fbpx

Manfaat dan Cara Kerja DHCP Server dalam Membangun Jaringan

Cara hingga mampu mendistribusikan alamat IP secara otomatis masih menjadi pertanyaan bagi sebagian pihak. 

Padahal cara kerja server ini cukup sederhana hingga dapat memberi dampak positif bagi praktisi . Untuk memahami cara kerja server ini, berikut penjelasan selengkapnya. 

Definisi dan Manfaat DHCP Server

Cara Kerja DHCP Server

Dynamic Host Configuration Protocol atau server adalah jenis server yang dapat mendistribusikan nomor secara otomatis kepada para pengguna.

Penggunaan DHCP server saat ini telah menjadi inovasi baru dengan memberikan banyak manfaat dalam dunia internet. Berikut ini sejumlah manfaat DHCP server dalam bidang telekomunikasi:

1. Mengatur dan Membagikan Alamat IP Secara Otomatis

Manfaat DHCP ini paling menguntungkan bagi para admin karena mampu mengelola dan mendistribusikan alamat ke banyak klien secara otomatis. 

2. Pembaruan IP Address Otomatis

Anad sebagai admin dapat memperbarui IP address yang telah habis masa sewanya secara otomatis tanpa perlu melakukan konfigurasi kembali. 

Selain itu, bagi nomor IP yang telah off sebelumnya, Anda bisa pakai kembali IP address tersebut. 

3. Mencegah Error Akibat Kesamaan Nomor IP 

DHCP server dapat mencegah pada jaringan komputer klien karena kesamaan nomor IP kecil kemungkinan tidak akan terjadi. Server ini telah mencoret dan menandai nomor IP yang telah dipakai pada DHCP pool.

Baca Juga :  Plugin Instagram WordPress yang Bisa Kamu Gunakan dengan Gratis

Konfigurasi Server Dynamic Host Configuration Protocol 

konfigurasi DHCP Server

Sebelum membahas cara kerja, Anda perlu melakukan konfigurasi DHCP server terlebih dahulu. Berikut penjelasan singkatnya:

  1. Atur IP Address Static dengan menggunakan ethernet menuju ke komputer klien. Beberapa yang bisa Anda pakai seperti DVD 9 atau repository software.
  2. Instal DHCP server dengan perintah apto-get install isc-dhcp-server. Kemudian, tekan “Y” untuk memulai instalasi. Restart seluruh jaringan DHCP di komputer Anda.
  3. Lakukan verifikasi IP address yang Anda buat dan juga cek alamat IP apakah  sudah sama terhadap seluruh komputer dalam jaringan.
  4. Untuk memastikan DHCP telah berjalan, jalankan perintah instruksi IPConfig di CMD.

Cara Kerja DHCP Server

manfaat DHCP server

Cara kerja server ini berlangsung secara otomatis ketika Anda menyalakan komputer. Terdapat empat proses kerja mulai dari pengenalan hingga pemberian alamat IP yang disingkat dengan DORA. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai proses cara kerja DHCP server:

1. DHCP Discover

Proses pertama adalah tahapan penemuan/pengenalan. Ketika komputer klien terhubung dengan jaringan internet maka DHCP server mulai bekerja. 

Komputer klien kemudian mengirimkan pesan DHCPDISCOVER ke subnet jaringan dengan alamat tujuan 255.2555.2555.2555 berupa permintaan alamat IP.

2. DHCP Offer

Server kemudian akan merespons permintaan klien dengan membuat penawaran dengan mengirimkan pesan balasan DHCPOFFER ke komputer klien.

Apa saja isi pesan balasan yang DHCP server kirimkan? Terdapat informasi berupa ID client, alamat IP penawaran, subnet mask, durasi penggunaan, dan alamat IP DHCP server.

3. DHCP Request

Setelah menerima pesan balasan, klien akan mempertimbangkan dan menyetujui isi penawaran yang server kirimkan dengan pesan balasan berupa DHCPREQUEST.

Klien akan meminta server untuk meminjamkan salah satu alamat IP yang available

Baca Juga :  7 Alasan Mengapa Blog Penting Untuk Bisnis

4. DHCP Acknowledge

Server akan segera merespons permintaan klien dengan mengirimkan pesan DHCPACK. Dalam pesan tersebut, terdapat paket berisi IP address, durasi sewa (masa kedaluwarsa), dan informasi konfigurasi lain yang akan klien butuhkan.

Proses konfigurasi alamat IP telah selesai. Server segera mencoret dan menandai nomor IP yang baru dikirimkan. Kini komputer klien telah bisa menggunakan jaringan dan juga bertukar data antarklien.   

Itulah penjelasan mengenai cara kerja DHCP server dalam membangun jaringan klien. Di DewaBiz terdapat menarik untuk pembelian server terbaru bulan ini. Segera dapatkan promo menarik tersebut hari ini!