fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

14 Cara Foto Produk Untuk Hasil Terbaik

Yanti puspita

Bagi Anda yang menjalankan bisnis toko online, Anda perlu mempelajari cara foto produk untuk hasil terbaik dan benar untuk menghasilkan foto produk yang dapat membuat orang tertarik untuk membeli apa yang Anda tawarkan.

Dalam hal ini Anda juga tidak bisa asal mengambil foto, lalu mengunggahnya di website toko online dan akun media sosial toko online Anda. Namun, Anda harus memeriksa dengan seksama semua foto yang ada. hal ini karena foto produk itulah yang nantinya akan menjadi wajah utama dari produk Anda.

Nah, jika Anda belum menguasai seni fotografi dan cara foto produk yang baik, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengambil foto sebuah produk yang akan di pasarkan.

Rekomendasi 14 Cara Foto Produk Untuk Hasil Terbaik

Salah satu cara untuk mempromosikan suatu produk adalah dengan membuat foto produk yang menarik. Selain untuk meningkatkan minat pembelian, foto produk bisa menjadi ciri khas bisnis Anda. Hal ini bisa Anda lihat di toko online, saat Anda mencari sebuah produk, pasti akan ada banyak gambar yang terlihat sama persis.

Ini karena banyak pemilik toko online tersebut yang tidak memperhatikan cara foto produk yang baik dan benar. Banyak juga foto produk yang mengabaikan estetika sehingga kelihatannya kurang menarik dan akhirnya kalah saing dengan brand lain.

Jika Anda tidak ingin terjadi pada Anda, Yuk! simak cara foto produk berikut untuk membuat foto produk yang menarik dan menggaet lebih banyak pembeli.

1.      Kamera yang Berkualitas

Cara foto produk untuk hasil terbaik yang pertama adalah mencoba menggunakan kamera berkualitas seperti DSLR atau mirrorless yang bagus. Namun, apabila dana yang Anda miliki terbatas, Anda juga bisa menggunakan kamera handphone.

2.      Sumber Cahaya yang Bagus

Rahasia utama dalam cara foto produk yang bagus adalah pencahayaan. Sumber cahaya sangat mempengaruhi hasil foto.

Cahaya yang terlalu terang atau terlalu gelap akan mengaburkan warna dan detail produk. Anda bisa menggunakan sumber cahaya dari sinar matahari atau lampu. Namun, pastikan cahayanya tidak terlalu terang karena dapat menghasilkan foto dengan kontras yang kuat dan highlight yang sangat terang.

3.      Latar Belakang Putih

Hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam fotografi produk adalah penggunaan background foto satu warna. Sebagai gantinya, gunakan warna putih, karena merupakan warna yang netral dan tidak mengganggu. Produk akan menjadi fokus utama. Foto Anda juga akan lebih mudah untuk diedit nantinya.

4.      Gunakan Model

Jika memungkinkan, cara foto produk  yang selanjutnya adalah dengan menggunakan juga model untuk mendemonstrasikan produk. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan model ini untuk produk seperti pakaian. Ini akan memberi pembeli gambaran yang jelas tentang bagaimana produk itu akan terlihat.

5.      Sudut Pengambilan Gambar

Sudut pengambilan foto atau sudut pengambilan gambar mempengaruhi tampilan produk di mata calon pembeli. Tentu saja, Anda harus menggunakan sudut yang tepat untuk setiap produk yang berbeda. Selain itu, jika perlu, Anda dapat mengambil beberapa foto dari berbagai sudut untuk menampilkan tampilan detail produk dari berbagai sudut.

6.      Tripod untuk Hasil yang Konsisten

Untuk cara foto produk yang maksimal, gunakan tripod saat mengambil foto produk. Dengan tripod, proses foto Anda akan lebih mudah karena lensanya paling bagus untuk menangkap objek.

Bayangkan jika Anda hanya memegang kamera dengan tangan Anda, jika Anda mengambil banyak foto, Anda pasti sangat lelah. Membeli tripod sebagai alat fotografi juga bisa menjadi investasi bisnis karena Anda pasti akan sering membutuhkannya.

7.      Menggunakan Teknik Kanan-Kiri-Belakang (KKB)

Teknik kanan-kiri-belakang atau biasa dikenal dengan teknik KKB merupakan salah satu kunci untuk membuat foto produk terlihat instagramable dan menarik. Anda tinggal memfoto produk dengan opsi jarak posisi seperti di bawah ini:

  • 3cm dari kanan
  • 9cm dari kiri
  • 12 cm dari belakang

Jarak ini masih bisa berubah tergantung kondisi lapangan. Selain itu sesuaikan juga jarak pemotretan sesuai dengan ketajaman cahaya yang Anda dapatkan.

8.      Coba Gaya Berbeda

Tidak ada salahnya mencoba mengambil foto produk dengan gaya yang berbeda seperti menggunakan aksesori dan latar belakang berbeda yang sesuai dengan ide produk. Namun, jangan biarkan aksesori dan latar belakang mengalihkan perhatian dari produk yang ingin Anda tunjukkan.

Juga jangan gunakan properti foto yang tidak relevan atau tidak menambah nilai produk. Selain itu, pastikan foto produk tidak memiliki bayangan yang mengganggu. Jadi cobalah untuk membuat produk Anda menjadi pusat perhatian, dengan komposisi atau pencahayaan yang cerdas.

9.      Jelajah Banyak Lokasi

Pemilihan lokasi untuk foto produk juga penting diperhatikan. Jika produk yang ingin Anda jual memiliki warna yang sesuai dengan alam, pilihlah pantai, hutan, atau taman sebagai latar belakang. Selain itu, fotografi produk rumahan bisa di ambil dari barang-barang rumah tangga, atau apapun yang ada di lingkungan rumah.

10.  Buat Efek Bokeh

Masih berkaitan dengan background, cara foto produk yang selanjutnya adalajh dengan menggunakan aperture besar untuk menciptakan efek bokeh, sehingga hasil foto produk sangat detail. Cara lainnya adalah dengan menggunakan lensa makro atau macro setting, terutama untuk memotret benda-benda kecil seperti perhiasan.

11.  Teknik Flat Lay

Teknik fotografi ini juga tidak kalah populer dan banyak di gunakan untuk fotografi produk. Tentunya teknik ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki produk berukuran kecil.

Selain mudah dan cepat dibuat, teknik ini sangat menarik karena mendorong segala kreatifitas Anda untuk membangun identitas visual toko online Anda. Salah satu aspek terpenting dalam melakukan fotografi produk dengan teknik flat lay adalah bagaimana Anda menata produk agar terlihat lebih menarik di toko online dan aksesoris apa yang bisa digunakan untuk membuat foto produk.

12.  Gunakan Psikologi Warna

Cara foto produk selanjutnya dengan melakukan pemilihan warna pendukung untuk foto produk sebaiknya disesuaikan dengan alasan psikologi warna itu sendiri. Contohnya jika Anda ingin menunjukkan kemewahan, maka Anda bisa menggunakan emas atau perak dalam foto produk Anda.

Sedangkan untuk menunjukkan suasana yang menyenangkan, Anda bisa menggunakan warna-warna cerah dalam foto produk Anda.

13.  Mencoba Tren

Di zaman sekarang ini, media sosial sudah tidak asing lagi bagi pengguna internet. Salah satunya adalah TikTok, aplikasi yang digunakan untuk merekam, mengedit, dan mengunggah video.

Di TikTok sendiri terdapat beberapa hashtag dan juga topik populer tentang #ProductPhotography dimana banyak pengusaha atau fotografer katalog produk berbagi tips, trik dan ide yang bisa Anda  lakukan di rumah!

14.  Edit Foto Agar Terlihat Lebih Menarik

Setelah foto produk jadi, Anda akan memasuki tahap pasca produksi, yaitu proses pengeditan foto. Meskipun Anda dapat mengambil foto yang bagus, proses pengeditan ini tetap penting.

Dengan demikian, Anda dapat mengoreksi warna, menghilangkan objek yang tidak diinginkan, dan menyesuaikan pencahayaan. Tujuannya adalah agar setiap foto konsisten dalam kualitas, eksposur, dan posisi.

Jadi, sudahkah Anda menerapkan semua cara foto produk di atas? Jika belum, coba aplikasikan lah pada foto produk di website toko online Anda agar lebih menarik pembeli dan memberikan Anda lebih banyak keuntungan finansial.

Baca Juga