fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & TrikGeneralPengetahuanUmumWebsite

Bagaimana Cara Kerja WAN (Wide Area Network)?

Yanti puspita

Pada kesempatan ini, akan di bahas tentang bagaimana cara kerja WAN atau Wide Area Network. Yang merupakan sebuah jaringan luas yang menghubungkan lokasi-lokasi yang terpisah secara geografis.

Dalam dunia teknologi, WAN memiliki peranan yang vital dalam memfasilitasi komunikasi, pertukaran data, dan akses internet antar lokasi yang berjauhan.

Baaimana hal itu bisa terjadi? Nah, untuk itu mari temukan jawabannya dengan mengungkap rahasia di balik cara kerja WAN yang kompleks namun efisien ini. Selain cara kerja WAN, pembahasan kali ini juga akan membahas tentang perangkat WAN.

Memahami Bagaimana Cara Kerja WAN (Wide Area Network)

Jika Anda ingin memasang jaringan di beberapa tempat, WAN adalah jawaban yang Anda cari. Dalam dunia teknologi, WAN mengacu pada Wide Area Network atau Jaringan Luas.

Jaringan ini memiliki kemampuan untuk menghubungkan berbagai lokasi yang terpisah secara geografis, seperti kota, negara, dan bahkan benua yang berbeda.

Dengan menggunakan teknologi komunikasi yang canggih, WAN memungkinkan Anda untuk saling terintegrasi, mengakses internet, dan bertukar informasi dengan mudah.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang WAN ini, berikut akan di sajikan informasi lengkap tentang WAN dan cara kerja WAN itu sendiri.

Cara Kerja Jaringan WAN

Cara kerja WAN ialah dengan menggunakan dua komponen teknologi utama, yaitu komponen switching dan kabel transmisi untuk bisa berfungsi dengan baik.

Kabel transmisi berfungsi untuk mengirimkan bit-bit data dari satu komputer ke komputer lainnya. Lalu komponen switching sendiri merupakan bagian dari komputer yang khusus yang di gunakan dalam menghubungkan banyak kabel transmisi.

Untuk memahami bagaimana cara kerja WAN, berikut adalah sebuah contoh cara kerja WAN yang bisa membantu Anda memahami cara kerja WAN ini:

  • Suatu perusahaan memilih untuk menempatkan 1 komputer server untuk mengakses database yang di miliki perusahaan itu.
  • Kemudian komputer server akan mengirimkan informasi database tersebut ke seluruh jaringan sesuai dengan topologi yang telah di bangun jaringan ini.
  • Adanya topologi jaringan yang telah d ibangun ini, komputer pengguna bisa mengakses semua informasi dari komputer server yang di maksud.

Apa itu WAN?

Tidak lengkap rasanya jika Anda sudah mengetahu cara kerja WAN namun belum tahu apa yang di maksud dengan WAN itu sendiri. WAN ialah beberapa kumpulan jaringan lokal yang tersebar secara geografis.

Model jaringan ini menggunakan beragam alat komunikasi yang menggabungkan berbagai media, seperti kabel, telepon, dan gelombang radio. Kabel telepon, kabel serat optik (fiber optic), atau satelit digunakan untuk membangun jaringan WAN.

Meskipun WAN bertujuan untuk menghubungkan orang-orang, mengembangkan jaringan WAN membutuhkan biaya yang besar.

Jaringan WAN tidak cocok untuk semua orang karena tidak semua orang membutuhkannya sebesar perusahaan dengan banyak kantor atau bisnis yang harus saling terhubung dalam satu jaringan.

Umumnya setiap kantor memiliki jaringan lokal sendiri yang nantinya akan di hubungkan melalui WAN. Dengan demikian, setiap kantor dapat saling terhubung dan terintegrasi menggunakan VPN, leased line, dan IP tunnels jika perusahaan tersebar di beberapa kota.

Perangkat Jaringan WAN

Setelah mempelajari tentang cara kerja WAN, berikut adalah beberapa perangkat jaringan yang diperlukan untuk memanfaatkannya dengan baik:

Router

Router adalah perangkat pertama dalam jaringan WAN yang berfungsi untuk mendukung jaringan selama menjalankan tugasnya, seperti fleksibilitas, konektivitas, dan lain-lain.

Perangkat WAN yang ini juga bertanggung jawab untuk mendistribusikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain.

Modem

Modem, singkatan dari modulator demodulator, berfungsi mengirimkan data melalui jalur telepon dengan melakukan modulasi dan demodulasi sinyal. Tentu saja Modem digunakan untuk menghubungkan laptop, komputer, ponsel pintar, atau perangkat lain ke internet.

Antena

Antena membantu perangkat komunikasi dalam menangkap sinyal yang kemudian di transformasikan menjadi teks, gambar, atau suara.

Meskipun bukan komponen utama dalam jaringan WAN, antena memiliki manfaat dalam menyebarkan sinyal. Selain itu, antena memiliki jangkauan yang luas dan dapat meningkatkan stabilitas sinyal.

Fungsi WAN

Setelah mempelajari tentang cara kerja WAN dan perangkat-perangkat yang di gunakan, berikut ini adalah beberapa fungsi utama jaringan WAN:

Memudahkan Komunikasi

Fungsi utama jaringan WAN adalah memfasilitasi integrasi antar perangkat, terutama ketika banyak komputer terhubung dalam satu jaringan.

Jaringan WAN sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki beberapa kantor di lokasi yang berbeda. Penggunaan WAN dalam cakupan geografis yang luas memudahkan komunikasi dan transmisi data dengan cepat.

Mengintegrasikan LAN & MAN

WAN berfungsi sebagai jembatan integrasi antara jaringan yang lebih kecil seperti Local Area Network (LAN) dan Metropolitan Area Network (MAN). Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memperoleh informasi dan pembaruan dengan lebih mudah.

Meminimalisir Biaya Operasional

Memang benar bahwa WAN memerlukan biaya yang besar dalam pembangunan awalnya. Namun, untuk perusahaan yang memiliki jangkauan geografis yang melintasi negara atau benua, biaya tersebut masih dapat dianggap terjangkau.

Membantu Operasional Perusahaan

Setiap negara memiliki peraturan dan persyaratan yang berbeda dalam pembangunan jaringan WAN. Misalnya, penggunaan kabel serat optik bawah laut.

Namun, setelah mematuhi semua prosedur tersebut, jaringan WAN dapat sangat membantu dalam operasional perusahaan. Baik itu perusahaan nasional maupun multinasional, operasional perusahaan dapat berjalan dengan lebih baik.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan WAN

Selain mengetahui cara kerja WAN, ada pula kelebihan dan kekurangan WAN yang perlu di ketahui oleh pengguna.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut, pengguna dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap mengenai penggunaan jaringan WAN dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan WAN:

Kelebihan jaringan WAN

  • Digunakan untuk mentransmisikan file, data, dan sumber daya melalui jaringan workstation.
  • Memungkinkan akses informasi secara real-time.
  • Memungkinkan berbagi sumber daya atau resources melalui koneksi workstation.
  • Kapasitas bandwidth yang besar dapat digunakan dalam jaringan WAN.
  • Jaringan WAN memiliki cakupan yang luas dan dapat menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.

Kekurangan jaringan WAN

  • Biaya pembangunan, fasilitas, dan perawatan jaringan sangat tinggi karena cakupannya yang luas.
  • Konfigurasi dan pengaturan jaringan WAN lebih rumit dan sulit. Perangkat yang diperlukan untuk membangun jaringan ini juga memiliki cost yang tinggi.
  • Jangkauan nya yang luas ini pasti menjadikan jaringan WAN rentan terhadap serangan hacker.
  • Jaringan WAN memerlukan penggunaan firewall yang baik untuk menjaga keamanan jaringan dan mencegah gangguan.

Kesimpulan

Dengan pemahaman tentang cara kerja WAN, Anda akan terpapar pada keterhubungan global yang semakin erat dan kemampuan untuk mengakses informasi dan berkomunikasi di berbagai lokasi yang terpisah secara geografis.

Jaringan WAN, dengan teknologi dan komponennya yang kompleks, memungkinkan pertukaran data yang efisien dan terintegrasi di tingkat yang luas.

Dalam era yang semakin terhubung ini, memahami cara kerja WAN menjadi penting bagi perusahaan, institusi, dan individu untuk menjalankan operasi dengan lebih lancar dan efektif di dalam jaringan luas yang terhubung.

Baca Juga