fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Cara Hemat Data Internet di Komputer

Wiliam

Melakukan  browsing di PC atau komputer dinilai oleh banyak orang sangat boros. Namun, beberapa orang masih memilih untuk berselancar di dunia internet melalui perangkat satu ini karena lebih fleksibel. Meskipun paket internet yang ada sekarang tergolong murah, tentu anda masih mencari bagaimana cara hemat data internet di komputer bukan?

Ada beberapa penyebab mengapa kuota internet di komputer cepat  habis. Pertama, seringnya mendownload atau browsing bukanlah hal utama penyebab habisnya data internet Melainkan kecolongan oleh program Windows atau aplikasi yang terpasang.

Beberapa pengguna tidak menyadari jika banyak program sistem yang secara otomatis melakukan update, dan itu sangat berpengaruh terhadap kuota internet. Belum lagi oleh Windows servis, serta program lain yang diinstal dan ini banyak tidak disadari oleh pengguna komputer.

Beberapa cara yang bisa Anda tempuh guna melakukan penghematan data internet agar tidak terlalu boros:

1. Manfaatkan Aplikasi Destroy Windows Spying

Destroy windows Spying  sendiri merupakan software gratis yang bisa Anda gunakan guna menghemat data internet. Pun cara kerja dari sistem ini yakni mencegah Windows update, serta mengaktifkan aplikasi Metro di Windows 8 ke atas. online, bisa menjaga server Windows mengakses data internet Anda sehingga hemat kuota bisa dilakukan.

Kabar baiknya  lagi, melalui aplikasi satu ini Anda tidak perlu melakukan pengaturan manual. Cukup biarkan software destroy windows Spying kerja secara otomatis menghemat data internet Anda.

Aplikasi ini bisa digunakan gratis serta tersedia pada versi Windows 7 hingga 10. Ukuran aplikasinya pun tergolong kecil ya nih 500kb. Dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, bahkan pemula sekalipun bisa mengoperasikannya dengan praktis. Jika telah mendapatkan akses admin, maka anda sudah bisa merasakan manfaatnya.

Langkah  untuk menggunakan yakni dengan mendownload aplikasi Destroy Windows Spying, jika berhasil terpasang silahkan klik kanan lalu pilih “Run as Administrator”. Udah terbuka, silahkan klik “Destroy Windows Spying”.

2. Cek Aplikasi Windows yang Terhubung Internet

Cara hemat data internet di komputer selanjutnya yakni dengan rutin mengecek aplikasi windows yang terhubung ke internet. Banyak diantara kita yang menyepelekan hal tersebut dan akhirnya rugi sendiri karena kuotanya cepat habis. Tanpa disadari, ada banyak sekali aplikasi atau program yang terhubung dengan internet. Apa penyebab nya dipicu oleh aktivitas anda melalui program yang diinstal.

Meski pada kenyataannya, sebagian program secara nyata terhubung internet seperti browser, download manager, program chatting, namun sadarkah anda jika ada beberapa program yang tidak disadari justru mengambil data internet lebih besar?

Hanya mengetahui aplikasi atau program apa saja yang ada di laptop atau komputer sangat berpengaruh terhadap Ketahanan kuota internet Anda. Jika Windows yang terhubung terang terangan di internet mengambil kuota yang lumayan, itu sebenarnya wajar saja karena penggunaannya jelas. Yang jadi pertanyaan itu, aplikasi atau program yang tidak kita gunakan namun menyedot data internet.

3. Aktifkan Fitur Metered Connection

Cara selamat kuota selanjutnya dengan memanfaatkan fitur metered connection. Anda yang belum tahu tentang komponen satu ini, hampir semua perangkat komputer memiliki nya. Anda hanya perlu melakukan cara mudah mengaktifkannya dengan mengeklik icon WiFi > pilih koneksi yang digunakan > properties > lalu menghidupkan fitur metered connection.

Anda pengguna Windows 10 dan 11 bisa menggunakan fitur tersebut dan penggunaan kuota internet bisa lebih hemat dari biasanya.

4. Gunakan Browser Hemat Kuota

Jika cara di atas belum juga berhasil atau tidak efektif menurut anda, solusi lain yang bisa digunakan adalah menggunakan browser hemat kuota. Pentingnya memilih browser dengan penggunaan kuota rendah adalah salah satu langkah sederhana agar pemakaian tidak membengkak.

On browser yang dimaksud seperti mozilla, opera mini, dan Yandex. Meskipun ada beberapa browser lain tingkat penggunaan kuota yang rendah  bisa Anda gunakan.

5. Jangan Sinkronkan Secara Otomatis di Google Drive

Lanjutnya alternatif yang bisa ditempuh adalah menonaktifkan sinkronisasi otomatis di Google drive. Beberapa pengguna menyepelekan bekap atau proses kopi data dari perangkat ke penyimpanan berbasis cloud. Proses ini cukup memakan internet yang banyak,  sehingga diperlukan kebijaksanaan anda untuk mengatur kapan waktu terbaik melakukan backup data.

Yang menguras kuota, backup data otomatis ke Google drive juga bisa habiskan banyak penyimpanan yang disediakan komputer. Jika menonaktifkan sinkronisasi otomatis, sudah pasti anda menghemat kedua poin tersebut.

6. Manfaatkan Ad Block

Kehadiran iklan di setiap website tentu  menghabiskan pula kuota internet. Anda bisa mengaktifkan fitur ad block, lebih hemat kuota. Selain itu, Anda bisa terhindar dari iklan yang mengganggu di setiap searching browser.

Untuk anda yang menggunakan sambungan internet dari smartphone, sebaiknya batasi penggunaan kuota. Setiap ponsel memiliki pengaturan ini dan anda bisa mencobanya agar lebih hemat. 

Biasanya, setiap mengaktifkan hotspot pribadi ada pengaturan yang memungkinkan Anda untuk memantau jumlah data yang dipakai oleh perangkat lain. Anda bisa mah membatasi nya mulai dari 1 GB dan seterusnya.

7. Manfaatkan Extension Data Saver

Langkah terakhir yang bisa ditempuh yakni menggunakan extension data server. Fitur ini tersedia untuk Anda yang menggunakan Chrome. Cara penghematan melalui langkah ini amat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun.

Cara sangat mudah, cukup masuk aplikasi Chrome lalu lakukan beberapa pengaturan yang tersedia pada browser tersebut.

Nah itulah beberapa cara menghemat kuota internet di komputer Yang simple dan anti ribet pastinya. Kini Anda bisa melakukan aktifitas searching di komputer tanpa harus takut kuota cepat habis.

Baca Juga