fbpx

Lelang Domain - Temukan Domain Bagus Disini!

BusinessTips & Trik

Begini Cara Promosi Produk di WA, Tingkatkan Penjualan Sekarang Juga!

Wiliam

Hampir semua media sosial bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi, tak terkecuali aplikasi chatting paling populer yakni WhatsApp. Siapa sangka, jika aplikasi yang menurut beberapa orang ini tergolong privasi, kini menjadi salah satu media untuk mempromosikan produk dengan hasil yang cukup menjanjikan.

Untuk anda yang berminat mempromosikan produk atau layanan jasa di aplikasi chatting ini, simak informasi mengenai WhatsApp marketing di bawah ini Hingga habis, ya!

Sekilas tentang WhatsApp Marketing

WhatsApp marketing menjadi salah satu media mempromosikan produk atau jasa kepada pelanggan. Mempromosikan usaha melalui aplikasi chat satu ini tergolong mudah, karena anda tidak perlu lagi memasang iklan berbayar ataupun mencetak brosur dari sikan iklan produk Anda.

Fitur yang ada di WhatsApp semakin mendukung proses promosi karena mampu menyajikan informasi berupa gambar, video, maupun teks. Informasi produk apapun bisa dikemas lalu dibagikan melalui status WhatsApp.

Bagaimana Cara Menawarkan Produk atau Jasa Melalui WhatsApp?

Beberapa orang mungkin sudah menyadari bahwa WhatsApp cukup efektif menjadi media promosi. Berkat fitur yang ada di dalamnya, memudahkan pembeli dan penjual melakukan komunikasi secara intens sehingga terjadi pembelian.

Nah, untuk mendukung Anda lebih memahami cara promosi di WhatsApp berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan:

  1. Gunakan aplikasi WhatsApp Business 

Berbeda dengan WhatsApp biasanya, WhatsApp jenis bisnis Lebih mendukung untuk melakukan penjualan karena terdapat banyak fitur tambahan seperti katalog, kirim pesan otomatis, dan banyak lagi fitur menguntungkan lainnya.

Dengan fitur menarik dan membantu itu, anda bisa meningkatkan pengalaman interaksi dengan lebih intens kepada pelanggan. Interaksi secara personal ini juga menumbuhkan kepercayaan pelanggan kepada anda agar tak berpikir dua kali melakukan pembelian.

  1. Manfaatkan fitur katalog untuk menyajikan produk secara lebih profesional

Tips selanjutnya untuk memaksimalkan promosi jasa dan layanan anda di WhatsApp dengan Mengisi katalog pada fitur yang sudah disediakan. Buatlah produk anda terpampang rapi dan menarik saat dibaca oleh calon pembeli. Jika memungkinkan, buatlah secara profesional menggunakan jasa edit katalog produk Titi

jangan lupa sertakan informasi pendukung seperti harga produk, jenis, atau varian apabila produk tersebut lebih dari satu jenis nya.

Melengkapi deskripsi setiap produk membantu pelanggan dengan mudah menemukan kebutuhannya mempersingkat proses transaksi karena pelanggan tidak perlu lagi menanyakan detail produk.

  1. Posting produk anda di WhatsApp story

Setelah memaksimalkan katalog di WhatsApp, jangan ketinggalan juga untuk membuat berbagai store id dengan penawaran terbaik serta gambar yang profesional. Fitur story WhatsApp ini memungkinkan Anda mengirim video, foto, teks, hingga link toko online.

Penonton yang melihat story anda biasanya akan tertarik dengan audio visual yang dibuat profesional. Sertakan pula kalimat menarik dan tawarkan beberapa benefit jika melakukan transaksi dengan anda.

  1. Bagikan pesan promosi WhatsApp secara berkala

Agar menarik perhatian pembeli, terutama mereka yang sudah pernah order biasa anda sebaiknya rutin bagaikan pesan promosi WhatsApp marketing. Ini dilakukan agar para pelanggan repeat order.

Pesan promosi ini bisa dalam bentuk berat dengan penawaran produk ataupun promosi untuk pembelian kesekian kalinya. Kegiatan ini juga bertujuan membangun engagement  dengan pelanggan yang sudah merasakan produk atau jasa Anda.

Pilih waktu terbaik untuk mengirimkan pesan promosi ini, dan pastikan jangan di jam sibuk atau jam kerja. Hindari juga mengirim pesan setiap harinya, karena itu sangat mengganggu.

  1. Buat konten berkualitas dan menarik

Tips selanjutnya yang tak boleh dilupakan yakni membuat konten menarik juga berkualitas. Tak hanya sekedar promosi untuk meningkatkan penjualan semata, Anda juga harus memperhatikan isi dari konten yang dibuat. Pastikan tidak mengandung hal-hal yang melanggar apalagi menyinggung isu SARA.

Konten yang dibagikan melalui WhatsApp marketing ini juga harus berkualitas dan visualnya profesional. Karena kalau memposting video abal-abal, bagaimana pelanggan bisa percaya dengan bisnis anda?

Meski singkat, pastikan konten Anda tetap informatif serta hindari membahas sesuatu yang sensitif atau ambigu. Jangan lupa untuk selalu fast respon apabila ada pelanggan yang menanyakan, meski mereka belum tentu membeli.

  1. Manfaatkan customer support

Agar semakin profesional, sediakan customer support pada WA marketing bisnis Anda. Ini bertujuan agar pelanggan bisa direspon 24 jam, dan tak perlu menunggu jam kerja agar mendapatkan balasan.

WhatsApp sendiri sudah dilengkapi dengan fitur chat bot yang didalamnya bisa memberikan informasi paling dibutuhkan oleh calon pembeli. Respon yang cepat, konten berkualitas, produk dan layanan terpercaya sudah pasti akan membuat pelanggan repeat order.

  1. Maksimalkan brand Persona

Menciptakan dan personal memang tidak instan, diperlukan pengetahuan lebih dalam mengenai visi misi dari usaha anda. Kesimpulannya, anda mengetahui secara detail produk atau layanan yang ditawarkan maupun keseluruhan merek dari bisnis Anda.

Ketahui pula target pasar dan lakukan pendekatan seperti karakter mereka, demografi, Dan indikator lainnya yang mendukung promosi anda semakin tepat sasaran.

Brand persona semakin mendekatkan pembeli dan penjual karena masing masing sudah mengetahui karakteristik. Pelanggan juga lebih merasa dirangkul dan diketahui kebutuhannya apabila anda melakukan riset lebih mendalam terkait target pasar.

Dari sinilah akan timbul kenyamanan berinteraksi dengan Anda. Pelanggan pun tak merasa segan dan berpikir dua kali untuk melakukan pembelian produk maupun layanan yang sudah anda tawarkan melalui WhatsApp marketing. 

Jika Anda termasuk pemilik usaha yang belum memaksimalkan promosi melalui WhatsApp, kini saatnya memanfaatkan aplikasi chating ini untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga