu penjual memasarkan produknya melalui media sosial Instagram.

Instagram Shopping tidak hanya memudahkan penjual, tetapi juga memudahkan pelanggan berbelanja tanpa harus berpindah aplikasi. Tapi untuk mendapat kemudahan tersebut, kamu harus melakukan beberapa cara membuat instagram shopping yang akan kita jelaskan pada artikel kali ini.

Cara Membuat Instagram Shopping

Cara membuat instagram shopping itu cukup mudah dan bermanfaat. Salah satunya kamu akan lebih mudah menjangkau pengguna Instagram. Selain itu, Instagram Shopping bisa di hubungkan ke website dan pasar. Ingin tahu cara membuat instagram shopping? Mari simak penjelasan detailnya di bawah ini!

·         Cara Membuat Instagram Shopping dengan Mengaktifkan Akun Bisnis Diinstagram

Cara membuat instagram shopping ini bisa di lakukan jika kamu ingin mengubah akun Instagrammu menjadi akun Instagram Bisnis atau Kreator. Cobalah beberapa cara di bawah ini.

  • Masuk atau masuk ke akun Instagram
  • Buka pengaturan
  • Pilih Account
  • Pilih Switch to a Professional Account
  • Tekan Continue
  • Tetapkan kategori bisnis
  • Pilih done

·         Buat Situs Website

Cara membuat instagram shopping selanjutnya adalah membuat website. Selain untuk meningkatkan dan mengembangkan kredibilitas brand atau tokomu, membuat website juga akan memudahkan dalam pembuatan Instagram Shopping nantinya.

·         Buat Halaman Facebook dan Tambahkan Katalog Produk

Pada cara membuat instagram shopping ini, kamu perlu membuat halaman di Facebook untuk menaruh beberapa katalog barang daganganmu.

  • <p”> Buat akun dari pengelola halaman di Facebook seperti Facebook Business Manager lalu masuk dan masuk menggunakan akun Facebookmu.
  • Isi informasi atau data yang di minta untuk membuat akun bisnis baru
  • Pilih pengaturan bisnis
  • Pilih sumber data dan klik menu Katalog dan tambahkan katalog baru
  • Masukkan nama dan jenis produk ke katalog, lalu pilih buat katalog baru
  • Tentukan siapa yang bisa mengakses secara default atau mengakses sebagai admin katalog produk ini, jika belum ada, kamu bisa memilih sendiri. Pastikan orang yang akan mengelola bisnis minimal harus memiliki akun Facebook.
  • Jika kamu ingin terhubung ke akun Instagram bisnis dan ingin mengaktifkan fitur Instagram Shopping, isi katalog produk dengan memilih “Buka di Manajer Katalog”
  • Pilih “Saluran” pada menu sebelah kiri, lalu pilih “Tambah Produk”
  • Pilih “Tambahkan Secara Manual”. Kecuali kamu sudah menambahkan akun Facebook Pixel ke situs webmu, pilih “Gunakan Pixel”, lalu klik Berikutnya

Isi informasi yang di perlukan untuk produk yang ingin kamu jual. Jika kamu belum memiliki tautan, masukkan di kolom “Tautan situs web”. Ini adalah fungsi website, memudahkan kamu jika ingin menambahkan produk ke katalog kamu melalui Facebook Pixel atau membuatnya secara manual. Jika sudah, pilih Tambah Produk.

·         Menautkan ke Katalog yang Ada Difacebook

Setelah katalog produk kamu sudah masuk ke halaman Facebook dan websitemu, selanjutnya aktifkan Instagram Shopping melalui aplikasi Instagram. Cara membuat instagram shopping cukup mudah karena bisa di akses melalui gadget. Seperti:

  • Pilih Bisnis di pengaturan Instagram
  • Klik Daftar untuk Berbelanja

Ikuti cara membuat instagram shopping sesuai petunjuk seperti menautkan akun bisnis kamu ke Facebook untuk menghubungkan akun Instagrammu dengan katalog produk di Facebook yang telah kamu buat sebelumnya. Lalu klik Facebook Catalog Manager, dan pilih “Check for Catalog”.

·         Menunggu Peninjauan Akun

Setelah tahap pendaftaran selesai, kamu tinggal menunggu akun tersebut di tinjau oleh Instagram. Jika tidak ada masalah, seharusnya Instagram bisnis kamu dapat di jangkau di Instagram.

·         Aktifkan Fitur Shopping

Jika akun Instagram Shopping kamu sudah di setujui oleh Instagram, maka kamu bisa mengaktifkan fitur Instagram Shopping. Jika fitur ini tidak muncul di menu pengaturan, berarti akun kamu masih di proses dan di tinjau oleh Instagram.

·         Menambahkan Label ke Produk

Jika akun kamu sudah disetujui oleh Instagram, maka kamu dapat membuat dan menambahkan konten dengan mengetuk konten produk sehingga konsumen dapat menelusuri katalog produk yang ada di sana. Ikuti langkah ini:

  • Mengklik foto yang ingin di unggah, lalu pilih “Tag Producs”.
  • Klik sekali pada katalog produk yang ingin kamu tandai, lalu klik produk dari katalogmu. Agar tidak membebani bahkan di anggap spam, Instagram kini membatasi tag pada lima produk.
  • Aktifkan Facebook jika kamu ingin mengunggah konten di dua platform secara bersamaan. Selanjutnya, pilih Bagikan atau Share.
  • Jangan lupa untuk terus melakukan promosi

Fitur Instagram Shopping

Fitur Instagram Shopping ini sangat menarik bagi para pebisnis, karena memang di tujukan khusus untuk itu. Berikut beberapa fitur Instagram Shopping yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1.      Instagram Shopping Tag

Instagram Shopping Tag berfungsi untuk memberikan label produk di postingan dan juga tersedia di katalog produk. Dengan fitur tag ini, pelanggan dapat melihat harga dan detail produk. Dan kamu dapat memilih produk yang ingin di tambahkan label harga pada postingan sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

2.      Katalog Produk

Sesuai dengan namanya, produkmu akan muncul di katalog produk dan dapat di lihat oleh audiens. Selain itu, kamu juga bisa dengan leluasa menambahkan produk yang ingin di jual kepada audiens.

Pada tampilan katalog ini, pelanggan hanya akan di perlihatkan foto, nama, dan label harga. Untuk menambahkan foto ke katalog produk ini, pilih foto terbaik. Untuk produk tertentu, pilih latar belakang foto yang sesuai.

3.      Halaman Detail Produk

Jika pemirsa mengklik produk di katalog, mereka akan dapat melihat halaman detail produk. Informasi detail yang di tampilkan kepada audiens ini meliputi gambar, harga, nama, deskripsi lengkap produk, ukuran, dan link ke website toko onlinemu. Oleh karena itu, buatlah deskripsi produk yang lengkap dan ringkas.

4.      Instagram Shopping Ads

Fitur tunggal ini berguna untuk postingan ads di bisnis Instagram Shopping. Dengan Iklan belanja Instagram, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Mirip dengan fitur Instagram Ads, kamu juga dapat menentukan audiens yang sesuai dengan target pasar bisnismu.

5.      Shopping Tag di Akun Tertentu

Jika kamu ingin berkolaborasi dengan influencer, kamu bisa menggunakan Instagram Shopping Tag agar produkmu bisa lebih di kenal audiens lebih luas.

Dengan fitur ini, produkmu akan lebih mudah di tandai oleh influencer di postingannya. Hal ini akan membuat banyak pengikut influencer yang bekerja sama dengan bisnismu, dengan mengetahui produk dan bisnismu.

6.      Product Launches

Seperti namanya, fitur ini akan membantu kamu membuat pengumuman tentang produk yang akan datang. Kamu bisa menggunakan fitur hitung mundur, agar audiens kamu bisa lebih siap berbelanja online. Mereka juga dapat mengatur pengingat untuk memberi tahu kamu saat produk telah di publikasikan.

Penutup

Meskipun mempelajari cara membuat instagram shopping membutuhkan waktu yang cukup lama, semua itu sepadan dengan hasil yang kamu peroleh. Selain menggunakan Instagram Shopping, kamu juga bisa mempromosikan produk menggunakan Instagram Ads dan beberapa fitur lainnya.

Baca Juga