fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Bahaya Radiasi Hp Saat Tidur Bagi Kesehatan Manusia

Yanti puspita

Bahaya radiasi hp saat tidur – Tidak sedikit orang yang selalu melibatkan handphonenya dalam setiap aktivitas yang di lakukan. Mulai dari pagi hingga menjelang tidur, bahkan kebanyakan orang tidak bisa tidur tanpa handphone di dekatnya.

Tapi, apakah kamu yakin tidur di dekat handphone tidak berbahaya? Nyatanya kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan, lho. Bahaya radiasi hp saat tidur bisa terjadi karena pancaran layar yang menjadikan banyak hal berbahaya bisa terjadi.

Radiasi ini bisa mempengaruhi kesehatan kamu, salah satunya adalah memicu gangguan tidur. Tak hanya sesederhana itu, bahaya radiasi hp saat tidur juga bisa berakibat fatal. Yuk simak berbagai efek kesehatan dari tidur di dekat hp berikut ini.

Bahaya Radiasi Hp Saat Tidur Bagi Kesehatan

Tak sedikit orang yang kecanduan handphone hingga membawanya saat ingin tidur di akhir hari. Pasalnya, kecanduan handphone ini bisa membuat orang sulit lepas dari benda-benda canggih tersebut.

Di balik semua manfaat yng di bawa, handphone juga bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama jika kamu membawanya saat akan tidur. Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing bahaya radiasi hp saat tidur yang harus kamu waspadai.

Gangguan Tidur

Layar HP mengeluarkan cahaya biru (biru) yang mirip dengan cahaya di siang hari. Jika kamu membawa hp saat akan tidur maka bisa jadi tubuh salah mengira cahaya tersebut sebagai siang hari, sehingga tubuh akan mengurangi produksi hormon melatonin (hormon pengatur pola tidur).

Bahaya radiasi hp saat tidur ini pasti mengganggu ritme sirkadian (siklus tidur dan bangun) dan menyebabkan gangguan tidur, seperti halnya insomnia yang nantinya akan merugikan kamu sendiri.

Menyebabkan Gangguan Mata

Kebiasaan menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar handphone bisa menyebabkan computer vision syndrome. Dimana kondisi ini biasanya di tandai dengan gejala mata lelah, mata merah, pandangan kabur, mata kering, dan sakit kepala yang berlebihan.

Dengan membawa handphone ke tempat tidur akan cenderung membuat kamu mengotak-atik handphone tersebut hingga tertidur. Namun, tahukah kamu bahwa hal ini bisa menyebabkan degenerasi makula dan berakhir pada kebutaan? Mengerikan sekali, kan? Makanya mulai sekarang kurang-kurangi membawa handphone ke tempat tidur.

Penurunan Kualitas Tidur

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, cahaya biru (bluelight) yang terpancar dari layar handphone bisa menghambat produksi hormon melatonin sehingga membuat kamu lebih sulit tertidur di malam hari. Hal ini tentu akan mengakibatkan kamu kehilangan energi di pagi hari.

Selain itu, pancaran sinar biru ini juga bisa mencegah rapid phase of sleep (REM). Lebih gawatnya lagi pada fase REM, tubuh mengembalikan kestabilan emosi dan fungsi kognitif. Jadi jika fase ini terganggu, proses pemulihan tidak akan optimal.

Sakit Kepala dan Sakit Leher

Beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF (radio frequency) yang juga di pancarkan ponsel, bisa mengalami sakit kepala, pusing, mual, dan muntah saat bermain handphone secara berlebihan di malam hari.

Penggunaan handphone cenderung membuat kepala tetap pada satu posisi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini yang kemudian meningkatkan risiko kekakuan pada otot leher yang dapat berujung pada nyeri leher dan pada akhirnya menjalar ke punggung.

Peningkatan Risiko Kanker

Bahaya radiasi hp saat tidur yang selanjutnya adalah meningkatkan resiko kanker. Handphone menggunakan radiasi frekuensi radio untuk bekerja, yang jika radiasinya langsung mengenai tubuh dapat meningkatkan suhu tubuh yang di duga bisa menyebabkan kerusakan jaringan pada tubuh.

Namun, radiasi dari ponsel ini tidak memiliki energi yang cukup untuk merusak jaringan DNA di dalam tubuh. Namun akan lebih baik jika kamu menyimpan ponsel saat tidur untuk menghindari efek buruk lain nya.

Keguguran

Dalam sebuah penelitian di sebutkan bahwa paparan gelombang elektromagnetik seperti yang di pancarkan handphone ini bisa meningkatkan risiko keguguran bagi mereka yang sedang hamil.

Karena setiap organisme hidup memiliki sel yang di kelilingi medan elektromagnetik, dan beberapa organ seperti otak memiliki medan magnet tersendiri yang berperan penting dalam proses pembelahan dan diferensiasi sel yang sangat cepat pada janin.

Risiko Obesitas

Bahaya radiasi hp saat tidur yang selanjutnya ini ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Di katakan bahwa hormon yang mengatur nafsu makan, termasuk ghrelin dan leptin, menjadi tidak seimbang saat tubuh tidak cukup istirahat dan terganggu karena adanya radiasi hp.

Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan obesitas karena pada malam hari. Karena kebanyakan orang akan makan lebih banyak daripada saat siang hari.

Konsentrasi yang Terganggu

Konsentrasi sangat penting untuk melakukan aktivitas, bekerja dan belajar bagi kamu yang masih menjadi pelajar. Tanpa konsentrasi, semua pekerjaan akan berantakan, dan tentunya tidak akan selesai sesuai aturan. Terkadang konsentrasi terganggu akibat tidur malam yang tidak cukup.

Banyak survey yang membuktikan bahwa orang yang tidur di dekat handphone, seperti yang sudah di sebutkan di atas, akan mengalami insomnia atau susah tidur. Selain itu, handphone juga memancarkan radiasi elektromagnetik yang membuat aliran darah kamu tidak optimal. Jadi pagi harinya kamu cenderung akan merasa pusing dan tidak bisa fokus pada satu hal.

Peningkatan Risiko Kebakaran

Selain merugikan kesehatan, ternyata bahaya radiasi hp saat tidur terutama saat mengisi daya, bisa meningkatkan risiko kebakaran. Sekarang sudah banyak laporan kebakaran yang di sebabkan oleh pengisian daya ponsel saat tidur.

Mengisi daya atau menyimpan ponsel di bawah selimut, bantal, bisa enyebabkan suhu ponsel meningkat, yang berbahaya dan dapat menyebabkan ledakan yang tidak terduga.

Menghindari Bahaya Tidur Dekat Ponsel

Banyak orang beranggapan bahwa tidur di dekat ponsel adalah hal yang wajar, tanpa memikirkan efek negatifnya. Padahal sudah banyak bukti kasus yang terjadi akibat bahaya radiasi hp saat tidur. Jika kualitas tidur tidak terjaga, maka ini juga akan berdampak negatif bagi kehidupan kamu.

Lambat laun aktivitas sehari-hari akan terganggu, kamu mungkin akan merasa pusing, mual dan banyak lagi hal mengerikan lainnya. Berikut adalah beberapa langkah untuk mencegah bahaya radiasi hp saat tidur.

Jauhkan Ponsel dari Kamar Tidur

Saat akan tidur, biasakanlah untuk menjauhi gadget atau handphone agar tidak terus menerus di ganggu oleh segala hal lainnya. Sebelum tidur, kamu bisa menyimpan handphone mu di luar kamar tidur, mungkin di ruang tamu, meja, ruang pribadi, atau di tempat lainnya. Ini karena akan membantu kamu terhindar radiasi dari ponsel.

Gunakan Jam Beker Sebagai Alarm

Jika kamu tipe orang yang suka di bangunkan oleh alarm menggunakan ponsel, pertimbangkan untuk beralih ke jam beker untuk digunakan sebagai alarm. Jam beker ini sangat berguna untuk membantumu terbangun di pagi hari.

Mengingat bahaya radiasi hp saat tidur yang telah di bahas di atas, perlu di pahami bahwa teknologi tidak hanya berdampak positif namun juga memiliki banyak dampak negatif. Nah dengan mengetahui bahaya radiasi hp saat tidur sekarang kamu bisa lebih berhati-hati lagi, deh.

Baca Juga