fbpx

Bizzie Wajib Tahu, Inilah Perbedaan Landing Page dan Website

Landing page adalah salah satu istilah yang sudah lama muncul di dunia digital . Tapi, sampai dengan sekarang masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum bisa mengerti tentang perbedaan landing page dan website.

Ketika dilihat dengan kasat mata, untuk landing page dan website ini sama-sama dibutuhkan ketika berada di dunia bisnis. Perlu bizzie ketahui untuk landing page merupakan versi lebih sederhana dari sebuah website.

Maka dari itu upaya kalangan masyarakat tidak bingung dengan perbedaan landing page dan website, untuk kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas. Bagi bizzie yang penasaran mengenai perbedaan landing page dan website bisa simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Landing Page dan Website Berdasarkan Pengertian

Sebelum mengetahui lebih banyak mengenai perbedaan landing page dan website, lebih baik dilihat dari segi terlebih dahulu. Landing page merupakan halaman khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan digital.

Sedangkan untuk pengertian website adalah tempat yang berisikan beberapa halaman dengan memuat berbagai jenis informasi. Untuk bizzie yang ingin mengakses website membutuhkan .

Landing page secara khusus hanya memberikan informasi yang berhubungan dengan promosi sebuah produk sedang dijual saja.  Selain itu, landing page juga mempunyai desain yang baik dari sisi copywriting supaya bisa menarik minat audiens.

Sedangkan untuk website secara umum fungsinya untuk melakukan kegiatan branding atau promosi saja. Ada satu contoh dari perbedaan landing page dan website pada segi pengertian.

Misalnya, landing page tentang harbolnas. Sebuah website toko yang menjual pakaian akan membuat satu landing dengan berisikan semua informasi mengenai diskon produk.

Pada landing page tersebut juga tersedia tombol, ketika di klik akan langsung mengarah ke etalase toko online tersebut. Selain itu, untuk informasi landing page ini juga bisa berbeda-beda dan tergantung dari website kebutuhannya.

Perbedaan Tujuan Pada Landing Page dan Website

Perbedaan landing page dan website selanjutnya ada di bagian tujuan. Ketika dilihat dari segi tujuan untuk landing page dan website ini mempunyai perbedaan yang sangat jelas.

Baca Juga :  Syarat Domain ID untuk Berbagai Keperluan

Keduanya memang mempunyai satu tujuan yaitu ke arah promosi dan menaikkan traffic website. Akan tetapi, untuk tujuan dari landing page lebih spesifik. Sedangkan untuk website mempunyai tujuan secara lebih umum.

Website kini dijadikan alat yang mewakili sebuah perusahaan atau bisnis secara garis besar dan keseluruhan. Sebagai berikut landing page berdasarkan dengan jenisnya:

●  Lead Generation Landing Page

Para pengunjung di landing page kali ini akan diminta untuk memasukkan data pada formulir digital. Informasi data diri yang dibutuhkan mulai dari nama, , nomor handphone dan masih banyak lainnya.

Selain itu, para pengunjung juga akan diminta untuk memasukkan data supaya bisa mendaftar event atau mendapatkan promo terbatas. Semua data yang dimasukkan ini akan dipergunakan untuk membantu perkembangan bisnis dan meningkatkan .

●  Click Through Landing Page

Jenis landing page kali ini mempunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada pengunjung tentang layanan atau beberapa produk tertentu. Selain itu, tujuan dari jenis kali ini adalah supaya terjadi kegiatan transaksi penjualan secara langsung dengan hanya mengklik call to action.

Perbedaan landing page dan website ini juga sangat berbeda disaat akan memberikan informasi event. Dengan memberikan informasi yang dilakukan melalui landing page dan website ini sama-sama untuk mendorong pengunjung melakukan pembelian produk.

Perbedaan Ciri-Ciri Landing Page dan Website

Pada segi ciri-ciri, bizzie akan diberikan kemudahan untuk memahami perbedaan landing page dan website. Untuk perbedaan landing page dan website dari segi ciri-ciri adalah:

●  Target Audiens

Meski website dan landing page berada di dalam satu bagian yang sama, akan tetapi untuk masalah target audiens berbeda-beda. Untuk target audiens pada landing page ini biasanya lebih spesifik kepada pengunjung yang tertarik dengan informasi tersebut. Sedangkan untuk target audiens pada website merupakan semua pengunjung yang mempunyai potensial menjadi seorang .

●  Konten

Pada website mempunyai halaman, navigasi dan lebih banyak menu yang bisa dipilih. Selain itu, di dalam website bizzie juga bisa menemukan menu beberapa menu yang memudahkan para pengunjung.

Untuk beberapa menu yang tersedia pada website adalah about us, etalase toko online, , home dan masih banyak lainnya. Konten yang ada landing page ini hanya mempunyai satu titik fokus saja.

Satu titik fokus pada landing page ini adalah menawarkan satu informasi saja. Selain itu, dengan adanya landing page ini juga memberikan ajakan kepada para pengunjung dengan tujuan tertentu.

Ada satu contoh pada perbedaan landing page dan website kali ini. Contohnya pada diskon 50% di saat harbolnas. Maka untuk kata-kata diskon tersebut hanya cocok digunakan pada landing page saja.

Baca Juga :  5 Cara Menulis Artikel SEO yang Berkualitas

Sedangkan untuk di website kata-kata diskon 50% ini bisa diberikan pada menu supaya lebih mudah dilihat oleh para pengunjung. Meski terlihat sepele, akan tetapi untuk masalah kata-kata promosi ini sangat penting.

●  Desain

Perbedaan landing page dan website juga paling terlihat pada segi desain. Landing page mempunyai desain yang lebih simpel dan mudah dipahami oleh kalangan pengunjung. Sedangkan, untuk desain yang ada di website lebih terlihat kompleks karena mempunyai banyak informasi mengenai dunia bisnis.

Perbedaan Manfaat Landing Page dan Website

Supaya lebih jelas lagi tentang perbedaan landing page dan website, maka akan dilanjutkan pada segi manfaat. Untuk perbedaan landing page dan website dalam segi manfaat adalah:

●  Manfaat Website Sebagai Alat Untuk Memperkenalkan Bisnis

Website kini menjadi salah satu media yang membantu sebuah atau perusahaan untuk memperkenalkan secara luas produknya. Sampai dengan saat ini website juga digunakan oleh kalangan masyarakat atau pengunjung sekedar untuk mencari informasi saja. Maka dari itu, dengan melakukan pemasaran dengan menggunakan website dirasa paling efektif untuk digunakan.

●  Manfaat Website Sebagai Media Branding dan Promosi

Branding dan promosi mempunyai satu tujuan yaitu untuk mengembangkan bisnis dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Selain itu untuk tujuan kali ini bisa lebih mudah untuk dicapai ketika menggunakan website, karena mudah diakses kapan saja.

●  Manfaat Landing Page Untuk Mengajak Para Pengunjung Melakukan Aksi

Landing page juga mempunyai tujuan yang lebih fokus supaya tepat sasaran. Selain itu, dengan menggunakan landing page ini bisa melakukan aksi. Untuk aksi kali ini bisa berupa pengumpulan data, mengajak pengunjung dan juga mengambil kesempatan voucher.

●  Manfaat Landing Page Sebagai Media Promosi yang Paling Efektif dan Efisien

Landing page merupakan salah satu media promosi di dalam sebuah website yang paling efektif dan juga efisien. Apalagi untuk para pebisnis pemula sangat membutuhkan landing page untuk melakukan menawarkan dan memberikan informasi promo.

Paling terpentingnya lagi, di saat menggunakan landing page ini lebih fleksibel dan bisa diubah tanpa membizzieng waktu dan tempat. Selain itu, untuk masalah perubahan landing page ini juga bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan promosi produk tersebut

Nah, itulah penjelasan secara lengkap mengenai perbedaan landing page dan website. Semoga dengan penjelasan di atas tidak ada lagi kalangan masyarakat yang paham dengan perbedaan landing page dan website.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.