fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Beginilah Cara Melihat Sandi yang Tersimpan di Google dengan Cepat

Wiliam

Google Chrome mempunyai fitur pengelolaan kata sandi yang salah satu keunggulannya adalah memungkinkan pengguna, untuk masuk ke layanan tertentu secara otomatis setelah nama pengguna dan kata sandinya tersimpan. Tak jarang karena saking seringnya orang-orang masuk ke layanan itu secara otomatis, pengguna atau mungkin termasuk Bizzie jadi lupa password layanan tersebut.

Hal ini boleh jadi akan berdampak pada kesulitan untuk masuk ke layanan itu di luar perangkat atau Chrome yang sering Bizzie pakai. Untuk dapat mengatasi masalah ini, Bizzie dapat menggunakan  yang akan diuraikan pada artikel kali ini. Simak rangkumannya di bawah ini.

Cara Melihat Sandi yang Tersimpan di Google

1. Menggunakan URL password google

Untuk bisa mengetahui cara melihat sandi yang tersimpan di google yang tersimpan melalui url passwords.google.com, silakan Bizzie ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Kunjungi halaman melalui link https://passwords.google.com/. Selanjutnya akan muncul beberapa daftar akun dan sandi yang telah tersimpan.
  • Agar Bizzie dapat melihat sandinya, Bizzie klik pada salah satu akun. Lalu Bizzie akan diminta memasukkan password akun Gmail.
  • Setelah Bizzie memasukkan password, silahkan klik ikon Pratinjau.
  • Bizzie juga dapat menyalin password tersebut dengan klik tombol copy.
  • Apabila Bizzie menggunakan frasa sandi untuk sinkronisasi, kata sandi tidak akan dapat tersimpan oleh Google. Bizzie dapat menggunakan cara melihat sandi yang tersimpan di google yang kedua berikut ini.

2. Menggunakan Google Chrome

Selain tersimpan pada akun Google, umumnya sandi juga akan tersimpan di browser Chrome ketika Bizzie klik tombol simpan ketika login ke akun tertentu. Lantas, cara melihat sandi yang tersimpan di google adalah sebagai berikut:

1. Di Komputer

  • Buka google chrome di perangkat komputer Bizzie.
  • Klik foto profil user Chrome yang Bizzie gunakan, lalu pilih ikon Kunci.

Selain itu, Bizzie juga bisa membuka menu password melalui menu Settings > Passwords atau bisa juga dengan mengakses url ini chrome://settings/passwords.

  • Untuk menampilkan password akun yang tersimpan, silahkan Bizzie klik ikon Show Password.
  • Bizzie akan diminta memasukkan PIN atau password komputer.
  • Silakan Bizzie masukkan kemudian sandi akun akan langsung tampil.

2. Di Android

  • Buka google Chrome di Android Bizzie.
  • Masuk ke Setelan > pilih Sandi.
  • Akan tampil  daftar akun yang tersimpan sandinya. Agar dapat mengetahui sandi tersebut, silahkan Bizzie coba klik pada salah satu akun.
  • Kemudian klik juga pada ikon Show Password.
  • Verifikasi identitas dengan memasukkan sandi Android Bizzie.
  • Selesai, kini sandi sudah ditampilkan.

Cara Menyimpan Sandi di Google Chrome

Biasanya beberapa pengguna belum mengetahui cara menyimpan kata password di Google Chrome. Padahal secara tak sengaja, sebenarnya Bizzie juga mungkin sudah pernah melakukannya. Berikut adalah caranya:

1. Cara Menyimpan Password di Google Chrome PC

Cara ini bisa Bizzie gunakan untuk OS Windows, macOS, Linux, dan ChromeOS (semuanya sama). Caranya sangat sederhana, kok. Jadi, setiap kali Bizzie memasukkan password baru di situs tertentu, Chrome secara otomatis akan memintamu menyimpan kata sandi tersebut. Bizzie hanya perlu klik tombol “Save” untuk dapat menyimpan kata sandi tersebut.

2. Cara Menyimpan Password di Google Chrome Lewat Android dan iOS

Cara menyimpan kata sandi di Google Chrome lewat Android dan iOS sebenarnya tidak jauh berbeda. Bizzie hanya perlu klik ikon menu Chrome, kemudian klik “Password Manager > Password Manager > Tawarkan Penyimpanan Sandi.“

Cara Melihat Kata Sandi yang tersimpan di Google Tanpa Chrome di Laptop

Bizzie yang tidak mempunyai Google Chrome di laptop, Bizzie tetap bisa mencoba cara melihat kata sandi Google sendiri di laptop, lho! Pasalnya, beberapa browser seperti Mozilla Firefox juga bisa menyimpan password Google. Apabila ingin mencobanya, berikut adalah cara melihat sandi yang tersimpan di google di Mozilla Firefox.

1. Buka Browser Mozilla Firefox

Langkah pertama yang harus Bizzie lakukan yaitu sama dengan menggunakan chrome. Hanya saja, Bizzie perlu membuka browser Mozilla Firefox di laptop atau PC.

2. Pilih Application Menu

Selanjutnya, Bizzie klik titik tiga yang terletak di pojok kanan layar Mozilla Firefox. Tanda ini juga kerap disebut sebagai Application Menu.

3. Klik Login dan Password

Setelah berhasil terbuka, silahkan Bizzie pilih logins and yang posisinya berada di bawah pilihan library. Menu ini akan membawa Bizzie menuju layar yang menunjukan daftar password website tersimpan.

4. Masukan Kata Google di Kolom Pencarian

Agar lebih memudahkan prosesnya, Bizzie ketik kata Google di kolom pencarian yang ada di layar. Pada tahapan ini, Bizzie akan ditunjukkan beberapa akun Google yang sudah pernah diakses. Berikutnya, pilih akun Google yang ingin Bizzie tetapi lupa kata sandi.

5. Pilih Ikon Mata

cara melihat sandi yang tersimpan di google di Mozilla Firefox adalah dengan memilih tanda mata yang ada di sisi kanan kota password. Apabila Bizzie takut lupa kembali, blok kata sandi, kemudian simpan di note ponsel atau laptop Bizzie, ya.

Cara Membuat Password yang Aman di Google

Nah, sekarang Bizzie sudah berhasil mempraktekkan cara melihat sandi yang tersimpan di google,

Kini kita beralih pada pembahasan cara membuat password yang aman di google. Saat ini, email adalah salah satu identitas yang penting dan perlu dijaga kerahasiaannya. Karena hampir seluruh data pribadi telah terhubung dengan email yang didaftarkan. Nah, apabila tidak ingin email mudah diakses oleh orang tidak bertanggung jawab, sebaiknya Bizzie harus memilih kata sandi yang kuat. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengaktifkan double verification untuk email Bizzie tersebut. Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan info pemulihan ketika pertama kali mengakses Google.

Itulah beberapa cara melihat sandi yang tersimpan di google. Bizzie dapat menggunakan cara ini di saat ingin login pada perangkat lain tetapi lupa dengan password yang digunakan. Semoga bermanfaat, Bizzie!

Baca Juga