fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Rekomendasi dan Cara Menggunakan Aplikasi Edit Foto ala Selebgram

Dhian rama

Dewabiz – Salah satu cara untuk menarik perhatian pengguna Instagram adalah dengan mengunggah foto-foto yang keren, unik, dan estetik. Namun, untuk membuat foto seperti itu tidaklah mudah. Kamu perlu memiliki kamera yang bagus, pencahayaan yang pas, dan tentu saja kemampuan mengedit foto yang baik.

Tapi jangan khawatir, karena sekarang ada banyak aplikasi edit foto ala selebgram yang bisa Kamu gunakan di smartphone Kamu. Aplikasi-aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan filter yang bisa membantu Kamu membuat foto-foto Kamu lebih menawan.

Namun, dengan begitu banyaknya aplikasi edit foto yang tersedia, mana yang sebaiknya Kamu pilih? Dan bagaimana cara menggunakan aplikasi edit foto ala selebgram tersebut agar hasilnya sesuai dengan yang Kamu inginkan? Simak ulasannya berikut ini!

Rekomendasi Cara Menggunakan Aplikasi Edit Foto Ala Selebgram

1. VSCO: Photo & Video Editor

VSCO adalah salah satu aplikasi edit foto ala selebgram yang paling populer dan banyak digunakan. Aplikasi ini menyediakan banyak preset filter berkualitas tinggi yang bisa Kamu terapkan pada foto-foto Kamu dengan sekali klik.

Selain itu, VSCO juga memiliki fitur pengaturan warna dan kontras yang canggih, sehingga Kamu bisa mengubah tone warna pada foto Kamu sesuai dengan selera Kamu. VSCO juga memiliki fitur Grid yang bisa membantu Kamu mengatur komposisi foto Kamu agar lebih simetris dan rapi.

Cara menggunakan VSCO sangat mudah. Pertama, Kamu bisa memilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, Kamu bisa memilih filter yang Kamu suka dari menu bawah. Kamu bisa menggeser slider untuk mengatur kekuatan filter tersebut.

Selanjutnya, Kamu bisa menyesuaikan warna, kontras, saturasi, eksposur, dan parameter lainnya dari menu edit. Kamu bisa menggeser slider atau memilih nilai numerik untuk mengubah setiap parameter tersebut.

Setelah selesai mengedit, Kamu bisa menyimpan foto Kamu ke galeri smartphone Kamu atau membagikannya langsung ke media sosial seperti Instagram.

2. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto ala selebgram besutan Google yang memiliki fitur-fitur lengkap dan menarik. Aplikasi ini bisa membuat foto-foto Kamu lebih terang, tajam, dan detail dengan mudah. Salah satu fitur unggulan Snapseed adalah Selective Tool, yang memungkinkan Kamu mengedit bagian tertentu dari foto Kamu tanpa mengubah bagian lainnya.

Misalnya, Kamu bisa meningkatkan warna atau kecerahan pada bunga tanpa mengubah warna atau kecerahan pada langit. Selain itu, Snapseed juga memiliki fitur Healing Tool, yang bisa menghapus objek-objek yang tidak diinginkan dari foto Kamu dengan mudah.

Misalnya, Kamu bisa menghapus orang-orang asing atau sampah dari latar belakang foto Kamu. Cara menggunakan Snapseed juga tidak sulit. Pertama, pilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Tools untuk melihat berbagai fitur editing yang tersedia.

Kamu bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, seperti Tune Image untuk mengatur warna dan kontras, Crop untuk memotong gambar, Rotate untuk memutar gambar, dan lain-lain.

Setiap fitur memiliki slider atau tombol untuk mengubah parameter-parameter tertentu. Setelah selesai mengedit, pilih menu Export untuk menyimpan atau membagikan foto Kamu.

3. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang khusus dibuat untuk mempermainkan cahaya dalam sebuah foto. Aplikasi ini bisa membuat foto-foto Kamu lebih hidup dan dramatis dengan efek-efek cahaya yang menakjubkan.

Aplikasi ini juga memiliki banyak preset filter profesional yang bisa membuat foto-foto Kamu terlihat seperti hasil jepretan kamera DSLR. Selain itu, Adobe Lightroom juga memiliki fitur Curves dan Color Mix, yang bisa membantu Kamu mengubah warna-warna spesifik pada foto Kamu.

Cara menggunakan Adobe Lightroom cukup sederhana. Pertama, pilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Presets untuk melihat berbagai filter yang tersedia. Kamu bisa memilih filter yang sesuai dengan tema atau suasana foto Kamu, seperti Landscape, Portrait, Vintage, dan lain-lain.

Kamu juga bisa menggeser slider untuk mengatur kekuatan filter tersebut. Selanjutnya, Kamu bisa menyesuaikan cahaya, warna, detail, dan efek pada foto Kamu dari menu Edit.

Kamu bisa menggeser slider atau memilih nilai numerik untuk mengubah setiap parameter tersebut. Setelah selesai mengedit, pilih menu Share untuk menyimpan atau membagikan foto Kamu.

4. PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang sangat kreatif dan menyenangkan. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan efek yang bisa membuat foto-foto Kamu lebih unik dan menarik.

Salah satu fitur yang paling digemari dari PicsArt adalah Sticker Tool, yang bisa menambahkan stiker-stiker lucu dan keren ke foto Kamu. Kamu bisa memilih stiker dari koleksi PicsArt atau membuat stiker sendiri dari foto Kamu.

Selain itu, PicsArt juga memiliki fitur Collage Maker, yang bisa membantu Kamu membuat kolase foto dengan berbagai layout dan gaya. Kamu juga bisa menambahkan teks, bingkai, latar belakang, dan elemen-elemen lainnya ke kolase foto Kamu.

Cara menggunakan PicsArt juga sangat mudah. Pertama, pilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Tools untuk melihat berbagai fitur editing yang tersedia.

Kamu bisa memilih fitur yang sesuai dengan kreativitas Kamu, seperti Crop untuk memotong gambar, Shape Mask untuk memberikan bentuk tertentu pada gambar, Dispersion untuk memberikan efek pecah pada gambar, dan lain-lain.

Setiap fitur memiliki slider atau tombol untuk mengubah parameter-parameter tertentu. Setelah selesai mengedit, pilih menu Save untuk menyimpan atau membagikan foto Kamu.

5. Pixlr

Pixlr adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang memiliki fitur-fitur sederhana namun efektif. Aplikasi ini bisa membuat foto-foto Kamu lebih cantik dan natural dengan mudah. Salah satu fitur andalan Pixlr adalah Auto Fix, yang bisa secara otomatis mengatur warna, kontras, dan kecerahan pada foto Kamu dengan sekali klik.

Fitur ini sangat berguna jika Kamu tidak ingin repot-repot mengedit foto secara manual. Selain itu, Pixlr juga memiliki fitur Beauty Tool, yang bisa membantu Kamu mempercantik wajah Kamu dengan mudah. Fitur ini bisa menghapus noda-noda pada wajah, memutihkan gigi, memperbesar mata, dan lain-lain.

Cara menggunakan Pixlr juga sangat simpel. Pertama, pilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Adjustment untuk melihat berbagai fitur editing yang tersedia.

Kamu bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, seperti Auto Fix untuk mengatur warna dan kontras secara otomatis, Rotate untuk memutar gambar, Crop untuk memotong gambar, dan lain-lain.

Setiap fitur memiliki slider atau tombol untuk mengubah parameter-parameter tertentu. Setelah selesai mengedit, pilih menu Save untuk menyimpan atau membagikan foto Kamu.

6. Canva

Canva adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang sangat cocok untuk Kamu yang suka berkreasi dengan berbagai desain grafis. Aplikasi ini bisa membantu Kamu membuat foto-foto Kamu lebih menarik dengan menambahkan teks, ikon, logo, bingkai, dan elemen-elemen lainnya.

Salah satu fitur menarik dari Canva adalah Template Tool, yang bisa memberikan Kamu inspirasi untuk membuat desain-desain keren dengan mudah. Kamu bisa memilih template dari berbagai kategori, seperti Poster, Flyer, Kartu Ucapan, dan lain-lain.

Selain itu, Canva juga memiliki fitur Photo Editor, yang bisa membantu Kamu mengedit foto-foto Kamu dengan berbagai fitur dasar, seperti Crop, Rotate, Filter, Adjust, dan lain-lain.

Cara menggunakan Canva juga sangat simpel. Pertama, pilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Design untuk melihat berbagai template yang tersedia.

Kamu bisa memilih template yang sesuai dengan tujuan atau tema foto Kamu, seperti Instagram Story, Facebook Post, YouTube Thumbnail, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengubah warna, ukuran, font, dan posisi teks atau elemen lainnya pada template tersebut.

Selanjutnya, Kamu bisa menyesuaikan foto Kamu dari menu Photo Editor. Kamu bisa menggeser slider atau memilih nilai numerik untuk mengubah setiap parameter tersebut. Setelah selesai mengedit, pilih menu Share untuk menyimpan atau membagikan foto Kamu.

7. Prisma Photo Editor

Prisma Photo Editor adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang bisa membuat foto-foto Kamu terlihat seperti karya seni. Aplikasi ini bisa mengubah foto-foto Kamu menjadi lukisan-lukisan indah dengan berbagai gaya seni, seperti Impresionisme, Ekspresionisme, Kubisme, dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memiliki banyak filter artistik yang bisa membuat foto-foto Kamu terlihat seperti karya-karya seniman terkenal, seperti Van Gogh, Picasso, Monet, dan lain-lain.

Cara menggunakan Prisma Photo Editor sangat mudah. Pertama, pilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Styles untuk melihat berbagai filter artistik yang tersedia.

Kamu bisa memilih filter yang sesuai dengan selera atau mood Kamu. Kamu juga bisa menggeser slider untuk mengatur kekuatan filter tersebut.

Setelah selesai mengedit, pilih menu Save untuk menyimpan atau membagikan foto Kamu.

8. Instagram

Instagram adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Aplikasi ini tidak hanya bisa membantu Kamu berbagi foto-foto Kamu dengan pengikut Kamu, tetapi juga bisa membantu Kamu mengedit foto-foto Kamu dengan berbagai fitur dan filter yang menarik.

Salah satu fitur unik dari Instagram adalah Stories Tool, yang bisa membantu Kamu membuat cerita-cerita singkat dengan foto-foto atau video-video Kamu. Kamu bisa menambahkan teks, stiker, musik, efek-efek khusus, dan elemen-elemen lainnya ke Stories Kamu.

Selain itu, Instagram juga memiliki fitur Reels Tool, yang bisa membantu Kamu membuat video-video pendek dengan musik atau suara latar belakang. Fitur ini sangat cocok untuk Kamu yang suka membuat konten-konten lucu atau kreatif.

Cara menggunakan Instagram juga sangat gampang. Pertama, pilih foto atau video yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Edit untuk melihat berbagai fitur editing yang tersedia.

Kamu bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, seperti Filter untuk memberikan efek warna pada foto atau video Kamu, Adjust untuk mengatur kontras atau kecerahan pada foto atau video Kamu, Trim untuk memotong durasi video Kamu, dan lain-lain.

Setelah selesai mengedit, pilih menu Share untuk menyimpan atau membagikan foto atau video Kamu ke Feed atau Stories.

9. Fotor

Fotor adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang sangat mudah dan praktis digunakan. Aplikasi ini bisa membantu Kamu membuat foto-foto Kamu lebih menonjol dengan berbagai fitur dan filter yang keren.

Salah satu fitur menarik dari Fotor adalah HDR Tool, yang bisa membuat foto-foto Kamu lebih tajam dan detail dengan efek HDR (High Dynamic Range). Fitur ini sangat berguna jika Kamu ingin membuat foto-foto Kamu terlihat lebih dramatis dan realistis.

Selain itu, Fotor juga memiliki fitur Collage Tool, yang bisa membantu Kamu membuat kolase foto dengan berbagai bentuk dan gaya. Kamu bisa memilih bentuk dari koleksi Fotor atau membuat bentuk sendiri dengan fitur Freestyle.

Cara menggunakan Fotor juga sangat simpel. Pertama, pilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Enhance untuk melihat berbagai fitur editing yang tersedia.

Kamu bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, seperti HDR untuk memberikan efek HDR pada foto Kamu, Crop untuk memotong gambar, Rotate untuk memutar gambar, dan lain-lain.

Setiap fitur memiliki slider atau tombol untuk mengubah parameter-parameter tertentu. Setelah selesai mengedit, pilih menu Save untuk menyimpan atau membagikan foto Kamu.

10. PhotoGrid

PhotoGrid adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang sangat cocok untuk Kamu yang suka bermain-main dengan berbagai efek dan stiker. Aplikasi ini bisa membantu Kamu membuat foto-foto Kamu lebih lucu dan kreatif dengan mudah.

Salah satu fitur unik dari PhotoGrid adalah Doodle Tool, yang bisa membantu Kamu menggambar atau menulis apa saja di atas foto Kamu dengan berbagai warna dan gaya. Fitur ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin menambahkan pesan atau komentar pada foto Kamu.

Selain itu, PhotoGrid juga memiliki fitur Sticker Tool, yang bisa membantu Kamu menambahkan stiker-stiker lucu dan keren ke foto Kamu. Kamu bisa memilih stiker dari koleksi PhotoGrid atau membuat stiker sendiri dari foto Kamu.

Cara menggunakan PhotoGrid juga sangat mudah. Pertama, pilih foto yang ingin Kamu edit dari galeri smartphone Kamu. Kemudian, pilih menu Edit untuk melihat berbagai fitur editing yang tersedia.

Kamu bisa memilih fitur yang sesuai dengan kreativitas Kamu, seperti Doodle untuk menggambar atau menulis di atas foto Kamu, Sticker untuk menambahkan stiker ke foto Kamu, Filter untuk memberikan efek warna pada foto Kamu, dan lain-lain.

Setiap fitur memiliki slider atau tombol untuk mengubah parameter-parameter tertentu. Setelah selesai mengedit, pilih menu Save untuk menyimpan atau membagikan foto Kamu.

11. FaceApp

FaceApp adalah aplikasi edit foto ala selebgram yang bisa membuat foto-foto Kamu terlihat lebih muda, tua, atau berbeda jenis kelamin dengan mudah. Aplikasi ini bisa mengubah wajah Kamu dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang canggih.

Salah satu fitur menarik dari FaceApp adalah Age Tool, yang bisa membuat foto-foto Kamu terlihat lebih muda atau tua dengan sekali klik. Fitur ini sangat berguna jika Kamu ingin melihat bagaimana penampilan Kamu di masa depan atau masa lalu.

Itulah rekomendasi dan cara menggunakan aplikasi edit foto ala selebgram terbaik untuk Android dan iPhone. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini, Kamu bisa membuat foto-foto Kamu lebih keren, unik, dan estetik dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu yang ingin meningkatkan kualitas foto-foto Instagram Kamu. Selamat mencoba!

Baca Juga