fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Cara Cek Resolve DNS Domain Tanpa Ribet Ngoding

Muhammad Rizqy

Setelah transaksi pembayaran domain dari jasa hosting, apakah prosesnya sudah selesai? Tentu tidak. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan resolve DNS. Nah, artikel ini akan memberi Anda informasi bagaimana cara cek resolve DNS Domain.

Namun, sebelum membahas cara cek resolve DNS domain, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai resolve domain. 

Apa Itu Resolve Domain?

Resolve domain merupakan tahap lanjutan untuk mengetahui apakah IP server dari domain Anda sudah terbaca oleh internet atau belum. Umumnya, proses resolve domain ini akan terjadi 24-48 jam setelah proses pembelian domain.

Apakah resolve domain hanya terjadi sekali setelah pembelian domain? Sayangnya tidak. Proses ini akan terjadi lagi ketika terdapat pembaruan pada DNS, saat Anda menambah sub domain, dan masih banyak lagi.

Karena prosesnya otomatis, sebenarnya Anda tidak perlu mencemaskan hal ini. Akan tetapi, Anda tetap perlu melakukan pengecekan apakah sudah mengalami proses resolve domain atau belum.

Mengapa harus melakukan pengecekan resolve domain?

Apabila domain website Anda belum terdaftar di Internet karena belum melalui proses resolve domain, maka jangan harap website Anda akan tampil di halaman pencarian. 

Tentu ini sangat merugikan. Apalagi jika Anda sedang mengejar keramaian lalu lintas di website. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tahu bagaimana cara cek DNS dari sekarang.

Bagaimana Cara Mengecek DNS Server yang Sudah Dibuat?

Mengingat proses pengecekan ini sangatlah penting, tentu Anda harus tahu bagaimana cara untuk melakukan resolve domain. Berikut adalah cara cek IP dan DNS menggunakan WHOIS tools.

Cara check DNS IP ini akan cocok untuk Anda yang masih pemula di dunia domain dan hosting. Berikut langkah-langkah resolve domain dengan tools WHOIS.

  1. Kunjungi laman https://www.whatsmydns.net/ 
  2. Masukkan domain di kolom yang tersedia dan Klik tombol Mencari
  1. Tunggu proses selesai

Dalam tools ini, Anda bisa mengetahui apakah domain Anda aktif di berbagai negara. cirinya terdapat pada tanda centang hijau jika website Anda aman dan akan tampil di search engine atau silang merah jika website Anda tidak tampil di wilayah tersebut.

Misalnya seperti pengecekan pada domain dewabiz.com, terlihat bahwa domain ini sudah aktif hampir di seluruh negara. Artinya, domain Dewabiz sudah terresolve

Jika Anda melakukan pengecekan tetapi tools ini tidak menampilkan data, bisa jadi domain untuk website tersebut belum resolve

Bagaimana solusinya? 

Anda bisa langsung menghubungi penyedia layanan hosting domain yang sebelumnya Anda beli, lalu beritahu hal ini. Nantinya, pihak domain hosting tersebut akan membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Kendala yang Mungkin Terjadi dalam Pengecekan Resolve Domain

Dalam melakukan resolve domain, bisa saja Anda akan mengalami permasalahan ketika melakukan pengecekan, seperti misalnya:

  1. Keterangan Domain tidak Terdaftar dan tidak Tersedia

Jika Anda mendapatkan hasil seperti ini, sebaiknya Anda memastikan kembali apakah Anda memasukkan domain yang tepat. Untuk lebih yakin, Anda bisa melakukan copy paste URL dan memasukkannya di kolom pencarian. 

Selain karena hal ini, bisa saja tools yang Anda gunakan menampilkan data lama, karena domain tersebut baru saja Anda miliki dan memang belum terresolve

  1. Tidak Muncul Value Nameserver

Ini bisa saja terjadi ketika Anda sedang memakai nama domain yang tidak biasa dan data base tools tempat Anda mengecek belum menyimpan domain tersebut. 

Anda bisa memastikan hal ini kepada penyedia layanan hosting tempat Anda membeli domain. Setelah mengetahui cara cek resolve DNS domain sebaiknya segera lakukan pengecekan secara berkala. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakah domain website sudah tersedia di search engine atau belum.

Baca Juga