fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Mengenal Aplikasi Kita Bisa dari Syarat Sampai Kekuranganya

Dhian rama

Dewabiz – Tahukah kamu Aplikasi Kita Bisa, aplikasi ini adalah platform aplikasi web dan mobile  untuk penggalangan dana dan donasi online atau biasa dikenal dengan crowdfunding. Platform crowdfunding Kita Bisa yang didirikan pada tahun 2013  melalui website dan aplikasi  kini menjadi jembatan kebaikan dan wadah kerjasama bersama masyarakat Indonesia.

Platform crowdfunding ini sejauh ini telah menjadi badan amal bagi lebih dari 6 juta donatur dengan 100.000 aktivitas penggalangan dana yang diselesaikan di situs web atau aplikasi kami. Secara hitungan bulanan, platform ini telah memfasilitasi lebih dari 1,5 juta transaksi donasi dengan permintaan penggalangan dana hingga 4.000 penggalangan dana sosial, ratusan yayasan dan organisasi sosial di 34 provinsi, bahkan ratusan kebutuhan pasien di sekitar 150 rumah sakit  di seluruh Indonesia.

Mengenal Aplikasi Kita Bisa

Platform crowdfunding memiliki platform berbadan hukum  yang berfungsi sebagai moderator seluruh kegiatan penggalangan dana dan donasi pada platform aplikasinya, mulai dari pendaftaran, verifikasi penggalangan dana hingga pelaporan kepada donatur dan Kementerian Sosial.

Aplikasi Kita Bisa Indonesia merupakan suatu unit usaha yang memberikan jasa dan konsultasi di bidang pengelolaan dan pengembangan  teknologi serta jasa konsultasi dan keagenan untuk CSR (corporate social Responsibility) dan layanan terkait lainnya organisasi non-pemerintah (non-pemerintah).

Biaya operasional dana ini dibiayai oleh biaya pengelolaan yayasan hingga 5% dari pendapatan subsidi, yang akan digunakan untuk menyediakan dukungan teknologi untuk platform dan mensubsidi beberapa kegiatan dana. Dihitung dari  total  donasi yang diterima dana kami pada tahun 2020 sebanyak Rp 835 miliar,  total  donasi yang diterima untuk program yang dikenakan biaya pengelolaan sebesar 5%, maka total pendapatan dari penerimaan keuntungan kegiatan pengelolaan pada tahun 2020 adalah Rp. 36,5 miliar. Dana  akan dialokasikan untuk memberikan dukungan teknologi pada platform dan mensubsidi sebagian besar kegiatan Yayasan Kita Bisa.

Alokasi Dana  Biaya Administrasi Yayasan Kita Bisa

Berikut  rincian alokasi dana  biaya administrasi yang digunakan untuk kegiatan Yayasan dan platform Kita Bisa.

1. Biaya staf

Pendanaan dari biaya administrasi crowdfunding yang kami selenggarakan dapat dialokasikan terutama kepada staf atau tim yang mengelola platform crowdfunding. Biaya yang dikeluarkan akan ditanggung oleh 216 orang yang mengelola seluruh proses penggalangan dana dan crowdfunding, mulai dari pencatatan dan verifikasi penggalangan dana hingga pelaporan kepada donatur dan pengelola festival di Kementerian Sosial.

2. Biaya Manajemen Situs

Aplikasi Kita bisa adalah platform crowdfunding yang beroperasi melalui situs web atau aplikasi seluler. Inilah sebabnya mengapa biaya manajemen dibebankan ketika crowdfunding melalui platform kami memungkinkan dan dana  akan dialokasikan untuk memberikan dukungan teknis pada platform mereka.

Biaya ini termasuk penyewaan situs web dan aplikasi, serta  SMS, WhatsApp, email, dan alat lain untuk memfasilitasi crowdfunding dan penggalangan dana.

3. Periklanan dan Promosi

Selain itu, dana yang diperoleh dari biaya administrasi  akan dialokasikan untuk melaksanakan kegiatan pemasaran dan promosi, baik melalui jalur tradisional maupun digital. Tujuan dari kegiatan pemasaran dan promosi ini adalah untuk menjangkau lebih banyak orang yang bersedia berdonasi dan membantu siapa pun yang  membutuhkan.

4. Biaya Jasa Profesional

Aplikasi Kita Bisa  mengalokasi dana selanjutnya adalah untuk membiayai jasa profesional, audit dan perpajakan serta biaya lainnya. Sebagaimana dijelaskan, kami mungkin memiliki bukti, sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi  kepada pengguna platform mereka, bahwa kegiatan crowdfunding dan donasi  dikelola secara rutin oleh Yayasan Kita Bisa yang diaudit setiap tahun oleh organisasi akuntan publik independen.

5. Pengeluaran Lainnya

Seperti  dijelaskan di atas, selain untuk membayar  jasa profesional dan lainnya, kita  juga dapat mengeluarkan uang untuk menyewa ruang kantor, peralatan, dan kebutuhan kantor lainnya yang diperlukan untuk operasional sehari-hari.

Semua biaya ini diperlukan untuk membuat semua proses penggalangan dana dan donasi menjadi lebih mudah, lebih dapat diKamulkan dan lebih cepat  sehingga  lebih banyak orang dapat terbantu melalui acara penggalangan dana.

Jadi setelah kita mengetahui tentang platform crowdfunding, apakah Kamu ingin menjadi kampanye wecan atau menjadi sponsor? Hanya dengan mendownload aplikasinya kita bisa terhubung saat menginstal aplikasi dan berbuat baik kepada semua pihak yang  membutuhkan.

Karena hanya melalui platform inilah ditentukan jumlah minimal donasi sebesar Rp 1.000 untuk setiap acara crowdfunding. Kampanye Aplikasi Kita Bisa:

Persyaratan Implementasi

Pada dasarnya kampanye adalah suatu cara untuk mempromosikan suatu produk melalui berbagai media. Namun, kami mungkin memiliki kampanye di platform kami, yang dapat menjadi platform fasilitasi bagi masyarakat, ini adalah cara untuk mengumpulkan uang secara online untuk tujuan sosial dan membantu orang lain atau menciptakan karya untuk siapa pun.

Persyaratan untuk menjadi aktivis di platform kami adalah sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia minimal berusia  17 tahun dan memiliki KTP pribadi khusus.
  • Bagi badan hukum harus dilampiri NPWP dan akta notaris yang berkaitan dengan pendirian organisasi yang bersangkutan.
  • Bersedia menyelesaikan serangkaian proses verifikasi akun, kami dapat dan menyelesaikan dokumen lainnya sesuai kebutuhan.
  • Para juru kampanye harus dapat memastikan bahwa  informasi apa pun yang tersedia di situs kami adalah data yang valid dan dapat diKamulkan.

Setelah memahami persyaratan di atas, berikut  cara menjadi penggalangan dana untuk membantu mereka yang membutuhkan.

  • Kampanye akan memenuhi apa yang  dijanjikan dan disediakan dalam kampanye melalui platform, termasuk memenuhi kewajiban untuk mengembalikan dana Sponsor jika ada hadiah yang dijanjikan.
  • Aktivis diwajibkan untuk memberikan laporan kinerja kampanye yang transparan dan dapat diKamulkan setiap saat, dan dilengkapi dengan  bukti pendukung dan dokumentasi yang sesuai untuk donor dan administrator manajemen platform melalui platform kami.
  • Aktivis harus memenuhi kewajibannya sebagaimana diatur dalam perjanjian kerja sama khusus.
  • Mengenai pelaksanaan kampanye, tidak dapat dilaksanakan jika keadaan memerlukannya.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kita Bisa

Saat ini ada beberapa platform penggalangan dana yang tersedia di internet. Sayangnya, tidak semua aplikasi ini dapat diKamulkan. Faktanya, banyak donatur yang  merasa tertipu karena penggunaan  bantuan  tidak transparan.

Aplikasi Kita Bisa merupakan penggalangan dana terpopuler saat ini yang  dipercaya  masyarakat untuk menggalang dana  bantuan kemanusiaan. Lalu kenapa mereka memilih menggalang dana di Kitabisa? Berikut beberapa alasannya.

Aplikasi Penggalangan Dana Aman

Aplikasi Penggalangan Dana Kitabisa Aman. Memang Kitabisa telah resmi terdaftar dalam Kode dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sesuai Keputusan Menteri Sosial No. 310/HUK-PS/2018. Artinya, seluruh aktivitas penggalangan dana yang dilakukan di Kita dilindungi secara hukum dan wajar.

Aplikasi Penggalangan Dana Lebih Efektif

Sebelumnya, jika seseorang atau suatu organisasi ingin menggalang dana, mereka harus turun ke jalan dan mengeluarkan banyak tenaga. Namun terkadang jumlah yang dihimpun tidak selalu sesuai harapan karena jumlah donatur yang menjangkau relatif sedikit.

Namun berkat  aplikasi Kitabisa, penggalangan dana tidak perlu lagi  turun ke jalan. Faktanya, mereka mampu menjangkau donor dalam jangkauan yang lebih luas, yang dapat membantu mereka mencapai tujuan penggalangan dana yang diharapkan dengan lebih cepat.

Aplikasi Penggalangan Dana Transparansi

Aplikasi Kita Bisa  merupakan salah satu hal yang paling membuat saya lega saat berdonasi melalui aplikasi penggalangan dana Kitabisa adalah adanya sistem penggalangan dana yang transparan. Di Kitabisa,  donatur bisa langsung memantau  penggunaan dana donasinya. Sehingga semua pihak bisa memastikan bahwa uang tersebut benar-benar digunakan sesuai peruntukannya.

Aplikasi Penggalangan Dana Mudah

Kegiatan donasi dan penggalangan dana melalui Kitabisa dapat dilakukan dengan mudah. Hanya melalui website atau mobile app Kitabisa Kamu dapat menggalang dana dan menyebarkan informasi mengenai kegiatan penggalangan dana tersebut.

Jika ingin berdonasi,  donatur juga memiliki beragam pilihan metode transaksi yang berbeda. Mereka dapat melakukan ini melalui sistem transfer ATM, mobile banking, atau dompet virtual. Selain lebih simpel, cara ini tentunya lebih cepat, aman dan nyaman.

Kekurangan Aplikasi Kita Bisa

  • Kita tidak bisa menambah atau mengurangi “nilai asuransi” sesuka hati, meskipun kita bersedia membayar lebih
  • Proses “klaim” belum selesai diumumkan untuk semua kelompok (dijelaskan lebih lanjut di bawah )
  • Tidak termasuk kematian, hanya penyakit kritis dan COVID-19
  • Cakupan penyakit kritis yang “terlindungi” tidak besar (54 kategori) )

Aplikasi Sejenis Aplikasi Kita Bisa

Selanjutnya kita akan memberikan beberapa rekomendasi yang serupa dengan Aplikasi Kita BIsa,Nah inilah situs donasi online terpercaya yang telah dirangkum kami untuk menyalurkan aksi kebaikan yaitu :

1. Kitabisa.com

Kitabisa adalah tempat penggalangan dana dan situs donasi  yang didirikan pada tahun 2013.

Kitabisa telah berkembang menjadi platform bagi individu dan komunitas, organisasi dan bisnis, yang biasa dikenal dengan #Orang Baik, untuk menggalang dana dengan membuat halaman donasi online. Tampilan menu awal di website Kitabisa.com Dengan semangat gotong royong, koneksi yang baik, Kitabisa menerapkan kebijakan latar belakang platform terbuka.  

Artinya, dalam hitungan menit siapa pun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa selama memenuhi persyaratan verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum  Indonesia untuk berbagai tujuan sosial, pribadi, kreatif, dan tujuan lainnya.

Orang baik yang mendapat manfaat dari Kitabisa akan dikenakan biaya sebesar 5% dari jumlah yang dikumpulkan. Pengeluaran akan digunakan untuk menutupi biaya operasional dan pengembangan serta  layanan untuk memfasilitasi penggalangan dana dan donasi.  Kalau mau baik, kunjungi Kita bisa

2. Berbagi Kebahagiaan atau Rumah Zakat

Kampanye sekaligus gerakan berbagi untuk menebar kebahagiaan ini digagas oleh Rumah Zakat dalam rangka masyarakat yang lebih baik di setiap Rumah Zakat.  

3. Aksi Respon Cepat 

Yayasan ini didirikan pada tanggal 21 April 2005 berkomitmen untuk bekerja di bidang sosial dan kemanusiaan.  Seiring berjalannya waktu, ACT semakin mengembangkan aktivitasnya di bidang tanggap darurat, program pemulihan  bencana, pengembangan dan pemberdayaan  masyarakat, serta program kerohanian seperti Qurban, Zakat, dan Wakaf.

ACT mendapatkan manfaat dari dukungan donatur publik di masyarakat yang sangat tertarik dengan isu kemanusiaan, serta keterlibatan perusahaan melalui program kemitraan dan akuntabilitas tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Kontribusi Online 04 (Aksi Cepat Tanggap) – Menampilkan menu utama website My Finansialku  Aksi Cepat Tanggap (ACT).  Jaringan relawan tersebut mempunyai wadah tersendiri bernama MRI (Indonesian Volunteer Association) dan berbentuk jaringan afiliasi ACT dengan kegiatan program yang menjangkau 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sementara itu, dalam kancah global, kiprah ACT diawali dengan turut serta dalam berbagai tragedi kemanusiaan yang terjadi di berbagai belahan dunia, seperti bencana alam, kelaparan dan kekeringan, konflik di seluruh dunia, konflik dan peperangan, termasuk penindasan terhadap kelompok minoritas di berbagai negara.

4. Indorelawan

Indorelawan adalah platform donasi online yang didirikan oleh sekelompok orang yang ingin menjadi bagian dari upaya menjadikan Indonesia  lebih baik. Misinya memfasilitasi kolaborasi antara relawan dan masyarakat dengan misi sosial.  Saya Menampilkan menu awal situs Indorelawan. Berkoordinasi dengan bantuan donatur dan donatur perorangan untuk menghubungkan organisasi sosial dan relawan.

Setiap rupee yang Kamu donasikan memastikan Indorelawan  terus memberikan layanan gratis kepada 1122 organisasi sosial untuk memenuhi misinya. Perbuatan baik dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mendidik anak putus sekolah, mengurangi  kerusakan lingkungan, hingga memperjuangkan hak asasi manusia.  Kalau penasaran kunjungi  indorelawan

5. WeCare.id

Website ini dibuat khusus untuk menggalang dana bagi pasien dengan kemampuan keuangan terbatas, tinggal di daerah yang sulit dijangkau dan belum menjadi anggota Administrasi WeCare. Jaminan Sosial (BPJS) atau memiliki kepesertaan tidak aktif.

WeCare.id juga bekerja sama dengan dokter rumah sakit untuk menghubungkan  calon pendonor dengan  pasien sehingga  dapat memperoleh perawatan komprehensif dan fasilitas pendukung lainnya. Sebagai calon donatur, mereka dapat melihat daftar dan informasi  pasien sehingga dapat memilih pasien yang ingin ditolong.

Calon donatur dapat membantu dengan mendonasikan Rs 25k.  Segala transaksi yang dilakukan akan ditampilkan secara transparan di website wecare.

WeCare.id sangat mengapresiasi dan mendukung program jaminan kesehatan nasional dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan pemerintah sehingga semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang lengkap. Untuk mendukung program JKN yang dijalankan pemerintah, WeCare.id juga membantu masyarakat yang masih berhutang donasi BPJS.

6. Causes.com

Seperti dilansir  Padmanegara.com (23 Oktober 2008), Causes, sebuah jaringan sosial, menyediakan alat dan layanan kepada individu dan LSM (LSM) dan bahkan merek mengangkat isu atau kekhawatiran tentang masalah dengan seruan untuk bertindak:  Untuk mendorong keterlibatan, menKamutangani petisi, dan menyumbang .

  • Menampilkan menu utama Causes.com.
  • Causes.com menawarkan berbagai layanan pemasaran bertujuan untuk menjangkau audiens target  yang lebih luas. Jika  penasaran,  kunjungi websitenya di https:  Causes.com

7. DonateYourAccount

DonateYourAccount adalah alat bagi individu untuk mendonasikan akun Twitter atau Facebook mereka untuk memutar pesan atau kampanye sosial secara otomatis. Cara kerjanya, LSM akan membuat kampanye dan meminta dukungan dari pengikut, penggemar, atau sukarelawan untuk mendonasikan akunnya.

Relawan yang berminat akan mendonasikan akun Twitter dan/atau Facebook mereka dan memutuskan seberapa sering mereka akan menggunakannya untuk kampanye.

Mungkin sehari sekali, seminggu sekali, mungkin sebulan sekali. Logo dan penjelasan DonateYourAccount. Caranya sangat sederhana, cukup pilih kampanye Kamu  yang  ada, jenis donasi akun media sosial dan klik terbitkan.

Akun yang didonasikan akan secara otomatis membagikan ulang dan mengedit otomatis RT  atau postingan media sosial yang  dibuat oleh LSM sesuai kesepakatan yang telah ditentukan.

8. Twibbon

Alat ini biasa digunakan oleh LSM untuk mengamplifikasi gerakan  atau kampanye sosial dengan berbagai  cara.  Selain itu, Kamu juga dapat mengubah gambar profil atau profile picture, foto sampul Facebook atau Twitter orang-orang yang tertarik mendukung kampanye hanya dengan  satu klik.

Demikialah ulasan tentang Aplikasi Kita Bisa Aplikasi ini salah satu platform crowdfunding terpercaya di Indonesia. Pasalnya, platform tersebut telah memiliki entitas yayasan untuk  penggalangan dana dengan badan usaha (PT) untuk pengembangan teknologi.

Baca Juga