fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital MarketingBusiness

Begini Strategi Pemasaran Bisnis Online di Tiktok

Wiliam

Media promosi bisnis semakin beragam, serta lebih banyak pilihan dengan harga terjangkau. Salah satunya melalui sosial media, sudah Kanda mempromosikan bisnis di Tiktok? Platform ini belakangan sedang hype serta banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis dan menjadi salah satu strategi pemasaran online guna meningkatkan penjualan.

Sarkan data yang dihimpun, Tiktok memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia. Angka yang sangat fantastis bukan, itulah mengapa media sosial ini menjadi wadah untuk mempromosikan bisnis serta bisa meningkatkan penjualan guna meraup keuntungan.

Berbeda dengan Instagram ataupun Facebook, Tiktok punya algoritmanya sendiri sehingga membutuhkan strategi khusus agar jangkauan produk lebih luas. Itulah mengapa, sebelum mempromosikan bisnis atau layanan anda sebaiknya ketahui strategi pemasaran melalui Tiktok berikut ini:

1. Amati serta Pelajari Algoritma Tiktok

Pertama untuk promosi bisnis di platform Tiktok, anda terlebih dahulu harus mempelajari bagaimana algoritma dan cara kerja media sosial satu ini. Kesimpulannya, Tiktok merupakan platform yang fokusnya sebagai tempat berbagi konten video, dengan durasi 15 s hingga 60 s.

Video yang singkat, padat, dan jelas inilah banyak orang memilih Tiktok sebagai sarana untuk mencari inspirasi terkait produk fashion atau brand lainnya. Lebih sekarang sudah ada Tiktok shop yang mempermudah pengguna untuk melakukan pembelian.

Mulailah membuat video produk dan mengikuti yang sedang tren agar bisa menjangkau audiens lebih jauh.

2. Kenali Niche Anda

Agar semakin Terstruktur, penting sekali sebelum memulai berjualan di Tiktok adalah mengetahui ide konten atau niche apa Yang diterapkan pada video-video nantinya. Nggak usah anda bergelut dalam bidang kecantikan, buatlah konten yang relatable dengan bidang satu ini.

Dengan mengetahui niche video tiktok bisa mempermudah Anda menemukan ide konten nantinya. Atau memanfaatkan berbagai tools agar bisa menemukan tren kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan penonton terhadap produk atau layanan yang anda tawarkan.

Bisa pula dengan melakukan riset manual dengan mempertanyakan langsung kepada penonton apa yang menjadi kebutuhan mereka, lalu keluarkan solusi sehingga para penonton ini bisa membeli produk atau layanan anda.

3. Sematkan Hastag pada Video

Promosikan bisnis di plafon Tiktok selanjutnya yakni dengan menyematkan hastag di setiap konten video yang diupload. Apa ini sangat penting? Tentu saja, karena penggunaan hashtag bisa menjangkau audiens lebih detail. 

Saja beberapa brand ternama, mereka bahkan membuat hashtag unik tersendiri sehingga para penonton bisa mengingat brain mereka hanya dengan melihat hastag yang digunakan.

4. Memaksimalkan Tiktok Ads

Tak hanya Instagram dan Facebook saja yang memiliki fitur Ads, platform tiktok juga ada Dan ini harus Anda memaksimalkan agar penjualan terus meningkat. Ini merupakan fitur tambahan Tiktok yang memfasilitasi pemilik bisnis agar jangkauan Audiens lebih banyak dan sudah pasti iklan tersebut berbayar.

Sedikit berkorban akan lebih baik tapi mendapatkan hasil yang maksimal daripada terus mempertahankan hal percuma tanpa ada pengorbanan atau pengeluaran sedikit pun. 

Tiktok Ads Memiliki sistem kerja yang sama dengan Instagram ataupun Facebook Ads. Iklan berbayar ini akan ditampilkan pada Audiens yang memiliki minat sesuai dengan produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Sebelum itu, diperlukan penargetan minat serta perilaku dari konsumen.

Bagaimana cara menggunakan Tiktok Ads? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Tentukan tujuan bisnis atau layanan anda
  • Kan untuk mengetahui target audiens
  • Siapkan budget yang perlu dikeluarkan
  • Saatnya membuat konten iklan untuk menjangkau lebih banyak audience sesuai dengan minat bisnis Anda

5. Konsistensi 

Tips selanjutnya promosi di platform tiktok  adalah konsisten. Ini berlaku untuk semua sosial media karena algoritma setiap platform Sudah pasti mengedepankan akun yang konsisten mengupload konten. Rajin-rajin lah meningkatkan kesadaran merek dengan mempublikasikan beberapa video terkait produk atau layanan anda.

Mengupload konten dengan rutin serta mengikuti video yang lagi trend bisa membangun brand awareness Anda.

6. Jangan Malas Menanggapi Komentar Penonton

Tips sukses promosi bisnis di Tiktok selanjutnya dengan rajin menanggapi komentar pengguna, entah itu memberikan saran, membalas komentarnya, dan lain sebagainya langkah ini bisa meningkatkan keterlibatan akun Dan secara otomatis brain awareness anda pun semakin meningkat.

selanjutnya, jangan malas untuk melacak progres penjualan di Tiktok. Proses analisis ini bisa mengukur penerapan strategi yang diterapkan sejak awal apakah berjalan efektif atau tidak. Lakukan pemeriksaan setidaknya sebulan sekali dan lihatlah apakah tujuan penjualan sudah tercapai atau belum.

Jika dirasa jauh dari harapan, Mungkin anda bisa mengganti jenis konten atau pelajari kembali algoritma Tiktok agar video Anda bisa dijangkau lebih banyak pelanggan.

7. Gunakan Jasa Influencer 

Jika Anda termasuk pelaku usaha yang tidak memiliki waktu untuk membuat konten, sangat dianjurkan untuk berkolaborasi dengan para influencer atau konten kreator. Selain mereka lebih mengetahui algoritma Tiktok, konten yang dibuat pun lebih niat dan bisa menjangkau lebih banyak penonton.  

Bahkan, hampir 86% pemilik usaha menaruh percaya lebih kepada para influencer untuk mempromosikan produk serta layanan mereka. Namun pastikan memilih influencer yang linear dengan produk anda.

Misalnya produk Anda seputar kecantikan, akan lebih baik memilih para konten Kreator di bidang beauty untuk mempromosikan produk Anda

Demikianlah beberapa tips strategi bisnis di platform Tiktok yang bisa Anda terapkan. Saatnya menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan melalui media sosial Tiktok. Jangan lupa membuat konten video yang tetap mengedukasi tak hanya sekedar komersial, ya!

Baca Juga