fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Pengetahuan

Backlink Profile : Pengertian, Cara Menggunakan dan Manfaatnya!

Wiliam

Di dalam dunia optimasi SEO, Bizzie membutuhkan backlink sebagai salah satu sarana optimasi di mesin pencarian. Sehingga, website Bizzie mempunyai ranking di mesin pencarian Google.

Biasanya untuk pemula, memilih membuat backlink gratis karena tidak mempunyai banyak modal. Padahal jika salah memilih sumber backlink, bisa saja backlink yang dipilih bukan backlink bagus.

Salah satunya backlink profile, proses pembuatannya sangat mudah dan menjadi salah satu alasan blogger memanfaatkannya. Bahkan, di dalam sehari-hari ribuan masyarakat yang menggunakan backlink profile.

Sebenarnya apakah perihal tersebut diperbolehkan di dalam optimasi white hat SEO? Apakah Google menilai backlink profile sebuah tautan rujukan yang baik atau justru sebaliknya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Pengertian Backlink Profile

Backlink profile merupakan backlink yang dipasang pada halaman profile sebuah website media, forum, informasi, e-commerce dan lain-lain. Saat ini banyak sekali backlink generator yang menawarkan backlink profile.

Terkadang yang menjadi pertanyaan, yaitu meski website yang digunakan adalah website dengan penggerak tinggi. Akan tetapi, apakah berpengaruh jika backlink diletakkan di halaman profil pengguna? Pada dasarnya, tidak ada aturan resmi perihal tersebut.

Backlink bisa ditempatkan dimana saja dan sah-sah saja. Akan tetapi, backlink yang berkualitas tidak dapat ditempatkan di lokasi sembarangan. Tautan balik terbaik merupakan backlink yang ditempatkan di konten dan bukan di footer blog.

Meski demikian ada juga yang beranggapan bahwa backlink jenis ini mempunyai pengaruh besar untuk menaikkan posisi di sebuah halaman mesin pencarian. Apalagi, ketika sumber backlinknya punya DA/PA dan DR/PR tinggi. Pastinya sangat bagus untuk digunakan.

Cara Kerja Backlink Profile

Backlink profile ditempatkan pada halaman profile dan contohnya adalah Twitter, Linkedin, Facebook dan lain-lain. Ada kolom yang bisa digunakan untuk menempatkan tautan website kan? Itulah tautan balik jenis profile yang dimaksud.

Karena ada juga kolom untuk memasang backlink, artinya sumber backlink tersebut memang ilegal. Dengan kata lain, tidak ada masalah terhadap proses pemasangannya. Terkadang juga para blogger memesan link di kolom deskripsi profile.

Biasanya, backlink jenis ini mempunyai sifat dofollow. Jadi, cara kerjanya adalah mesin pencari bisa menyerap sumber backlink tapi tidak memberikan nilai di tautan yang mengarah ke website Bizzie. Maka dari itu, tidak ada pengikut.

Selain itu, backlink profile juga tidak dipasang di tengah-tengah artikel seperti backlink content pada umumnya. Sehingga, tidak ada relevansi antara sumber tautan balik dengan tautan yang menuju ke website Bizzie. Inilah alasan, kenapa backlink jenis profil dianggap kurang bagus.

Cara Membuat Backlink Profile

Meski kurang maksimal, tapi Bizzie bisa mengakalinya agar tidak terdeteksi buruk di mesin pencarian. Caranya, yaitu jangan terlalu sering memakainya dan cukup 1-2 kali sehari saja.

Tidak ada salahnya, Bizzie juga bisa menyelingi backlink berkualitas seperti backlink news portal. Sebagai berikut cara membuat backlink profile yang bisa Bizzie lakukan :

1. Link Dofollow

Pastikan Bizzie sudah membuat backlink profile dengan link dofollow, sebab link tersebut dianggap Google aktif. Di dalam pembuatan backlink jenis ini, akan lebih maksimal jika tautannya bersifat dofollow.

Akan tetapi, banyak para pakar SEo yang tidak sepakat. Menurut beliau justru penggunaan link nofoloow yang serimbang dengan link doffolow akan membuat backlink terlihat lebih natural. Memang tidak ada pantuan resmi di dalam pembuatan backlink di Google, jadi sah-sah saja mengeluarkan pendapatan seperti itu.

2. Jangan Terlalu Banyak

Pembuatan tautan balik jenis profil di dalam jumlah besar ini tentu akan dicurigai oleh mesin pencarian. Bisa jadi website Bizzie dianggap melakukan pembuatan backlink spam dengan metode tidak benar.

Munculnya sebuah website di banyak profile sekaligus ini bukan hal baik. Maka dari itu, di dalam proses pembuatannya harus terjadwal dan jangan terlalu banyak. Berikan jeda dan lakukan secara konsisten.

3. Konten Bervariasi

Supaya backlink yang Bizzie buat tidak dianggap jelek, maka harus melakukan variasi anchor text keyword yang dipasangi link. Gunakan saja satu keyword utama dan beberapa keyword turunan.

4. Menggunakan Link Homepage

Biasanya link homepage dioptimasi dan ditanam pada website lainnya. Akan tetapi, lebih baik juga Bizzie menyisipkan link ke halaman artikel. Sehingga, backlink yang menuju ke website bisa lebih bervariasi dan tidak hanya itu-itu saja.

Dengan adanya variasi tersebut, selain bisa menaikkan nilai page yang dioptimasi juga memberitahu mesin pencari website Bizzie mempunyai halaman berbobot. Perlahan rangking tersebut akan naik.

Manfaat Menggunakan Backlink Profile

Ada beberapa manfaat yang Bizzie dapatkan pada saat menggunakan backlink Youtube, yaitu :

1. Membangun Otoritas Website

Pengertian dan manfaat backlink profile pertama adalah membangun otoritas website. Dengan mendapatkan banyak link dari berbagai situs populer, maka sangat bagus untuk SEO situs Bizzie. Lalu, Bizzie juga dibantu untuk membangun otoritas sebuah merek.

2. Lalu Lintas Refferal

Manfaat kedua adalah lalu lintas refferal. Seperti yang diketahui, bahwa tidak semua lalu lintas web berasal dari mesin pencarian Google, Yahoo, Bing dan mesin pencarian lainnya. Lalu lintas arahan adalah persentase besar dari semua lalu lintas yang berarti bahwa orang klik link di dalam konten akan dibawa ke konten terkait.

3. Menciptakan Hubungan Baru

Manfaat berikutnya dari backlink Youtube adalah menciptakan hubungan baru. Apabila seseorang membaca konten yang baik dan melihat menunjuk backlink ke sumber atau pencipta, maka ada kesempatan baik untuk Bizzie.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai backlink Youtube. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan membantu,ya!

Baca Juga