fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Belajar Membuat Custom Post Type di WordPress

Yodik Prastya

Apakah Anda bosan dengan post type standar di WordPress? Ingin memperluas kemampuan situs Anda dengan menambahkan jenis postingan yang disesuaikan? Jangan khawatir, karena di artikel ini, kami akan membahas cara membuat custom post type di WordPress!

Dengan custom post type, Anda dapat membuat jenis postingan yang unik dan relevan dengan bisnis atau proyek Anda, seperti portofolio, testimoni pelanggan, atau bahkan menu makanan.

Dengan panduan langkah demi langkah dan beberapa contoh kasus penggunaan, Anda akan belajar cara membuat custom post type yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, mulai pelajari sekarang!

Apa Itu Custom Post Type?

Custom post type adalah fitur yang sangat berguna di WordPress karena memungkinkan pengguna untuk membuat jenis postingan yang disesuaikan dan terpisah dari jenis postingan standar seperti postingan, halaman, atau galeri media.

Cara Membuat Custom Post Type di WordPress

Kami akan membahas cara membuat custom post type di WordPress dengan langkah-langkah yang mudah diikuti dan beberapa contoh penggunaan untuk memperluas kemampuan situs Anda. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tambahnkan Kode di Functions.php

Langkah pertama dalam membuat custom post type adalah menambahkan kode di functions.php theme atau plugin. Sebelum melakukan ini, pastikan untuk membuat backup situs Anda terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

2. Tambahkan Kode untuk Membuatnya

Tambahkan kode di bawah ini untuk membuat custom post type:

function create_post_type() {

  register_post_type( ‘nama_post_type’,

    array(

      ‘labels’ => array(

        ‘name’ => __( ‘Nama Post Type’ ),

        ‘singular_name’ => __( ‘Nama Post Type’ )

      ),

      ‘public’ => true,

      ‘has_archive’ => true,

    )

  );

}

add_action( ‘init’, ‘create_post_type’ );

Pastikan untuk mengganti nama_custom_post_type dan 'Nama Custom Post Type' dengan nama yang ingin Anda gunakan untuk custom post type baru dan nama yang ingin ditampilkan di situs Anda.

2. Simpan File  Function.php

Setelah Anda menambahkan kode ini, simpan file functions.php dan refresh halaman situs Anda. Anda sekarang harus dapat melihat jenis postingan baru yang disebut dengan nama yang Anda tentukan di sidebar WordPress.

Namun, jika Anda ingin menambahkan lebih banyak fitur ke jenis postingan yang baru dibuat, seperti thumbnail, kategori, atau tag, maka perlu menambahkan beberapa parameter di dalam array.

3. Atur Parameter Custom Post Type

Anda dapat menambahkan parameter tambahan untuk custom post type sesuai dengan kebutuhan situs Anda. Beberapa parameter yang umum digunakan adalah:

  • rewrite: untuk menentukan URL slug untuk custom post type.
  • supports: untuk menambahkan fitur yang ingin Anda tambahkan ke custom post type, seperti thumbnail, editor, atau komentar.
  • taxonomies: untuk menambahkan jenis taxonomi seperti kategori atau tag.

Berikut adalah contoh kode yang menambahkan parameter tambahan:

function create_post_type() {

  register_post_type( ‘nama_post_type’,

    array(

      ‘labels’ => array(

        ‘name’ => __( ‘Nama Post Type’ ),

        ‘singular_name’ => __( ‘Nama Post Type’ )

      ),

      ‘public’ => true,

      ‘has_archive’ => true,

      ‘rewrite’ => array(‘slug’ => ‘nama_slug’),

      ‘supports’ => array( ‘title’, ‘editor’, ‘thumbnail’, ‘excerpt’, ‘comments’, ‘custom-fields’ ),

      ‘taxonomies’ => array( ‘category’, ‘post_tag’ ),

    )

  );

}

add_action( ‘init’, ‘create_post_type’ );

Pastikan untuk mengganti nama_slug dengan slug URL khusus yang ingin Anda gunakan untuk custom post type baru.

  • Simpan file functions.php Setelah selesai menambahkan kode dan parameter yang diperlukan, simpan file functions.php dan refresh halaman situs Anda.
  • Buat postingan baru pada custom post type Setelah custom post type berhasil dibuat, Anda dapat membuat postingan baru pada jenis postingan baru ini dengan cara yang sama seperti postingan standar di WordPress.
  • Anda dapat melihat jenis postingan baru ini di menu dashboard WordPress Anda dan dapat mengedit atau menghapusnya seperti halnya postingan standar.

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat custom post type di WordPress dan memperluas kemampuan situs Anda untuk sesuai dengan kebutuhan bisnis atau proyek Anda.

Baca Juga