fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

20 Rekomendasi Aplikasi rekap penjualan Cocok untuk Bisnismu

Dhian rama

Sebagai seorang pebisnis, pastinya kamu akan membutuhkan pembukuan, baik pemasukan dan juga pengeluaran. Jika menulis secara manual, pastinya hal itu akan sangat merepotkan karena memakan banyak waktu, serta dinilai kurang akurat. Dan solusinya agar tidak seperti itu, kamu bisa menggunakan aplikasi rekap penjualan.

Aplikasi rekap penjualan adalah aplikasi yang membantu kamu untuk mencatat, mengelola, dan melaporkan transaksi penjualan bisnis kamu secara mudah dan efisien. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat meningkatkan kinerja bisnis kamu, mengoptimalkan pengelolaan stok, dan menganalisis kinerja penjualan kamu.

20 Rekomendasi Aplikasi rekap penjualan Cocok untuk Bisnismu

Ada banyak aplikasi rekap penjualan yang tersedia di pasaran, baik yang gratis maupun berbayar. Namun, tidak semua aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi bisnis kamu. Oleh karena itu, kamu perlu memilih aplikasi yang tepat sesuai dengan jenis, skala, dan karakteristik bisnis kamu.

Dan sebelum membahas tentang 20 rekomendasi aplikasi rekap penjualan, terlebih dahulu kita akan memberikan kamu penjelasan tentang cara memilih aplikasi rekap penjualan yang tepat untuk  kamu gunakan dalam bisnis.

Cara Memilih Aplikasi Rekap Penjualan yang Tepat

Untuk memilih aplikasi yang tepat untuk bisnis kamu, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:

– Jenis bisnis

Kamu perlu menyesuaikan aplikasi dengan jenis bisnis kamu, misalnya apakah kamu bergerak di bidang retail, e-commerce, pendidikan, atau lainnya. Kamu juga perlu memperhatikan apakah bisnis kamu bersifat offline atau online, serta apakah kamu menjual produk atau jasa.

– Skala bisnis

Kamu perlu menyesuaikan aplikasi dengan skala bisnis kamu, misalnya apakah kamu memiliki usaha mikro, kecil, menengah, atau besar. Kamu juga perlu memperhatikan apakah kamu memiliki banyak cabang, karyawan, atau pelanggan.

– Karakteristik bisnis

Kamu perlu menyesuaikan aplikasi dengan karakteristik bisnis kamu, misalnya apakah kamu memiliki produk yang beragam, pelanggan yang loyal, atau kompetitor yang kuat. Kamu juga perlu memperhatikan apakah kamu memiliki kebutuhan khusus, seperti promosi, diskon, atau loyalty program.

– Anggaran bisnis

Kamu perlu menyesuaikan aplikasi dengan anggaran bisnis kamu, misalnya apakah kamu memiliki dana yang cukup untuk membeli aplikasi berbayar atau lebih memilih aplikasi gratis. Kamu juga perlu memperhatikan apakah kamu bersedia untuk membayar biaya tambahan, seperti biaya instalasi, biaya pemeliharaan, atau biaya upgrade.

Setelah kamu mempertimbangkan faktor-faktor di atas, kamu dapat membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi rekap penjualan yang ada di pasaran. Kamu dapat melihat fitur-fitur tersebut dari artikel yang kita buat sebelumnya. Kamu dapat memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi bisnis kamu. Adapaun rekomendasinya ada di bawah ini.

20 Rekomendasi aplikasi rekap penjualan Terbaik

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi rekap penjualan yang bisa kamu coba gunakan:

1. EQUIP

EQUIP adalah salah satu aplikasi rekap penjualan terbaik yang ditawarkan oleh EQUIPERP, sebuah perusahaan software yang berbasis di Singapura. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur lengkap yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan performa bisnis kamu, seperti pencatatan transaksi, pengaturan promosi, pembuatan laporan keuangan, dan pengelolaan inventaris.

Aplikasi ini juga memiliki interface yang ramah pengguna dan modern, sehingga mudah dipahami dan digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga berbasis cloud, sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

2. HashMicro

HashMicro adalah sebuah brand software yang sudah diimplementasikan oleh berbagai instansi dan perusahaan besar di Singapura sejak tahun 2006. Salah satu produk software yang ditawarkan oleh HashMicro adalah HashMicro POS, sebuah aplikasi rekap penjualan yang berbasis cloud dengan fitur-fitur menarik.

Fitur tersebut ialah seperti transaction suspension, multi user & multi location management, table management, dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki interface yang modern dan intuitif, serta dapat diintegrasikan dengan berbagai software lainnya.

3. Total POS

Total POS adalah sebuah aplikasi rekap penjualan yang dirancang khusus untuk pengelolaan retail. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk melacak, mengelola, dan membuat laporan transaksi penjualan dengan otomatis melalui fitur-fitur yang lengkap, seperti accounting, procurement, CRM, POS, inventory, sales, dan CRM. Aplikasi ini juga dapat diakses dari berbagai perangkat, seperti PC, laptop, tablet, atau smartphone.

4. BukuWarung

BukuWarung adalah sebuah aplikasi rekap penjualan gratis yang cocok untuk kamu yang memiliki UMKM atau sedang merintis UMKM. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatatkan transaksi usaha, membayar atau menagih utang piutang, mengelola stok dengan baik, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur tambahan yang bermanfaat, seperti kirim invoice via Whatsapp/SMS, laporan keuangan harian/mingguan/bulanan/tahunan, dan tips-tips bisnis agar lebih produktif.

5. Expense Manager

Expense Manager adalah sebuah aplikasi rekap penjualan gratis yang digunakan untuk melakukan aktivitas penjualan, seperti membayar, memproses, dan mengaudit pengeluaran. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengontrol pengeluaran bisnis, yang dianggap kurang penting dan menyortir pengeluaran hanya untuk kepentingan usaha saja.

Aplikasi ini juga dapat mencatatkan pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan oleh karyawan, seperti dinas, liburan, dan lain-lain.

6. Moodah

Moodah adalah sebuah aplikasi rekap penjualan gratis yang dirancang untuk usaha mikro dan kecil. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan secara cepat dan mudah dengan fitur-fitur seperti barcode scanner, kalkulator diskon, dan printer struk.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola stok barang, membuat laporan keuangan, dan mengirimkan notifikasi kepada pelanggan.

7. Money Lover

Money Lover adalah sebuah aplikasi rekap penjualan gratis yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi pengelolaan keuangan pribadi. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis kamu secara rinci dan otomatis dengan fitur-fitur seperti budget planner, expense tracker, dan bill reminder.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk menganalisis arus kas bisnis kamu dengan fitur-fitur seperti laporan grafik, perbandingan kategori, dan tren penjualan.

8. SI APIK

SI APIK adalah sebuah aplikasi rekap penjualan gratis yang dikembangkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara online dan offline dengan fitur-fitur seperti pencatatan omset, pencatatan stok, dan pencatatan piutang.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk membuat laporan keuangan usaha kamu secara otomatis dan akurat dengan fitur-fitur seperti laporan laba rugi, neraca, dan arus kas.

9. Finansialku

Finansialku adalah sebuah aplikasi rekap penjualan gratis yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi perencanaan keuangan pribadi dan bisnis. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara detail dan terintegrasi dengan fitur-fitur seperti pencatatan pendapatan, pencatatan biaya, dan pencatatan aset.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk membuat rencana keuangan usaha kamu secara mudah dan praktis dengan fitur-fitur seperti kalkulator bisnis, simulasi bisnis, dan proyeksi bisnis.

10. Paper.id

Paper.id adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi pembuatan invoice dan pembayaran online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara profesional dan efisien dengan fitur-fitur seperti pembuatan invoice otomatis, pengiriman invoice via email/Whatsapp/SMS, dan integrasi dengan berbagai metode pembayaran online.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan usaha kamu secara terpadu dan transparan dengan fitur-fitur seperti pencatatan pembelian, pencatatan hutang piutang, dan pembuatan laporan keuangan.

11. Kledo

Kledo adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi akuntansi online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara otomatis dan akurat dengan fitur-fitur seperti integrasi dengan software POS, integrasi dengan software e-commerce, dan integrasi dengan software marketplace.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan usaha kamu secara komprehensif dan mudah dengan fitur-fitur seperti pencatatan jurnal, pembuatan neraca saldo, dan pembuatan laporan laba rugi.

12. Teman Bisnis

Teman Bisnis adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi manajemen bisnis online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara lengkap dan terstruktur dengan fitur-fitur seperti pencatatan produk, pencatatan pelanggan, dan pencatatan pesanan.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola bisnis usaha kamu secara optimal dan strategis dengan fitur-fitur seperti pengaturan target penjualan, analisis performa penjualan, dan evaluasi kinerja bisnis.

13. Zahir Accounting

Zahir Accounting adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi akuntansi offline. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara manual dan fleksibel dengan fitur-fitur seperti pencatatan kas masuk/keluar, pencatatan piutang/usaha, dan pencatatan persediaan.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan usaha kamu secara mandiri dan terpercaya dengan fitur-fitur seperti pembuatan jurnal umum, pembuatan buku besar, dan pembuatan neraca lajur.

14. Jurnal

Jurnal adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi akuntansi online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara online dan real-time dengan fitur-fitur seperti integrasi dengan software POS, integrasi dengan software e-commerce, dan integrasi dengan software marketplace.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan usaha kamu secara akurat dan mudah dengan fitur-fitur seperti pencatatan jurnal, pembuatan neraca, dan pembuatan laporan laba rugi.

15. Moka

Moka adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi POS online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara cepat dan praktis dengan fitur-fitur seperti barcode scanner, kalkulator diskon, dan printer struk. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola stok barang, membuat laporan penjualan, dan mengirimkan notifikasi kepada pelanggan.

16. Accurate

Accurate adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi akuntansi offline. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara manual dan fleksibel dengan fitur-fitur seperti pencatatan kas masuk/keluar, pencatatan piutang/usaha, dan pencatatan persediaan.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan usaha kamu secara mandiri dan terpercaya dengan fitur-fitur seperti pembuatan jurnal umum, pembuatan buku besar, dan pembuatan neraca lajur.

17. iReap

iReap adalah sebuah aplikasi rekap penjualan gratis yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi POS offline. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara sederhana dan mudah dengan fitur-fitur seperti pencatatan produk, pencatatan pelanggan, dan pencatatan pesanan. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola stok barang, membuat laporan penjualan, dan mengirimkan notifikasi kepada pelanggan.

18. HarukaEDU

HarukaEDU adalah sebuah aplikasi rekap penjualan gratis yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi pembelajaran online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu yang bergerak di bidang pendidikan online dengan fitur-fitur seperti pencatatan kursus, pencatatan siswa, dan pencatatan pembayaran. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola konten kursus, membuat laporan pendapatan, dan mengirimkan sertifikat kepada siswa.

19. Sleekr

Sleekr adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi manajemen SDM online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu yang berhubungan dengan SDM dengan fitur-fitur seperti pencatatan karyawan, pencatatan gaji, dan pencatatan absensi.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola data karyawan, membuat laporan SDM, dan mengirimkan slip gaji kepada karyawan.

20. Xero

Xero adalah sebuah aplikasi rekap penjualan berbayar yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi akuntansi online. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mencatat transaksi penjualan usaha kamu secara online dan real-time dengan fitur-fitur seperti integrasi dengan software POS, integrasi dengan software e-commerce, dan integrasi dengan software marketplace.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan usaha kamu secara akurat dan mudah dengan fitur-fitur seperti pencatatan jurnal, pembuatan neraca, dan pembuatan laporan laba rugi.

Dan itulah 20 aplikasi rekap penjualan yang bisa kamu gunakan untuk terus memajukan bisnismu. Agar lebih yakin betapa pentingnya melakukan rekapan penjualan, di bawah ini ada penjelasan yang sangat wajib kamu perhatikan baik-baik.

Pentingnya Melakukan Rekap Penjualan

Rekap penjualan sangat penting untuk dilakukan karena memiliki banyak manfaat, seperti:

– Meningkatkan efisiensi bisnis

Dengan melakukan rekap penjualan, kamu dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang dibutuhkan untuk mengurus transaksi penjualan kamu. Kamu juga dapat menghindari kesalahan, kecurangan, atau kehilangan data yang dapat merugikan bisnis kamu.

– Mengoptimalkan pengelolaan stok

Dengan melakukan rekap penjualan, kamu dapat mengetahui jumlah, jenis, dan lokasi stok barang yang kamu miliki. Kamu juga dapat menentukan kapan dan berapa banyak barang yang perlu kamu beli, produksi, atau jual.

– Menganalisis kinerja penjualan

Dengan melakukan rekap penjualan, kamu dapat mengetahui berapa banyak pendapatan, laba, dan rugi yang dihasilkan oleh bisnis kamu. Kamu juga dapat mengetahui siapa saja pelanggan kamu, apa saja produk yang laku, dan bagaimana tren penjualan kamu.

– Membuat keputusan bisnis

Dengan melakukan rekap penjualan, kamu dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan strategis. Kamu juga dapat mengevaluasi kinerja bisnis kamu, mengidentifikasi masalah atau peluang bisnis, dan merencanakan langkah-langkah perbaikan atau pengembangan bisnis.

Oleh karena itu, rekap penjualan adalah salah satu aktivitas bisnis yang sangat penting dan harus dilakukan secara rutin dan akurat. Untuk membantu kamu melakukan rekap penjualan dengan mudah dan efisien, kamu dapat menggunakan aplikasi rekap penjualan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi bisnis kamu.

selanjutnya, kamu dapat melihat beberapa rekomendasi aplikasi rekap penjualan dari artikel yang kita buat sebelumnya. semoga informasi ini bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Baca Juga