fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Ini Dia, 9 Daftar Aplikasi File Manager Terbaik dan Praktis, untuk Kamu Gunakan

Dhian rama

Apa kabar, sahabat dewabiz? Kali ini, kami mau membahas tentang sesuatu yang mungkin sering kamu gunakan di smartphone kamu. Apa itu? Ya, tentu saja aplikasi file manager. Aplikasi file manager adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk mengelola file-file yang ada di smartphone kamu.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melihat, menghapus, memindahkan, menyalin, mengubah nama, atau berbagi file-file kamu dengan mudah. Selain itu, aplikasi file manager juga bisa membantu kamu menghemat ruang penyimpanan di smartphone kamu dengan membersihkan file-file sampah atau cache yang tidak perlu.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah, aplikasi file manager apa sih yang paling bagus dan praktis untuk digunakan? Kan banyak banget pilihannya di Play Store atau App Store. Gimana cara memilihnya? Tenang aja, kamu tidak perlu khawatir. Kami punya solusinya untuk kamu. Kami sudah menyusun daftar 9 aplikasi file manager terbaik dan praktis untuk kamu gunakan. Mau tahu apa saja aplikasinya? Yuk, simak ulasan kami berikut ini.

Ini Dia, 9 Daftar Aplikasi File Manager Terbaik dan Praktis, untuk Kamu Gunakan

1.      Files by Google

Aplikasi buatan Google ini juga akan membantu Kamu mengelola semua data di ponsel Kamu. Dalam penerapannya, Files by Google memiliki beberapa keunggulan seperti menghapus, memindahkan, membackup data dan menghapus file yang tidak diinginkan dari cache ponsel Kamu. Menariknya, Files by Google juga bisa digunakan untuk berbagi file secara offline.

Jika belum cukup, Files by Google juga memanjakan penggunanya dengan memberikan ruang kosong untuk menyimpan data jika memori ponsel penuh. Dan yang terpenting, Kamu tidak perlu khawatir aplikasi Files by Google menghabiskan ruang di ponsel Kamu karena Files by Google cukup ringan.

2.      Manajer File – Manajer File Plus

Aplikasi ini juga bisa menjadi solusi terbaik Kamu untuk mengontrol semua file yang ada di memori ponsel Kamu. Aplikasi gratis ini memungkinkan pengguna mengelola semua file dan data di ponsel mereka dengan mudah.

Kamu dapat mengelola semua file yang tersimpan di penyimpanan utama, kartu SD, penyimpanan USB, bahkan data yang disimpan di unduhan. Selain itu, aplikasi yang dibuat oleh Flashlight + Clock ini bahkan menawarkan fungsionalitas jarak jauh di mana Kamu dapat memantau file Kamu dengan mempercayakannya ke server NAS dan FTP. Ingin?

3.      X-Plore File Manager

Dengan X-Plore File Manager, Kamu dapat mengelola dua jendela sekaligus di satu layar. Lalu apa manfaat dari fitur ini? Tentu saja hal ini memungkinkan Kamu untuk menyalin dan memindahkan file dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik karena menyediakan banyak fitur penting bagi pengguna seperti dukungan untuk berbagai jenis file, penyimpanan cloud, penyimpanan jaringan (FTP, SMB, DLNA, /UpnP), segi enam terintegrasi. Editor, dukungan untuk perangkat yang di-rooting dan banyak lagi. Keuntungan lain dari X-Plore File Manager adalah dapat diunduh gratis!

4.      ASTRO File Manager & Cleaner

Seperti namanya, ASTRO File Manager & Cleaner adalah aplikasi yang tidak hanya berguna untuk mengatur, memindahkan, dan membackup file dengan mudah, tetapi juga untuk membersihkan memori ponsel Kamu dan meningkatkan kinerjanya.

Aplikasi pengelola file ini memungkinkan Kamu memindahkan, menyalin, berbagi, mengganti nama file di penyimpanan internal, kartu SD, dan penyimpanan cloud. Kamu juga dapat mengatur dan mengkategorikan file dan dengan mudah mengakses semua foto, video, musik, aplikasi, dan folder terbaru Kamu dari layar berkamu.

Jika memori ponsel Kamu hampir penuh, Kamu dapat menggunakan fitur pengelolaan dan penghapusan memori. Kamu dapat mengosongkan ruang di ponsel Kamu dengan saran untuk menghapus aplikasi dan file yang tidak digunakan.

5.      Manajer File – InShot Inc.

Manajer file dari pengembang InShot Inc. Dikatakan memiliki banyak fitur setingkat PC sehingga dapat membantu Kamu mengatur file di ponsel secara efektif. Hingga saat ini, aplikasi pengelola file ini telah digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna Android dengan ulasan yang umumnya bagus.

Manajer File mendukung semua format file: file baru, unduhan, video, audio, gambar, aplikasi, dokumen, dan arsip. Ini juga mendukung fungsi FTP yang memungkinkan Kamu mengakses penyimpanan perangkat Android dari PC Kamu.

Fitur hebat lainnya mencakup kemampuan untuk mengompresi dan mendekompresi arsip ZIP/RAR, Recycle Bin untuk memulihkan file yang terhapus, menelusuri dan menghapus item yang tidak terpakai untuk mengosongkan lebih banyak ruang, dan banyak lagi.

6.      Cx File Explorer

Aplikasi manajemen file ini diklaim memiliki antarmuka yang bersih dan intuitif. Itu juga dilengkapi dengan sejumlah fitur yang membantu pengguna mengelola file di ponsel mereka dengan lebih mudah. Bahkan Cx File Explorer mampu memberikan pengalaman yang sama seperti yang Kamu lakukan di Windows Explorer atau Finder di PC atau Mac.

Cx File Explorer dikembangkan dengan mempertimbangkan pengalaman pengguna yang ramah. Kamu dapat dengan mudah menelusuri, memindahkan, menyalin, mengompresi, mengganti nama, mengekstrak, menghapus, membuat dan berbagi file (folder) di penyimpanan internal dan eksternal perangkat seluler Kamu.

Fitur keren lainnya adalah kemampuan untuk mengakses file di NAS Kamu (penyimpanan terlampir jaringan). Artinya Kamu dapat mengakses file di penyimpanan jarak jauh atau share seperti FTP, FTPS, SFTP, SMB, WebDAV dan LAN. Kamu juga dapat mengakses perangkat seluler dari PC menggunakan FTP (File Transfer Protocol).

7.      FileMaster

Tidak hanya dapat digunakan sebagai pengelola file, FileMaster juga dapat membantu Kamu mengoptimalkan ponsel dengan pembersih file sampah, penguat ponsel, pengelola aplikasi, pendingin CPU, dan transfer file. Dengan banyaknya fitur unggulan, tidak heran jika FileMaster lebih banyak digunakan oleh pengguna Android.

Salah satu fitur utamanya adalah File Cleaner. Ini dapat digunakan untuk menghapus file sampah dari cache sistem dan cache aplikasi untuk mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel. Lalu ada fitur Smart Library File Explorer di mana Kamu dapat mengkategorikan semua file ke dalam unduhan dari Internet, Bluetooth dari perangkat terdekat, dll.

FileMaster juga mendukung fitur Root Explorer, yang berguna bagi sebagian pengguna untuk menjelajahi, mengedit, menyalin, menempel, dan menghapus file dari partisi root memori ponsel untuk tujuan pengembangan. Dan masih banyak fitur lain yang bisa kamu dapatkan di sini.

8.      File Command Manager & Cloud

Jangan lupa ada File Command Manager & Cloud. Aplikasi ini memungkinkan Kamu mengelola semua jenis file di ponsel dengan mudah berkat antarmuka pengguna dan kontrolnya yang intuitif. Aplikasi ini bahkan memiliki fitur konversi file yang mampu mengkonversi lebih dari 1000 jenis file berbeda.

Sebagai pengguna, Kamu juga akan memiliki akses ke penyimpanan cloud MobiDrive, tempat Kamu dapat menyimpan semua jenis file yang Kamu miliki tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Nah, itu dia 9 daftar aplikasi file manager terbaik dan praktis untuk kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengelola file-file di smartphone kamu. Jika kamu punya saran atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Baca Juga