fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Melihat QRIS BCA Sendiri. Apakah Sama dengan Lainnya? Simak Penjelasan Dibawah Ini

Wiliam

Banyak pengguna BCA yang belakangan ini sering bertanya mengenai cara melihat QR BCA. Pasalnya, untuk fitur yang satu ini tidak bisa lagi diakses semenjak adanya menu baru yaitu QRIS di saat bizzie sudah melakukan update aplikasi BCA Mobile.

Di dalam fitur ini bisa mempermudah bizzie di dalam melakukan transaksi menggunakan cara melihat QRIS BCA sendiri. Awalnya, fitur ini sering dikenal dengan nama QRku BCA.

Akan tetapi, untuk sekarang ganti nama menjadi QRIS dan fungsinya lebih canggih. Untuk fitur transfer QRku di BCA Mobile ini sudah dihapus sejak 1 November 2022. Artinya, kini bizzie tidak bisa lagi melakukan transfer uang ke sesama BCA menggunakan menu QRku.

Karena masih baru, maka di kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai cara melihat QRIS BCA sendiri dan beberapa hal penting lainnya. Yuk simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Apa Itu QR BCA Mobile?

Sebelum fungsinya diganti seperti QRIS, fungsi dari QR BCA atau sering disebut dengan QRku adalah untuk mempercepat proses transfer uang sesama pengguna BCA Mobile. Lalu, kenapa fitur QR BCA dihapus dan kenapa alasannya?

Berdasarkan salah satu halaman yang ada di internet, hal tersebut mempunyai keterkaitan dengan diluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai salah satu standarisasi pembayaran QR Nasional. Teknologi di dalam metode pembayaran satu ini sudah menggunakan sistem canggih, sehingga bisa membuat semua transaksi lebih efisien dan inklusif.

Buat bizzie yang belum tahu, mungkin awalnya QRku BCA ini hanya bisa digunakan untuk melakukan transfer ke sesama rekening menggunakan kode QR. QRku ini hanya bisa di scan oleh para pengguna aplikasi BCA Mobile saja.

Artinya, bizzie tidak perlu mengingat dan input nomor rekening lagi. Hanya cukup melakukan scan kode QR, untuk proses transfer sudah selesai dilakukan. Satu hal menariknya lagi adalah tidak akan dikenakan biaya admin dan minimal nominal transfer.

Ketika diganti menjadi QRIS, QR BCA ini menjadi salah satu metode transaksi yang menggunakan kode QR standar Indonesia keluaran dari Bank Indonesia. Tinggal melakukan scan QR, bizzie bisa membayar menggunakan BCA Mobile di semua toko atau outlet yang berlogo QRIS atau QR Merchant.

Ada banyak sekali alasan, kenapa transaksi pembayaran yang satu ini lebih baik menggunakan QR BCA Mobile. Sebagai berikut beberapa keuntungan, ketika bizzie menggunakan kode QR BCA :

●      Transaksi menggunakan QR ini lebih nyaman di masa sekarang, karena tidak bersentuhan langsung.

●      Fitur QR BCA Mobile ini tidak perlu melakukan top up, selama saldo di rekening tersedia.

●      Tidak perlu mengetahui nomor rekening tujuan guna bisa melakukan transfer dana.

●  Bisa melakukan scan di semua QR berlogo QRis di merchant.

Cara kerja dari QRIS BCA ini sangat amat mudah. Untuk para pengguna juga hanya perlu melakukan scanning terhadap kode QR menggunakan aplikasi mobile yang sudah dimiliki sebelumnya.

Setelah itu, nanti akan muncul informasi detail dan nomor rekening tujuan. Bahkan, bizzie juga diberikan informasi detail jumlah yang harus dibayar. Perihal yang satu ini juga berlaku untuk kode QR yang custome sendiri dari merchant khusus.

Cara Melihat Qris BCA Sendiri

Para pengguna aplikasi BCA Mobile ini sudah otomatis mempunyai kode QRIS sendiri untuk nomor rekeningnya. Akan tetapi, masih ada beberapa para pengguna yang bingung mengenai cara melihat QRIS BCA sendiri. Sebagai berikut cara melihat QRIS BCA sendiri :

●       Pastikan sudah mempunyai akun BCA Mobile terlebih dahulu.

●      Membuka aplikasi dan klik pada menu “M-BCA”.

●      Masukkan kode akses dan klik “login”.

●      Tekan pada menu “QRIS” yang berada di bagian tengah.

●      Akan muncul layar scan kode QRIS.

●  Scan QRIS di salah satu merchant.

Sebagai informasi tambahan informasi, sebelum diganti menjadi QRIS bizzie bisa melihat langsung kode QR BCA lebih mudah. Di dalam kode “barcode” yang berada di awal menu halaman aplikasi mobile banking ini ada informasi nama dan nomor rekening dibagian bawahnya.

Bahkan, bizzie juga bisa langsung melakukan share atau save ke galeri HP untuk dibagikan kapan saja. Sayangnya, fitur yang satu ini sudah dihapus karena fungsinya sangat terbatas hanya bagi para pengguna BCA saja.

Kenapa QR Code BCA Tidak Muncul Lagi?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa fitur QR Code BCA tidak bisa lagi ditampilkan dan digunakan untuk melakukan transfer uang bagi para pengguna. Artinya, untuk fitur yang satu ini sudah resmi dihapus.

Penghapusan layanan QR BCA ini dilakukan per 1 Novermber 2022 yang lalu. Perihal yang satu ini dilakukan sebagai salah satu dukungan Bank BCA terhadap penggunaan QRIS sebagai salah satu kode QR standar Nasional. Karena, untuk saat ini bizzie bisa menggunakan fitur QRIS guna melakukan pembayaran dengan mudah. Ikuti cara melihat QRIS BCA sendiri yang sudah disebutkan diatas.

Ikuti semua langkah atau cara melihat QRIS BCA sendiri yang sudah disebutkan diatas, karena bisa mempermudah di saat akan melakukan transaksi. Apabila masih bingung dan terjadi masalah, bizzie bisa langsung saja bertanya dengan pihak bantuan di dalam aplikasi tersebut.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara melihat QRIS BCA sendiri dan beberapa hal penting lainnya. Semoga penjelasan diatas bisa menambah informasi bagi para pengguna baru BCA.

Baca Juga