fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEOPanduanPengetahuanSistem KeamananTechnologyWordpress

Ketahui Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Plugin

Yanti puspita

Bahaya menggunakan nulled theme dan plugin – Mungkin istilah nulled theme dan nulled plugin masih asing bagi Anda. Namun, istilah tersebut harus divketahui oleh pengguna WordPress, tema dan plugin bukan tidak divgunakan, tetapi untuk di hindari.

Kenapa harus menghindari nulled theme dan plugin? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya pahami dulu definisi keduanya.

Nulled theme adalah versi bajakan dari tema WordPress premium. Nulled plugin merupakan bajakan dari plugin WordPress premium alias berbayar. Tema dan plugin WordPress bajakan tersebar luas di internet dan Anda dapat menggunakannya secara gratis.

Mungkin Anda senang mendapatkan tema dan plugin bajakan WP secara gratis, namun ada berbagai konsekuensi yang harus Anda terima jika menggunakan tema dan plugin bajakan tersebut. Anda mungkin perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki efek samping yang di sebabkan oleh penggunaan Nulled theme dan plugin.

Apa Saja Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Plugin

Nulled theme dan plugin merupakan tema atau plugin premium (berbayar) yang sengaja di bajak dan di distribusikan secara massal dan gratis di Internet. Namun, tahukah Anda bahaya menggunakan nulled theme dan plugin ini? Kali ini, kita menjelaskan bahaya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannulled theme dan plugin ini.

Bahaya keamanan situs web

Tema dan plugin WordPress bajakan menimbulkan ancaman serius bagi keamanan situs web Anda. Alasan mengapa harus menghindari nulled theme dan nulled plugin karena adanya malware. Pembuat tema dan plugin bajakan dapat menyebarkan kode berbahaya di file yang berbeda untuk menyamarkan diri.

Sehingga sulit untuk di deteksi dan di perbaiki ketika situs web Anda diretas. Akibatnya, Anda dapat kehilangan data situs web penting. Parahnya lagi, website Anda bisa terhapus dari indeks Google, yang menyebabkan website Anda tidak muncul di hasil pencarian.

Privasi terancam

Bahaya menggunakan nulled theme dan plugin selanjutnya adalah tidak hanya menyebabkan peretas menyerang situs web Anda, Nulled them dan plugin juga berpotensi mencuri data privasi Anda. Nama pengguna, alamat email, dan kata sandi dapat dengan mudah di curi melalui kode berbahaya yang tersembunyi di file tema bajakan atau plugin.

Jika Anda menjalankan situs web toko online, data privasi pengguna Anda juga terancam. Parahnya lagi, pencurian data privasi ini sulit di deteksi karena website berjalan seperti biasa menggunakan tema atau plugin WordPress bajakan. Pengguna kini semakin sadar akan pentingnya privasi dan keamanan data. Apalagi setelah kasus penggunaan data privasi Facebook untuk tujuan politik di Amerika Serikat.

Mungkin menggunakan tema atau plugin WordPress awalnya tidak memerlukan biaya apa pun. Namun, jika data privasi seperti data pengguna telah di curi, biaya untuk membayar denda dan kompensasi menjadi lebih besar. Dan tentu saja, reputasi Anda buruk, bukan?

Efek buruk untuk SEO

SEO situs web Anda juga menjadi target dari nulled theme dan plugin ini. Tema dan plugin bajakan dapat merusak kualitas SEO Anda dengan mengarahkan pengunjung ke situs web jahat atau membanjiri situs web dengan tautan spam.

Sayangnya, aktivitas jahat ini sulit di deteksi oleh pemilik situs web karena tersembunyi dengan baik di file tema dan plugin bajakan. Namun, mesin pencari dapat dengan mudah mendeteksi spam tautan yang dapat mengakibatkan situs web Anda di hukum atau, lebih buruk lagi, de-indexing.

Tidak bisa di perbarui

Tema dan plugin WordPress selalu merilis versi terbaru dengan pembaruan untuk memperbaiki bug, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki masalah keamanan. Dan tentu saja, tema dan plugin WordPress bajakan tidak dapat di perbarui karena alasan yang jelas, yaitu perangkat lunak ilegal.

Hal ini akan menyebabkan situs web Anda terus menggunakan tema dan plugin versi lama yang mungkin bermasalah dan tidak aman. Di sisi lain, Anda harus selalu memperbarui WordPress ke versi terbaru.

Disinilah letak masalahnya. Seringkali plugin dan tema perlu diperbarui dengan pembaruan WordPress agar tetap kompatibel atau berfungsi. Tidak dapat memperbarui plugin dan tema dapat menyebabkan kesalahan muncul di situs web Anda.

Tidak dapat mengakses fitur baru

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, pembaruan plugin dan tema juga menyertakan fitur baru. Jika Anda menggunakan versi bajakan dari plugin atau tema, Anda tidak akan secara otomatis dapat menikmati fitur baru dari plugin atau tema tersebut.

Padahal fitur theme atau plugin baru dapat meningkatkan performa website secara signifikan, lagi-lagi kelemahannya terletak pada pengguna plugin dan theme WordPress bajakan.

Tidak bisa mendapatkan dukungan

Salah satu alasan untuk membeli plugin atau tema WordPress berbayar adalah untuk mendapatkan fitur pendukung. Sebagian besar plugin dan tema versi gratis tidak memberikan dukungan kepada penggunanya.

Berbeda dengan versi berbayar, pengembang menyediakan fitur dukungan untuk membantu pengguna premium memanfaatkan plugin atau tema sebaik mungkin.

Untuk pengguna nulled them dan nulled plugin, dapatkah mereka mengakses fitur dukungan? Tentu saja tidak. Mengapa pengembang membantu pengguna perangkat lunak bajakan mereka? Jika Anda ingin menggunakan plugin atau tema premium, cara terbaik adalah dengan membeli lisensi asli.

Apalagi bagi masyarakat biasa yang masih membutuhkan dukungan. Bahkan orang yang sudah lama menggunakan WordPress terkadang membutuhkan dukungan developer.

Bahaya spam

Pada poin ketiga yang telah disebutkan, tema yang nulled them dan nulled plugin berbahaya bagi SEO situs web. Salah satunya adalah karena memungkinkan tautan spam ke situs web Anda yang dapat menyebabkan Google dihukum atau di-de-index.

Jika Anda telah dihukum atau di-de-index, Anda hanya memiliki pilihan untuk memperbaikinya dalam waktu singkat atau membuat situs web baru.

Bajakan atau ilegal

Di awal artikel disebutkan bahwa nulled theme dan plugin adalah versi bajakan dari tema dan plugin WordPress premium. Artinya, jika Anda menggunakan nulled theme dan nulled plugin, berarti Anda menggunakan perangkat lunak ilegal.

Konsekuensi terberat jika Anda ketahuan menggunakan barang bajakan adalah membayar denda dan biaya kepada pengembang sebagai pemilik plugin atau tema legal. Denda dan biaya kompensasi jelas tidak murah, yang pasti lebih murah untuk membeli tema dan plug-in yang sah.

Tidak menghargai developer

Dengan menggunakan aset ilegal, otomatis Anda tidak menghargai kerja keras developer yang membuatnya. Para pengembang mencurahkan waktu, tenaga, uang, dan pikiran mereka untuk menghasilkan sebuah karya. Menggunakan versi bajakan mencuri pendapatan developer.

Developer tidak hanya menulis kode untuk menghasilkan plug-in, mereka juga perlu mempekerjakan staf pendukung, membangun situs web, dan banyak lagi untuk menjaga bisnis mereka tetap hidup. Dengan menggunakan nulled theme dan nulled plugin, Anda dapat mematikan aktivitas.

Abaikan tema gratis berkualitas

Terakhir, jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli tema atau plugin premium, Anda masih dapat menggunakan versi gratisnya. Anda juga dapat menggunakan tema atau plugin yang sepenuhnya gratis. Ada puluhan ribu tema dan plugin WordPress gratis yang bisa Anda gunakan.

Jangan korbankan situs Anda hanya untuk nulled theme dan plugin yang dapat membahayakan situs yang Anda jalankan.

Baca Juga