fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

Bagaimana Cara Kerja Penginderaan Jauh? Yuk Simak Dibawah Ini

Wiliam

Untuk melakukan analisa di suatu wilayah yang luas dan sulit diakses, bizzie bisa menggunakan konsep penginderaan jauh atau sering dikenal dengan inderaja. Selain itu, teknologi ini sering dipadukan dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) supaya bisa menghasilkan informasi yang bermanfaat di beberapa bidang.

Inderaja biasanya dimanfaatkan pada beberapa sektor, seperti kehutanan, kelautan, geologi dan pengembangan wilayah sesuai dengan tujuan utamanya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih rinci mengenai cara kerja penginderaan jauh dan beberapa hal penting lainnya. Bagi yang penasaran, maka bisa langsung simak penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Penginderaan Jauh?

Penginderaan jauh merupakan salah satu ilmu di dalam mengumpulkan informasi dari suatu objek tanpa menyentuh maupun melakukan kontak fisik secara langsung terhadap objek tersebut. Secara umum, untuk inderaja ini berhubungan dengan pengolahan citra di dalam mengamati dan mengetahui suatu fenomena di bumi.

Menurut salah satu orang ahli mengatakan, bahwa penginderaan jauh merupakan ilmu dan seni untuk mendapatkan informasi dari suatu objek maupun fenomena geofisik menggunakan analisa data. Artinya, untuk mendapatkan data tersebut tidak harus melakukan kontak langsung dengan sumber obyek, daerah maupun fenomena geofisik.

Data yang didapatkan ini berbentuk citra satelit yang harus diolah supaya bisa menghasilkan informasi. Prinsip dasarnya, yaitu merekam semua interaksi antara gelombang elektromagnetik dan objek di muka bumi oleh sensor penangkap gelombang. Selain itu, sensor tersebut bisa berbentuk satelit, pesawat berawak maupun tanpa awak.

Cara Kerja Penginderaan Jauh

Cara kerja penginderaan jauh bisa dimulai, ketika bizzie sedang melakukan proses perekaman objek yang ada di permukaan bumi. Selain itu, penginderaan jauh ini dihubungkan oleh tenaga yang membawa data menuju ke sensor.

Misalnya, bumi, daya magnet, gaya berat dan elektromagnetik. Akan tetapi, untuk energi yang digunakan di dalam proses ini adalah tenaga elektromagnetik. Contohnya, yaitu matahari sebagai tenaga elektronik dengan sistem pasif.

Sinar matahari yang mengenai objek permukaan bumi ini akan diserap di dipancarkan. Sehingga, sensor akan menangkap gelombang elektromagnetik tersebut bisa dipasang pada satelit maupun pesawat drone. Apabila sensor sudah menangkap elektromagnetik, maka akan diolah menjadi sinyal digital dan tersimpan di ruang penyimpanan data.

Manfaat Menggunakan Penginderaan Jauh

Setelah paham dengan perihal cara kerja penginderaan jauh, maka bizzie juga harus mengerti manfaat dari alat tersebut. Ada beberapa manfaat yang didapatkan pada saat menggunakan penginderaan jauh, yaitu :

1. Kehutanan

Kurang lebih 60% kawasan daratan Indonesia adalah hutan. Di dalam sektor ini, teknologi inderaja ini sangat membantu di dalam mengawasi luasan hutan yang ada di Indonesia. Misalnya, FWI dan LSM yang berfokus untuk mengontrol tutupan lahan hutan di Indonesia. Sebagai berikut peran penginderaan jauh di dalam sektor kehutanan :

● Mengukur luasan tutupan lahan hutan.

● Mengukur laju deforestasi dan reforestasi.

● Mengukur potensi dari suatu kawasan hutan produksi.

● Mengukur besarnya stok karbon kawasan hutan.

● Menganalisis jenis tutupan lahan hutan.

2. Geodesi

Di dalam bidang geodesi, untuk penginderaan jauh ini dipadukan dengan sistem informasi geografis supaya bisa menghasilkan data dan informasi akurat. Selain itu, teknologi inderaja di dalam sektor tersebut banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam survei dan mempunyai peran sebagai berikut :

● Menganalisa citra digital untuk beberapa kepentingan.

● Pembuatan data kontur dengan wilayah permukaan bumi.

● Perencanaan dan pembangunan.

● Fotogrametri atau aerial surveying.

2. Hidrologi

Cara mengantisipasi bencana alam hidrologi ini membutuhkan analisis spasial yang bisa didapatkan dengan teknologi inderaja. Selain itu, sistem ini juga bisa membantu bizzie di dalam pemodelan hidrologi di dalam skala DAS.

4. Perencanaan Wilayah

Inderaja di dalam sektor perencanaan wilayah ini bisa digunakan untuk mengetahui informasi awal kawasan yang sudah direncanakan sebelumnya. Misalnya, yaitu melakukan analisa tutupan lahan untuk menentukan jenis perencanaan yang tepat di dalam wilayah tertentu.

5. Meteorologi dan Klimatologi

Selain permukaan bumi, untuk teknologi penginderaan jauh ini bisa digunakan untuk mengamati beberapa benda lain di atmosfer. Bahkan, kemampuan tersebut mempunyai manfaat di dalam bidang meteorologi dan klimatologi untuk beberapa kepentingan sebagai berikut :

● Perkiraan cuaca.

● Peringatan potensi dini dan bahaya bencana alam.

● Analisis iklim di suatu wilayah.

● Analisis sebaran awan di suatu wilayah.

Kelebihan dan Kekurangan Penginderaan Jauh

Meski terlihat sebagai sistem yang canggih dengan kemampuan di dalam mendapatkan kondisi di permukaan bumi. Akan tetapi, inderaja ini mempunyai keunggulan maupun kekurangan sebagai berikut :

1. Kelebihan Menggunakan Penginderaan Jauh

● Dapat melakukan analisa wilayah yang luas di dalam waktu singkat.

● Bisa menggambarkan kontur permukaan bumi secara akurat.

● Dapat menghasilkan gambaran tiga dimensi menggunakan stereoskop, meski berasal dari foto udara dua dimensi.

● Beberapa citra digital bisa digunakan secara gratis, misalnya Landsat 8.

● Dapat menghasilkan data dimensi hutan. Misalnya, diameter tajuk, biomassa, luas tutupan lahan hutan dan lain-lain.

● Pengolahan data dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi komputer. Misalnya, Envi dan Erdas Imagine.

2. Kekurangan Menggunakan Penginderaan Jauh

● Penginderaan jauh ini harus dilakukan oleh orang maupun operator yang sudah ahli di dalam inderaja.

● Alat dan perlengkapan yang digunakan mempunyai harga mahal. Contohnya, penggunaan wahana satelit, drone dan pesawat.

● Tidak semua citra satelit bisa dioperasikan secara mudah, karena beberapa citra digital ini harus berbayar dan tidak bisa dipublikasikan secara umum. Misalnya, citra digital dengan resolusi paling tinggi.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara kerja penginderaan jauh dan beberapa hal penting lainnya. Besar harapan dengan adanya penjelasan mengenai cara kerja penginderaan jauh bisa memberikan informasi kepada bizzie yang masih awam dengan alat tersebut.

Baca Juga