fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Bagaimana Melakukan Konfigurasi Dedicated Hosting Server?

Wiliam

Cara melakukan konfigurasi dedicated hosting server tentunya perlu dipahami oleh Bizzie yang bergerak di bidang IT atau seorang webmaster. Hosting akan berfungsi menjadi rumah di mana semua file baik itu data, video, aplikasi, maupun database lain simpan di dalamnya. Agar bisa diakses dan dikelola lewat internet juga memerlukan hosting sebagai tempatnya.

Saat Bizzie membuat website untuk pertama kali, mungkin ingin memilih layanan terbaik dan salah satunya adalah dedicated hosting. Memang, jenis ini menjadi salah satu yang sangat direkomendasikan terutama bagi yang memiliki website dengan trafik pengunjung besar. Pembahasan seputar jenis posting ini dan bagaimana melakukan konfigurasinya akan dijelaskan pada artikel ini. 

Bagaimana Cara Kerja Dedicated Hosting?

Pembahasan melakukan konfigurasi dedicated hosting server tentu tidak terlepas dari bagaimana cara kerjanya. Seperti yang sudah dijelaskan, layanan dedicated hosting akan memberikan performa lebih bagus serta kendali penuh bagi yang menggunakannya, karena server tidak dibagi ke orang lain.

Layanan dedicated ini dapat dianalogikan sebagai sebuah rumah. Setelah berhasil melakukan pembayaran, Bizzie dapat memakai layanan ini sebagai rumah dengan berbagai tujuan. Misalnya untuk menambahkan OS, Control Panel, serta melakukan optimasi situs maupun aplikasi sesuai keperluan. 

Keunggulan dan Manfaat Dedicated Hosting 

Dedicated hosting bisa menjadi pilihan yang tepat bagi situs maupun aplikasi bisnis yang punya traffic besar. Kemudian, seperti apa manfaat serta kelebihan dedicated hosting ini? Berikut ulasannya:

1. Memberikan Performa Optimal

Karena resource server menjadi milik Bizzie, maka tidak usah lagi khawatir tentang konektivitas, up time server, maupun kecepatan situs. Pasti karena layanan hosting yang Bizzie pakai menggunakan jaringan hbizziel dan dilengkapi backup link dan fasilitas bandwidth gratis. 

2. Kinerjanya Konsisten

Selain bisa menawarkan performa maksimum, dedicated hosting sudah memberikan konsistensi kinerja dan stabilitas server yang tidak dipengaruhi pengguna lainnya. Bizzie tidak usah khawatir situs mengalami gangguan atau crash. Hal tersebut umumnya terjadi saat memakai layangan berbagai atau shared. 

3. Memegang Kendali Penuh dan Bisa di Custom

Jenis hosting ini juga bersifat fleksibel dan Bizzie bisa menerapkan melakukan konfigurasi dedicated hosting server dengan mudah. Bizzie bebas memilih berapa jumlah CPU, memori, maupun storage yang diperlukan. Walaupun layanan ini biasanya dijual dalam bentuk paket, Bizzie tetap bisa melakukan penyesuaian yang sesuai kebutuhan situs atau aplikasi dari waktu-waktu/scalable

4. Keamanan dan Privasi

Dilihat dari segi keamanan, jadi kita hosting juga memberikan privasi serta keamanan lebih terjamin. Alasannya, server hanya dipakai oleh satu pengguna dan tidak dibagikan ke yang lain. Cara melakukan konfigurasi dedicated hosting server untuk privasi serta security juga bisa dibilang tidak terlalu sulit. 

Kekurangan Dedicated Hosting

Di samping punya kelebihan, dedicated hosting juga memiliki sejumlah kekurangan yang mungkin menjadi pertimbangan Bizzie. Berikut diantaranya: 

1. Harganya Lebih Mahal

Dedicated hosting memiliki layanan yang cenderung lebih tinggi dibandingkan jenis yang lain. Selain itu, semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan, maka yang dibayar juga semakin mahal. Berbeda dengan shared hosting yang akan memungkinkan Bizzie menyewa secara bersama-sama dengan pengguna lain.

2. Memerlukan Skill yang Lebih Advance

Kekurangan selanjutnya dari jenis hosting ini yaitu penggunanya harus paham bagaimana kinerja serta cara melakukan konfigurasi dedicated hosting server. Apabila kesulitan, sebaiknya Bizzie mencari jasa yang sudah menyediakan kontrol panel juga. 

Bagaimana Cara Konfigurasi dan Cara Kerja Dedicated Server? 

Melakukan konfigurasi dedicated hosting server dan kerjanya akan memungkinkan Bizzie untuk bisa membuat, menempatkan serta melakukan optimalisasi yang sesuai dengan kebutuhan server Bizzie.

Secara ringkas, Bizzie bisa menambahkan sejumlah elemen yang akan bermanfaat terhadap website. Disini, Fokusnya lebih pada segi fungsionalitas, termasuk dari sisi kinerja website server itu sendiri.

Cara kerja dari dedicated server ini secara ringkas adalah sebagai berikut:

●      Ketika mengakses website lewat browser yang menggunakan network protocol HTTP, maka internet akan mengirimkan permintaan akses ke server hosting.

●      Lewat internet, berikutnya server akan mengirimkan sejumlah informasi file.

●      Kemudian, browser akan menerjemahkan informasi ini dalam bentuk tulisan maupun gambar.

●      Dengan begitu, Bizzie akan memperoleh tampilan website yang dibutuhkan.

●      Dedicated hosting server menjadi salah satu bentuk yang akan memberikan penggunanya kebebasan serta keleluasaan tak terbatas untuk setiap hardware maupun software. Secara lebih spesifik, Bizzie akan bisa mendapatkan server yang masih kosong.

●      Artinya, bisa membuat website dan mengaplikasikan cara konfigurasinya lagi dari awal. Bizzie hanya butuh memanfaatkan elemen yang bisa meningkatkan fungsionalitas serta aktif kerja server dari situs yang dibuat. 

Komponen yang Ada dalam Dedicated Server

Ada beberapa hal yang menjadi komponen dan satu kesatuan agar mensukseskan kinerja dan cara konfigurasi dedicated server ini. Komponen tersebut yaitu:

●      CPU

●      HDD/SSD

●      RAM ECC(Error Correcting Code RAM)

Bizzie dapat melakukan penyesuaian kemampuan server dengan kapasitas ke-3 komponen ini. Kalau semakin tinggi spesifikasinya, maka semakin memungkinkan juga sebuah server dan hosting lebih bekerja secara efektif.

Hal yang harus dipertimbangkan bahwa ada berbagai hal yang mesti dicatat ketika menggunakan dedicated server ini. Mulai dari perangkat keras yang dipakai, kegunaannya, sampai besaran biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. 

Melakukan konfigurasi dedicated hosting server memang perlu Bizzie pahami untuk memperoleh referensi terbaik dalam menentukan ingin memilih jenis hosting yang mana. Dengan referensi yang sudah kami jelaskan akan memberikan gambaran lebih baik bagi lagi. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga