fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Cara Daftar TikTok Affiliate, Peluang Bisnis Menjanjikan

Wiliam

Saat ini, media sosial memang telah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Sebab, kini telah menghadirkan beragam jenis aplikasi yang bisa diakses dengan mudah seperti TikTok. 

Platform ini tidak hanya untuk mengekspresikan diri, namun bisa juga dijadikan alat pemasaran dengan adanya fitur Affiliate. Lantas, bagaimanakah cara daftar TikTok Affiliate, peluang bisnis menjanjikan? 

TikTok Affiliate memang telah menjadi program penghubung antara kreator dengan penjual sehingga dapat menguntungkan kedua pihak. Cara kerjanya pun terbilang cukup sederhana, karena kreator hanya perlu membuat konten pemasaran yang menarik. 

Kemudian, akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian produk melalui tautan yang ditawarkan. Jika tertarik menjadi TikTok Affiliate dan mendapatkan pundi-pundi rupiah, simaklah ulasan berikut ini. 

TikTok Affiliate Itu Apa?

TikTok Affiliate merupakan program aplikasi berbasis kinerja yang menghasilkan uang tambahan untuk konten kreator dengan cara mempromosikan sebuah produk. Untuk sistem kerjanya dimulai dari seorang kreator membuat video atau melakukan live streaming pada aplikasi tersebut. Lalu mencantumkan link di konten video yang dibuat. 

Kemudian, apabila terdapat pengguna yang mengklik tautan pada video tersebut serta melakukan transaksi pembeli melalui link yang dibagikan. Tentu saja, kreator tersebut akan mendapatkan komisi atau keuntungan berupa uang dari program tersebut. 

Jika pada saat mengakses TikTok dan menemukan tombol keranjang kuning pada video yang sedang disetel. Maka, hal tersebut termasuk salah satu ikon program affiliate yang dijalankan kreator. 

Syarat Mendaftar TikTok Affiliate 

Sebelum meraup keuntungan dari platform TikTok, maka hal yang sangat penting untuk diketahui pengguna adalah persyaratan sebelum mendaftar di program tersebut. Pada dasarnya ada tiga syarat yang mesti dipenuhi pengguna. 

Apabila salah satu tidak terpenuhi, maka kemungkinan besar belum bisa bergabung dengan program affiliate. Adapun syaratnya, sebagai berikut: 

  1. Buat Akun TikTok Shop 

Syarat pertama yang mesti dipenuhi pengguna jika ingin bergabung pada program affiliate adalah buat akun TikTok Shop. Seperti yang diketahui TikTok Shop termasuk salah satu platform yang disediakan TikTok untuk berjualan.

 Maka, sebelum menjalankannya penjual mesti membuat akun terlebih dahulu. Setelah memiliki akun, pengguna bisa memanfaatkan akun tersebut untuk mendaftar pada program affiliate. 

  1. Memiliki Rekening yang Valid

Selain membuat akun TikTok Shop, penggunya juga mesti memiliki rekening yang Valid apabila ingin bergabung pada program affiliate. Mengingat, program affiliate berhubungan dengan proses penjualan dan pembelian sebuah produk. 

Maka, memiliki diharuskan memiliki rekening yang valid agar proses transaksi komisi yang didapatkan bisa berjalan lancar dan aman. Pastikan memilih nomor rekening yang telah terdaftar. 

  1. Syarat Tambahan

Syarat ini memang tidak begitu penting bagi program affiliate, namun terkadang sebagian pemilik dan perusahaan mempertimbangkan jumlah follower akun kreator. Tentu saja, karena jika kreator memiliki banyak follower maka potensi pasar yang bisa didapatkan juga semakin besar.

 Oleh karena itu, sebelum bekerja sama dengan sebuah bisnis, sebaiknya mengetahui ketentuan followers untuk mendaftar program affiliate. 

Cara Mendaftar TikTok Affiliate

Setelah mengetahui beberapa persyaratan dari program affiliate, maka langkah selanjutnya adalah mendaftar ke program tersebut. Adapun panduan mendaftarnya sebagai berikut: 

  1. Sebagai Creator

Jika ingin bergabung pada TikTok Affiliate sebagai creator, maka langkah-langkah mendaftarnya sebagai berikut: 

  • Pertama, melakukan pendaftaran di TikTok Shop terlebih dahulu dengan memasukkan akun TikTok yang dimiliki. 
  • Setelah itu, masuk ke menu pengaturan lalu privasi akun dan pastikan muncul menu TikTok Shop pada kolom monetisasi. 
  • Silahkan klik menu di sisi kanan atas layar dan pilih creator tools. 
  • Kemudian, silahkan klik pilih menu TikTok Shop. 
  • Jika sudah selesai, silahkan tambahkan produk yang ingin dimasukkan ke dalam toko yang dimiliki dengan mengklik menu tambahkan produk afiliasi. 
  • Lalu, pilih produk yang akan dipromosikan atau tautkan link dari es-commerce. Kemudian layar akan menampilkan beberapa komisi yang akan didapatkan ketika memilih produk tersebut. 
  • Selanjutnya berikan tanda centang syarat dan ketentuan yang berlaku dan tekan tombol apply. 
  1. Sebagai Seller

Seperti yang diketahui TikTok Affiliate tidak hanya bisa mendaftar sebagai creator saja. Namun bisa juga mendaftar sebagai seller. Lantas, bagaimanakah cara mendaftar TikTok Affiliate sebagai seller? Simaklah langkah-langkahnya berikut ini: 

  • Pertama, silahkan masuk ke situs resmi seller-id.TikTok.com. 
  • Setelah itu, pilih Sign Up With TikTok Account dengan memasukkan akun TikTok yang dimiliki. 
  • Kemudian, klik login lalu masuk ke website TikTok Shop Affiliate.
  • Selanjutnya, silahkan klik menu program dan pilih program toko. 
  • Jika halaman sudah muncul, silahkan tekan tombol create atau buat, 
  • Lalu pilih jenis komisi dan tentukan persentase komisi yang akan didapatkan. Lalu tekan tombol kirim. Maka, pengguna mendapatkan kesempatan untuk menjalankan TikTok affiliate pada toko miliknya. 
  • Untuk berhenti pada program affiliate yang sedang dijalankan, langsung saja tekan tombol hentikan program. 
  • Pengguna juga dapat mengelola TikTok miliknya melalui menu TikTok Shop seller center di platform. 

Cara Menambahkan Produk Afiliasi

Setelah pemilik bergabung pada program affiliate dan telah memiliki akun resmi. Maka tahap selanjutnya adalah menambahkan produk afiliasi. Adapun langkah-langkah menambahkan produk pada program tersebut sebagai berikut: 

  • Pertama login ke platform TikTok.
  • Lalu masuk ke menu profil dan silahkan buka bagian Shop pada bagian konten. 
  • Setelah itu klik menu E-commerce creator center. 
  • Kemudian klik opsi I Agree jika tampil ketentuan layanan. 
  • Selanjutnya klik tombol Commissions dan pilih Add products apabila pengguna baru. 
  • Silahkan masukkan nama pada kotak yang telah disediakan dan klik tombol submit. 
  • Jika sudah selesai, klik verify dan pilih Add Affiliate products. Silahkan pilih produk yang sesuai. 
  • Terakhir, tunggu hingga persetujuan disetujui penjual. 

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai apa itu TikTok Affiliate hingga bagaimana cara mendaftar TikTok Affiliate. Mendapatkan penghasilan tambahan melalui platform ini memang terbilang cukup unik untuk dicoba. Sebab, pengguna hanya perlu menyematkan link produk yang dipromosikan. 

Baca Juga