fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Begini Cara Jadi Freelancer serta Rekomendasi Websitenya: Terbaru 2023!

Wiliam

Memiliki pekerjaan sampingan di sela pekerjaan utama bagi sebagian orang adalah anugrah. Selain bisa mengembangkan passion dan menyalurkan bakat, tentu pekerjaan sampingan ini mendatangkan pundi-pundi rupiah yang bisa menambah uang jajan.

Terlebih di era digital seperti sekarang, mencari usaha sampingan kian mudah karena bisa memanfaatkan teknologi. Salah satunya menjadi seorang freelancer di berbagai website atau platform penyedia jasa.

 Untuk anda yang kepikiran dengan profesi satu ini dan masih bingung untuk memulai dari mana, kali ini ada tips cara jadi freelancer serta rekomendasi websitenya. Yuk simak hingga tuntas informasi di bawah ini:

Cara Memulai Menjadi Seorang Freelancer

Banyak orang yang akhirnya memilih menjadi Freelance are karena jam kerja yang lebih fleksibel serta kebebasan mengatur sendiri pekerjaan. Namun, bagi pemula jika salah pilih website justru akan mendatangkan masalah.

Lalu bagaimana cara memulai yang baik dan benar? Yuk simak informasi selengkapnya:

1. Personal Branding itu penting

Sebelum mulai menawarkan jasa, penting sekali untuk anda mengenali apa keahlian yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen. Misalnya saja, Anda seorang yang ahli di bagian It, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan membangun brand.

Personal branding menjadi harga mati seorang freelancer, karena kesuksesan karirnya dimulai dari diri sendiri. Melalui personal branding yang tepat serta komunikasi dan konsisten akan membuat pelanggan tidak ragu untuk memakai jasa Anda.

2. Buat portofolio menarik

Pertimbangan pemberi kerja saat meng-hire freelancer itu kadang kala melihat portofolio mereka. Seberapa jauh dan seprofesional apa Anda dalam mengerjakan proyek atau pekerjaan sebelumnya. Portofolio sangat penting, entah itu untuk jasa fotografer, writer, web developer ataupun yang lainnya.

Portofolio ini sama halnya dan sudah termasuk personal branding karena membuktikan hasil pekerjaan Andah nyata yang terbukti. Buatlah Portofolio yang menarik menggunakan aplikasi tertentu agar klien percaya dengan layanan jasa Anda.

3. Tentukan tarif

Selanjutnya yang tak boleh ketinggalan saat ingin memulai menjadi seorang freelancer adalah menetapkan tarif. Bagi pemula, hal ini mungkin masih membingungkan karena anda belum tahu bagaimana menerapkan tarif yang sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Sedikit saran, mungkin bisa mencontoh tarif yang diberikan oleh freelancer dengan jasa serupa agar harga yang ditawarkan bersaing.

4. Promosikan diri

Masih berbicara soal personal branding, setelah menentukan tarif yang sesuai saatnya mempromosikan diri. Jangan takut tawarkan jasa anda kepada mereka yang membutuhkan, namun tetap perhatikan etika dan jangan terkesan memaksa.

Berikan penawaran terbaik sebisa Anda. Untuk awal karir, Mungkin anda bisa memasang diskon dan promosi lainnya sebagai langkah awal dan untuk menambah portofolio.

5. Saatnya Manajemen pekerjaan agar lebih terorganisir

Menjadi seorang freelancer berarti anda sudah memegang kendali penuh atas segala pekerjaan yang diberikan oleh klien. Mulai dari membuat jadwal, kapan pekerjaan akan disetor, hingga ketentuan revisi.

Penting sekali untuk manajemen pekerjaan dan klien agar tidak terjadi sesuatu di luar dugaan seperti salah satunya revisi di luar perjanjian awal. sederhananya, buatlah SOP atas pekerjaan Anda sendiri.

Rekomendasi Website Freelance Terpercaya

Masih bingung mencari situs Web freelance terpercaya? Sekarang ada banyak sekali yang bisa Anda coba dan mungkin beberapa situs di bawah ini bisa menjadi jalan Anda untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Berikut daftarnya:

1. 99Design

Untuk Anda yang memiliki keahlian di bidang design grafis, platform 99design sangat cocok untuk memulai karir freelance. Situs ini mengaplikasikan sistem kontes dan bisa mewadahi Anda untuk mendapatkan pekerjaan mendesain. Cara kerjanya, yakni akan dipilih karya terbaik dan diikutkan dalam sebuah proyek.

Jadi sebisa mungkin berikan karya terbaik Anda agar bisa diikutkan dalam konteks tertentu dan mendapatkan royalti dari sana.

2. Projects

Selanjutnya situs Projects yang sudah mewadahi ribuan freelance untuk mendapatkan pekerjaan Sampingan sesuai dengan bakat serta peminatnya. Mulai dari desain grafis, Web developer, hingga penulisan konten tersedia di sini. 

Cara kerja situs ini, para pencari jasa akan memberikan penawaran terkait pekerjaan yang dibutuhkan, kemudian para freelance harus memberikan penawaran terbaik dan nantinya akan dipilih siapa yang memenangkan proyek tersebut untuk dikerjakan.

3. Upwork

Rekomendasi berikutnya ada situs freelance Upwork yang disinyalir memiliki klien terbesar sejauh ini. Website ini banyak digunakan oleh pekerja lepas dengan berbagai macam keahlian. Fitur yang ada di dalamnya sangat memudahkan komunikasi antara pemberi kerja dan penerima kerja.

4. Freelancer Indonesia

Awalnya situs Freelancer  beroperasi di Australia, namun belakangan mulai dibuat versi Indonesia dan dinamakan Freelancer Indonesia. Sesuai dengan namanya, situs ini mewadahi para pekerja lepas mencari pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang ditawarkan.

Freelancer Indonesia dalam menghubungkan sekitar 24 juta lebih pekerja lepas dengan pencari jasa di hampir 245 negara. Adapun keahlian yang ada dalam situs ini meliputi desain grafis, translations, jurnalistik, IT, serta marketing dan banyak lagi lainnya.

5. Sribulancer

Rekomendasi terakhir dan yang paling populer di Indonesia yakni Sribulancer.  Website ini menyediakan banyak sekali jenis pekerjaan lepas mulai dari Web developer, pembuatan konten artikel, hingga marketing sosial media. Fitur yang disediakan sangat mudah diaplikasikan dan transaksi pembayaran terstruktur melalui bank.

Semua transaksi berjalan transparan jadi pekerja lepas bisa melihat keseluruhan proses hingga gaji dibayarkan.

Demikianlah beberapa informasi terkait cara menjadi freelance dan beberapa rekomendasi website penyedia jasa lepas ini. Anda bisa mencoba salah satu dari situs di atas atau bahkan membuat akun di beberapa platform agar kemungkinan di-hire klien lebih besar. Semoga bermanfaat!

Baca Juga