fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital MarketingMedia SosialPengetahuanSEOWordpress

Cara Kerja dan Optimasi SEO On Page

Yanti puspita

SEO identik dengan cara yang cepat sekaligus ampuh untuk optimasi sebuah website. Optimasi ini bertujuan untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs Anda relevan dengan apa yang di cari pengunjung. Banyak orang yang belum tahu cara kerja SEO on page yang artinya kita perlu mengetahui apa yang di inginkan oleh search engine.

Salah satu faktor yang menentukan peringkat website Anda di mesin pencari Google adalah SEO on-page. Cara kerja SEO on page harus memiliki kinerja yang baik agar hasil yang di peroleh sesuai dengan harapan dan dapat bertahan di SERP dalam jangka panjang.

Cara Kerja SEO On Page

Ada beberapa faktor yang mendukung cara kerja SEO on page dalam SEO pada halaman antara lain konten, judul, permalink, deskripsi meta, gambar alternatif, internal link, dan yang tak kalah pentingnya, faktor kecepatan situs website.

Untuk mempermudah cara optimasi SEO on page gunakan platform CMS WordPress yang di permudah dengan penggunaan plugin Yoast. Plugin ini akan memberi tahu Anda apa yang harus di tambahkan dan apa yang harus di hapus. Misalnya, kepadatan kata kunci, internal link, eksternal link, title, alt text dan image, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk optimasi kecepatan website Anda bisa memanfaatkan penggunaan GTmetrix. Sebab tools ini akan membantu Anda melihat kecepatan halaman website dan apa saja yang perlu di tingkatkan untuk mencapai kecepatan loading yang di inginkan.

Dalam cara optimasi SEO yang tidak kalah penting juga, Anda harus ingat bahwa optimasi di lakukan sesuai kaidah SEO dan yang Google inginkan. Karena jika Anda terlalu mengikuti tools atau plugin malah terkesan monoton.

Jadi optimalkan jika perlu dan buat senyaman mungkin bagi pengunjung untuk berlama-lama di website Anda, karena ini juga menjadi salah satu faktor website di Google.

Optimasi SEO On Page untuk Web

Menggunakan Permalink yang Mudah

Langkah pertama dalam optimasi SEO onpage adalah dengan menerapkan permalink sederhana. Permalink ini akan membantu mesin pencari memahami topik yang di angkat di website Anda. Secara umum, permalink hanya berisi kata kunci yang di tentukan.

Saat menggunakan WordPress, permalink biasanya di sediakan secara otomatis, tetapi Anda juga dapat mengeditnya dengan mudah. Cukup klik pada dashboard WordPress, pilih Pengaturan dan masuk ke menu Permalink. Kemudian, klik pada struktur permalink nama posting dan tekan Simpan.

Dengan cara ini struktur permalink akan lebih mudah di kenali oleh mesin pencari.

Membuat Judul Konten Memikat

Ada yang bilang konten lebih penting bagi pengunjung, anggapan tersebut nyatanya benar. Namun, menerapkan metode optimasi SEO On Page dengan membuat judul yang menarik pastinya membuat orang lebih tertarik untuk mengunjungi web Anda.

Jika judulnya tidak menarik, maka jelas lebih banyak pengguna internet akan mengunjungi situs web Anda. Jika Anda kesulitan membuat judul, Anda bisa mempelajari tips membuat judul konten yang menarik melalui internet atau buku.

Memilih Tema yang Responsif

Saat ini, lebih banyak orang masuk ke Google menggunakan smarthphone daripada PC. Oleh karena itu, Anda perlu memilih tema WordPress yang responsif atau mobile-friendly. Tema ini membuat situs web terlihat bagus di perangkat smartphone. Sehingga pengguna tetap merasa nyaman mengakses situs tersebut tanpa harus bergantung pada PC.

Mengandalkan Heading dan Subheading

Adanya judul dan sub judul akan membantu pengunjung lebih memahami isi konten. Konten akan di bagi menjadi beberapa bagian dan pengunjung akan dapat menemukan poin penting dalam waktu singkat. Intinya buatlah artikel yang mencerminkan topik yang Anda pilih dan juga sebisa mungkin jangan bertele-tele alias to the point.

Penggunaan Eksternal Link

Tujuan adanya penggunaan Eksternal Link sendiri yaitu agar pengunjung mengetahui bahwa sumber artikel yang di muat relevan. Jadi, dalam konten Anda perlu menyertakan link yang bagus ke artikel terkait lainnya untuk mendongkrak situs web Anda.

Penggunaan Internal Link

Apakah Anda ingin pengunjung merasa nyaman mengakses situs web Anda? Salah satu cara untuk membuat pengunjung betah di website adalah dengan menggunakan internal link. Anda dapat menyertakan link ke artikel lain dalam konten, tetapi link tersebut adalah konten lain tetapi relevan dengan konten utama.

Oleh karena itu, ketika pengunjung selesai membaca satu konten, mereka akan beralih ke konten lain yang masih ada di situs web Anda. Internal Link  juga berguna untuk membantu Google memahami hubungan antar halaman di situs web Anda.

Menambah Gambar ataupun Video

Selain menulis konten yang bermanfaat dan original, Anda juga perlu menambahkan gambar atau video yang relevan dengan topik yang dibuat. Akan lebih baik jika Anda menggunakan lebih dari satu gambar. Video juga akan membantu pengunjung lebih memahami konten, terutama yang terkait dengan tutorial.

Meningkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website juga sangat mempengaruhi minat pengunjung. Jika web loading waktu terlalu lama untuk melihat halaman, pengunjung dapat pergi begitu saja. Ini juga akan menyulitkan Google untuk menempatkan Anda pada posisi halam pertama google.

Oleh karena itu, perlu untuk meningkatkan kecepatan setidaknya di bawah 3 detik dan ini cara yang ampun untuk optimasi SEO on page tentunya.

Jenis Jenis SEO Dalam Optimasi Web

SEO On Page

Jenis SEO ini berkaitan dengan artikel atau konten pada situs web. Tujuan yang perlu dilakukan pada langkah kedua ini adalah memastikan bahwa konten dan elemen dari sebuah artikel memiliki sinyal yang dapat dijadikan indikator oleh mesin pencari. Sinyal yang dimaksud disini adalah struktur yang ada pada sebuah konten.

Karena Google crawl memiliki pembacaan konten yang berbeda dan tidak seperti manusia. Sinyal ini digunakan oleh Google untuk mendeteksi apakah sebuah halaman di sebuah website memiliki konten atau tidak. Ketika SEO On Page dapat dilakukan dengan baik, selain mendapatkan manfaat SEO juga akan meningkatkan peringkat website.

SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya meningkatkan kredibilitas website utama dengan memberikan backlink. Backlink sendiri dapat diperoleh dengan mengomentari blog orang lain yang memungkinkan pengguna memasukkan backlink ke situs web mereka.

Cara lain yang bisa dilakukan pada SEO Off Page adalah dengan membuat jaringan blog pribadi atau biasa dikenal dengan PBN. PBN adalah kumpulan dari banyak blog yang dibuat untuk meningkatkan kredibilitas website utama dengan memberikan backlink secara spesifik dan bertahap. Biasanya pelaku SEO memiliki lebih dari 10-20 blog pendukung.

Optimasi SEO Off Page memainkan peran yang sangat penting karena mesin pencari akan melihat bahwa situs web utama Anda berkualitas tinggi dan populer, terlihat dari jumlah link building dari situs web lain yang masuk ke situs web utama.

SEO Teknis

SEO Teknis adalah langkah awal dalam menerapkan SEO. Pada tahap ini, SEO yang di lakukan tidak fokus pada konten website, tetapi pada cara mengatur situs agar lebih mudah di kenali oleh mesin pencari saat melakukan crawling.

SEO teknis hanya perlu dilakukan sekali sebelum Anda mulai optimasi kepada situs web Anda. Bagian terpenting dari SEO teknis adalah memastikan pengaturan crawling situs web diaktifkan dan berfungsi dengan baik.

Penerapan optimasi SEO google sangat penting bagi para pebisnis yang melakukan digital marketing ataupun untuk para blogger. Namun, sebelum menerapkannya Anda perlu mempelajari dengan cermat cara kerja SEO untuk mendapatkan manfaat yang lebih lagi.

Baca Juga