fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Begini 3 Cara Menampilkan Database di SQL Server

Wiliam

Cara menampilkan database di sql server tidak lain adalah dengan menggunakan Transact-SQL (T-SQL), yang mana termasuk bahasa yang digunakan untuk mengakses dan memanipulasi data dalam database. Kata kunci yang umum digunakan untuk cara menampilkan database di sql server adalah SELECT. SELECT digunakan untuk memilih data yang ingin Bizzie tampilkan dari tabel atau query yang sudah dibuat.

Lebih jauh cara menampilkan database di sql server, Bizzie harus membuat query. Query memungkinkan Bizzie untuk menentukan kriteria pencarian, juga untuk data yang ingin Bizzie lihat. Untuk membuat query, Bizzie dapat menggunakan Query Builder atau dapat menuliskan query secara manual.

Cara Menampilkan Database di SQL Server

Seperti yang disinggung sebelumnya, jika Bizzie telah membuat query, Bizzie dapat menjalankannya dengan cara memasukkan kata kunci SELECT, kemudian diikuti oleh kolom yang ingin Bizzie tampilkan. 

Jika Bizzie ingin menampilkan semua kolom, Bizzie dapat menggunakan kata kunci ‘*’. Bizzie juga dapat menggunakan klausa WHERE untuk menentukan kriteria pencarian tertentu. Selain itu, Bizzie juga dapat menggunakan Transact-SQL guna menampilkan data dalam format yang berbeda dengan menambahkan kata kunci ORDER BY.

Kata kunci ORDER BY memungkinkan Bizzie untuk mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu. Setelah itu, Bizzie dapat menampilkan hasil query menggunakan kata kunci EXECUTE atau EXEC. Kata kunci inilah yang akan menjalankan query dan menampilkan hasilnya. Bizzie juga dapat menggunakan kata kunci INTO untuk menyimpan hasil query ke dalam file atau database lain.

Dengan Bizzie menggunakan Transact-SQL, Bizzie dapat dengan mudah untuk menggunakan cara menampilkan database di sql server. Ini memungkinkan Bizzie untuk melihat data dengan lebih mudah dan efisien. Di samping itu, Bizzie juga dapat dengan mudah memanipulasi data untuk keperluan tertentu.

  1. Menggunakan Transact-SQL (T-SQL) untuk mengakses dan memanipulasi data dalam database.

Cara menampilkan database di sql server yang pertama adalah menggunakan T-SQL. Transact-SQL (T-SQL) merupakan bahasa yang dipakai untuk mengakses dan memanipulasi data dalam sebuah database Microsoft SQL Server. Adanya T-SQL menjadi sangat karena digunakan untuk mengakses, mengelola, dan cara menampilkan database di sql server pada SQL Server. Bahasa ini juga digunakan untuk membuat trigger, stored procedure, dan lain sebagainya.

Menggunakan T-SQL dalam cara cara menampilkan database di sql server cukup mudah. Pertama, Bizzie harus membuat koneksi ke database. Setelah berhasil terhubung, Bizzie dapat menggunakan perintah SELECT untuk menampilkan semua data dalam tabel.

Bizzie juga bisa menggunakan perintah SELECT untuk menampilkan hanya data tertentu, yang ditentukan dengan kondisi tertentu pula. Lebih jauh Bizzie dapat menggunakan perintah JOIN, guna menggabungkan data dari beberapa tabel dan menampilkannya sebagai satu.

Di samping menggunakan perintah SELECT, Bizzie juga dapat menggunakan perintah VIEW untuk cara menampilkan database di sql server. Sebuah view merupakan query yang tersimpan untuk menampilkan data dari tabel yang telah ditentukan. View bisa juga digunakan untuk membuat query yang lebih kompleks serta dapat digunakan berulang kali.

  1. Menggunakan kata kunci SELECT untuk memilih data yang ingin ditampilkan dari tabel atau query

Menggunakan kata kunci SELECT adalah cara menampilkan database di sql server yang umum digunakan banyak orang. Kata kunci SELECT bisa digunakan dengan berbagai macam sintaks SQL guna menentukan data yang ingin Bizzie tampilkan. Kata kunci SELECT berguna untuk menentukan kolom yang ingin ditampilkan dari tabel atau query. Bizzie dapat memilih kolom yang Bizzie inginkan dengan menggunakan sintaks yang berbeda.

Contohnya, jika Bizzie ingin memilih semua kolom dari tabel, Bizzie dapat menggunakan sintaks berikut:

SELECT * FROM nama_tabel

Atau, apabila Bizzie hanya ingin memilih beberapa kolom dari tabel, Bizzie dapat menggunakan sintaks berikut:

SELECT kolom1, kolom2, kolom3 FROM nama_tabel

Selain itu, Bizzie juga dapat menggunakan klausa WHERE untuk memfilter data yang akan ditampilkan. Bizzie bisa menggunakan klausa WHERE untuk menentukan kondisi yang harus dipenuhi supaya data ditampilkan. Misalnya, jika Bizzie ingin menampilkan data yang hanya memiliki kolom tertentu dengan nilai tertentu, Bizzie dapat menggunakan sintaks berikut:

SELECT kolom1, kolom2, kolom3 FROM nama_tabel WHERE kolom1 = nilai

Kata kunci SELECT juga berfungsi sebagai urutan data yang akan ditampilkan. Bizzie dapat menggunakan klausa ORDER BY untuk menentukan kolom yang akan digunakan untuk mengurutkan data. Contohnya, jika Bizzie ingin mengurutkan data berdasarkan kolom tertentu, Bizzie dapat menggunakan sintaks berikut:

SELECT kolom1, kolom2, kolom3 FROM nama_tabel ORDER BY kolom1

Jadi, jika Bizzie menggunakan kata kunci SELECT, Bizzie dapat memilih data yang ingin ditampilkan dari tabel atau query dengan menentukan kolom yang ingin Bizzie tampilkan, memfilter tampilan data dengan menggunakan klausa WHERE, serta mengurutkan data yang akan Bizzie tampilkan dengan menggunakan klausa ORDER BY.

  1. Menggunakan kata kunci ‘*’ untuk menampilkan semua kolom yang ada

Kata kunci ‘*’ merupakan kata kunci yang kerap digunakan untuk menampilkan semua kolom atau cara menampilkan database di sql server. Kata kunci ini juga dapat digunakan untuk menampilkan semua data dalam suatu tabel. Cara menampilkan database di sql server menggunakan kata kunci ‘*, Bizzie dapat menuliskan query sebagai berikut:

SELECT * FROM Nama_Tabel;

Dengan Bizzie Menuliskan query di atas, semua kolom yang ada dalam tabel dengan nama yang sudah Bizzie tentukan akan tampil di layar. Query di atas pada gilirannya akan menampilkan semua data yang ada dalam tabel tersebut, termasuk data yang terdapat di dalam kolom-kolomnya. Di samping itu, kata kunci ‘*’ sangat berguna untuk menampilkan data dari tabel.

Demikian 3 cara menampilkan database di sql server menggunakan Transact-SQL (T-SQL), menggunakan kata kunci SELECT, dan menggunakan kata kunci. Semoga bermanfaat.

Baca Juga