fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikMedia SosialPengetahuanTechnology

Gampang! Ini 8 Cara Buat Google Bisnisku Tanpa Verifikasi

Yanti puspita

Cara buat google bisnisku tanpa verifikasi – Perlu kamu ketahui bahwa kemunculan Google Bisnisku bisa membawa peluang besar bagi pemilik bisnis untuk memperkenalkan bisnisnya kepada pasar yang lebih luas.

Namun perlu kamu ketahui bahwa membuat profil bisnis di Google tidaklah semudah yang dipikirkan. Google sendiri memiliki beberapa aturan yang dapat mempersulit kamu untuk menggunakan tools tersebut. Salah satunya adalah Google telah memverifikasi pengelolaan Google Bisnisku.

Dimana verifikasi hanya bisa di lakukan dengan menggunakan kode PIN atau kartu pos. Tapi untuk menghemat waktu, kamu bisa mengelola profil Google Bisnisku tanpa melalui verifikasi seperti pada umumnya. Bagaimana caranya ya? Yuk lihat ualsan lengkapnya di bawah ini.

8 Cara Buat Google Bisnisku Tanpa Verifikasi

Untuk melakukan cara buat google bisnisku tanpa verifikasi ini cukup sederhana. Ikuti langkah-langkah di bawah ini, agar akun kamu bisa memiliki akun Google Bisnisku tanpa proses verifikasi yang rumit.

1.      Buka Google Maps

Kamu perlu membuka aplikasi Google Maps sebagai cara buat google bisnisku tanpa verifikasi yang pertama. Gulir ke bawah navigasi dan carilah menu (“Kontribusi”) yang terletak di bagian bawah aplikasi.

2.      Pilih Tambahkan Tempat

Setelah itu kamu bisa memilih Tambahkan Tempat untuk menambahkan lokasi bisnis yang ingin kamu sertakan di peta Google.

3.      Isi Informasi Bisnis

Tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengisi informasi bisnis yang di butuhkan seperti nama tempat, alamat kantor, kategori bisnis, website, nomor telepon, foto sampul, jam buka dan lainnya.

4.      Tentukan Lokasi Tempat

Jika kamu sudah mengisi informasi bisnis, kini kamu perlu meentukan lokasi tempat usaha kamu berada. Untuk membuat lokasi bisnis kamu terlihat lebih akurat dan lebih mudah di temukan pelanggan di Internet, kamu harus mengaktifkan fitur lokasi GPS.

Setelah itu, geser atau ketuk titik lokasi yang sudah kamu tentukan. Kemudian klik tombol “OK” untuk mulai menambahkan tempat atau lokasi bisnismu. Namun kamu juga bisa menambahkannya secara manual dengan memasukkan alamat langsung ke form lokasi yang tersedia.

5.      Lakukan Konfirmasi

Setelah kamu melakukan semua itu, akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi apakah lokasi yang ingin di simpan sudah di tambahkan. Kamu bisa klik tombol lanjutkan pengiriman dan tunggu beberapa saat hingga muncul pesan “You earn points for help others!” muncul.

Pada tahap ini, profil bisnis kamu sudah berhasil di tambahkan dan dapat di temukan melalui pencarian di Google Maps. Hanya saja kamu tidak bisa mengeditnya.

6.      Lakukan Proses Claim

Langkah selanjutnya adalah proses claim nama bisnis yang kamu buat tadi dengan meminta kode verifikasi. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengontrol profil bisnis dan mengubah semua informasi bisnis kamu di Google Bisnisku.

7.      Coba Verifikasi Bisnis Melalui Google Search Console

Jika metode lain gagal, kamu bisa memverifikasi profil melalui Google Search Console. Namun saat kamu memilih cara ini berarti situs web dan bisnis kamu perlu di siapkan dan di verifikasi di Search Console terlebih dahulu.

Meskipun opsi ini tidak tersedia untuk semua bisnis, ada baiknya kamu mempertimbangkan cara ini. Untuk memverifikasi profil Google Bisnisku melalui Search Console, lakukan proses penyiapan Google Search Console dan verifikasi profil kamu terlebih dahulu di sana.

 Kemudian, pastikan kamu masuk ke Google Bisnisku menggunakan akun yang sama dengan yang kamu gunakan di Search Console. Setelah kamu sepenuhnya diverifikasi di Search Console, kamu akan melihat opsi “Verifikasi Instan” muncul di profil GMB kamu.

8.      Verifikasi Melalui Komunitas GMB melalui Twitter

Jika kamu sudah melakukan cara verifikasi di atas, namun masih tidak berhasil. Maka kamu bisa menjangkau Google atau Komunitas GMB melalui Twitter. Komunitas Google merupakan sumber yang paling membantu kamu karena berisi pertanyaan dan informasi tambahan tentang masalah kamu.

Manfaat Melakukan Verifikasi Google Bisnisku

Setelah mengetahui cara buat google bisnisku tanpa verifikasi yang telah di bahas di atas, kamu juga harus mengetahui apa saja manfaat dari verifikasi Google Bisnisku ini bagi bisnis kamu. Inilah beberapa manfaat yang akan kamu peroleh dari Google bisnisku.

Bisnis Mudah di Temukan

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan adalah bisnis kamu yang akan mudah di temukan oleh calon pelanggan. Ini karena Google Maps sendiri akan mempromosikan lokasi bisnis kamu secara global.

Dengan begitu, calon pelanggan akan lebih mudah menemukan bisnis yang kamu daftarkan di Google Bisnis ku melalui berbagai informasi yang ada di Google. Dari alamat tersebut, pelanggan dapat langsung menuju ke tempat usaha yang kamu miliki menggunakan Google Maps.

Kamu harus tahu bahwa setidaknya lebih dari satu miliar orang di dunia telah menggunakan Google Maps. Selain itu kebanyakan orang mengakses Google Maps dengan frekuensi yang cukup tinggi setiap harinya.

Mendapatkan Ulasan dari Pelanggan

Selain mendapatkan promosi langsung dari Google Maps, kamu juga bisa mendapatkan review langsung dari pelanggan yang telah melakukan transaksi atau membeli produk yang kamu tawarkan di bisnis mu. Melalui ulasan yang kamu terima dari pelanggan ini, kamu bisa meningkatkan kredibilitas bisnis.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan hanya dengan membalas review tersebut. Semakin banyak ulasan yang kamu kumpulkan, maka akan semakin banyak kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu.

Menambahkan Pengunjung

Manfaat melakukan verifikasi Google Bisnisku selanjutnya adalah untuk meningkatkan pengunjung. Banyaknya fitur yang ada di Google Bisnisku ini pasti akan membantu kamu menampilkan lokasi bisnis dalam radius tertentu dengan kata kunci yang telah di tentukan sebelumnya.

Hal ini tentunya juga akan memudahkan pengunjung untuk menemukan lokasi usaha yang kamu kelola. Kamu bisa meningkatkan jumlah pengunjung toko sekaligus membangun brand bisnis mu dengan mendaftar Google Bisnis ini.

Mengatur Jam Kerja secara Online

Kehadiran Google Bisnisku dapat membantu kamu dalam mengatur jam buka bisnis online. Dengan fitur yang ada, kamu bisa mengatur waktu libur atau kapan toko tutup.

Ini semua tentunya akan lebih memudahkan pelanggan bisnis mu. Dengan demikian kamu juga bisa membantu pelanggan menemukan informasi mendetail tentang lokasi bisnis.

Memberikan Informasi

Di zaman yang semakin canggih ini, banyak pelanggan yang melakukan riset secara online sebelum datang ke tempat usaha. Dengan menggunakan Google Bisnisku, kamu bisa memberikan informasi mendetail tentang bisnis kamu kepada pelanggan.

Jika informasi yang di berikan sudah detail, maka pelanggan tidak akan ragu untuk datang ke tempat usaha kamu.

Itulah dia cara buat google bisnisku tanpa verifikasi yang bisa kamu lakukan saat baru saja mendaftarkan bisnis mu di Google Bisnisku. Sangat mudah, bukan? Setelah profil bisnis kamu berhasil di verifikasi, sekarang kamu bisa menerapkan strategi pemasaran organik kamu dengan Google dan menjadikan bisnismu menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca Juga