fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Cara Memasang Google Analytics di Situs WordPress dengan Plugin dan Manual

Yanti puspita

Apakah Anda sedang mencari panduan tentang cara memasang Google Analytics di WordPress? Karena, ingin lebih memahami performa website Anda dan lebih memahami pengunjung Anda? Anda telah menemukan artikel yang tepat. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memasang Google Analytics di WordPress.

Nantinya, Anda akan dapat memahami dari mana pengunjung Anda berasal, perangkat apa yang mereka gunakan, dan konten apa yang paling mereka sukai. Tapi Anda terlebih dahulu perlu tahu cara mendaftar ke Google Analytics. Yuk, simak panduan lengkap kami di bawah ini!

Apa Itu Google Analytics?

Google Analytics adalah salah satu alat untuk analisis web yang paling banyak digunakan. Layanan gratis dari Google ini menampilkan banyak data penting dan informatif terkait trafik situs web dan perilaku pengunjung situs. Dari data ini, Anda dapat membuat rencana untuk mengembangkan situs tersebut.

Jika Anda tertarik mempelajari Google Analytics, Anda dapat mendaftar ke Kursus Akademi Analytics. Kursus ini gratis dan memiliki setiap level untuk pengguna pemula, lanjutan, dan mahir.

Cara Mendaftar Akun Google Analytics

Pastikan bahwa Anda telah memiliki akun Google untuk membuat akun Google Analytics. Lalu, ikuti langkah-langkah di berikut ini untuk mendaftar ke Google Analytics. Berikut caranya:

  • Masuk pada halaman Google Analytics dengan menggunakan akun Google Anda. Kemudian, klik tombol Start measuring.
  • Masukkan nama akun Anda di kolom Nama Akun. Kemudian, tandai tanda centang di semua opsi Data Sharing Setting  dan klik Berikutnya.
  • Masukkan nama properti yang mewakili situs web atau aplikasi bisnis Anda di kolom Nama properti. Kemudian, ubahlah  zona waktu dan mata uang yang ingin Anda gunakan.
  • Pilih kategori situs web bisnis Anda di bidang Industry Category. Kemudian, pilih opsi jumlah anggota bisnis di bagian Business Size dan tujuan penggunaan Analytics.
  • Klik pada tombol Create untuk membuat akun Google Analytics lalu klik I Accept pada popup Terms and Conditions.
  • Pilih platform untuk mengumpulkan data di Data Stream.
  • Masukkan URL website Anda pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol Create stream.
  • Pada halaman Web Stream Details, Anda akan melihat MEASUREMENT ID ( Tracking ID). Salin kode yang ingin Anda gunakan di langkah berikutnya.
  • Langkah-langkah untuk mendaftar ke Google Analytics sudah selesai. Sekarang, saatnya unruk memasang Google Analytics di situs web Anda.

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Terdapat dua cara untuk memasang Google Analytics di WordPress. Yang pertama menggunakan plugin, dan yang kedua memasangnya secara manual. Berikut langkah-langkahnya.

Memasang Google Analytics di WordPress Menggunakan Plugin

Jika tidak ingin merusak tampilan tema, gunakanlah plugin dari layanan pihak ketiga. Selain mudah, plugin ini mengurangi resiko pecahnya kode.

Terdapat banyak sekali plugin yang menawarkan fleksibilitas tinggi untuk memasang Google Analytics di WordPress. Meski begitu, tidak semuanya digunakan, bukan? Nah, untuk artikel ini, kami telah memilih salah satu plugin terbaik yaitu MonsterInsights.

Sebagai plugin yang telah diunduh oleh lebih dari dua juta pengguna (dan mungkin lebih), MonsterInsights memiliki semua yang dibutuhkan pasar dari plugin dasbor Google Analytics. Keuntungan utama dari plugin ini adalah kemampuan untuk menghasilkan laporan berdasarkan parameter yang dipilih.

Jika Anda puas dengan fitur dasar alat analisis web, gunakan versi gratis MonsterInsights lite. Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak opsi dan fitur, Anda dapat meningkatkan ke versi Plus dengan biaya berlangganan sebesar 99,50 USD per tahun. Paket premium ini cocok untuk bisnis atau usaha kecil.

Berikut ini adalah cara memasang Google Analytics di WordPress dengan menggunakan MonsterInsights:

  • Buka dashboard WordPress Anda dan pilih Plugins->Add New.
  • Cari Plugin Dasbor Google Analytics untuk WordPress oleh plugin MonsterInsights. Unduh dan aktifkan.
  • Kembali ke dasbor WordPress. Opsi plugin Insights akan muncul.
  • Scroll ke bawah dan klik Launch the Wizard! Ikuti instruksi untuk menyelesaikan proses instalasi. Pemberitahuan akan ditampilkan untuk menghubungkan MonsterInsights ke akun Google Analytics Anda.
  • Ikuti langkah-langkahnya dan lengkapi informasi yang diperlukan.

Memasang Google Analytics pada WordPress dengan Metode Manual

Setelah membuat akun Google Analytics, temukan kode lacak (tracking code) dan pasang di situs web Anda. Untuk menambahkan kode ke file functions.php, Anda perlu menginstal child theme terlebih dahulu. Mengapa demikian? Pasalnya, selain lebih mudah dimodifikasi, child theme juga akan mengamankan semua perubahan saat mengupdate parent theme.

  • Temukan Kode Pelacakan (Tracking Code)
  • Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan diarahkan pada area khusus untuk mencari kode Google Analytics. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menemukan kode pelacakan secara manual:
  • Masuk ke akun Google Analytics Anda dan buka menu Admin di kiri bawah.
  • Klik menu tracking info, lalu klik submenu tracking code.
  • Nah, di sinilah Anda bisa melihat Tracking ID dan Global Site Tag. Simpan kedua kode tersebut.
  • Masuk ke WordPress untuk memulai proses konfigurasi.
Kode functions.php

Ada beberapa cara untuk menginstal Google Analytics di WordPress dengan code snippet.

  • Yang pertama untuk menambahkan tracking code adalah file functions.php. Buat fungsi baru yang berisi code snippet.
  • Masuk ke dashboard WordPress, pilih Theme Editor di menu Appearance.
  • Buka file Theme Functions(functions.php) melalui kolom di sebelah kanan.
  • Tambahkan code snippet kode ke file. Ganti ‘Tracking ID’ dengan Tracking ID yang Anda dapatkan di langkah sebelumnya.
  • Klik Update File untuk menyimpan perubahan.
Kode header.php

Tracking code juga dapat ditambahkan ke file Theme Header (header.php).

  • Buka kembali Theme Editor.
  • Pilih file Theme Header (header.php) di kolom kanan.
  • Salin dan tempel code snippet ke area header atau, lebih tepatnya, di atas tag </head>.
  • Klik Perbarui File untuk menyimpan perubahan.

Fungsi Google Analytics

Tujuan utama membuat blog adalah untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan juga untuk meningkatkan jumlah trafik. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, Anda bisa mengandalkan alat analisis web ini.

Berikut adalah empat fungsi dari Google Analytics:

Berikan informasi lengkap tentang audiens atau pengunjung situs

Dengan alat ini, Anda dapat melihat siapa yang mengunjungi situs web Anda dan dari mana asalnya. Anda juga dapat memeriksa apa yang mereka lakukan saat berada di situs web Anda dan durasi kunjungan mereka. Dengan mengkategorikan audiens Anda, Anda memiliki gambaran yang diperhitungkan dengan baik dan rencana untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

Mengoptimalkan strategi pemasaran Anda

Mendapatkan wawasan tentang segmen pasar sasaran Anda tentu akan membuat pengambilan keputusan Anda lebih mudah. Misalnya, Anda akan lebih tahu kampanye pemasaran seperti apa yang ingin Anda luncurkan ke pasar agar hasil yang Anda dapatkan lebih optimal.

Mempertahankan kualitas konten

Alat ini memiliki laporan untuk setiap halaman dan tautan yang menerima klik terbanyak. Berdasarkan laporan ini, Anda dapat menulis dan membuat konten yang dapat menjawab kebutuhan audiens Anda.

Mengidentifikasi waktu paling aktif

Waktu posting konten adalah salah satu faktor yang berperan penting dalam mendapatkan trafik. Jika Anda sudah tahu kapan waktu terbaik (saat pengguna sedang aktif browsing internet), Anda bisa menjadwalkan waktu posting Anda.

Baca Juga