fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Rekomendasi Aplikasi Edit Audio Android dengan Cara yang Mudah

Dhian rama

Dewabiz – Android adalah system operasi yang populer di seluruh dunia. Banyak orang yang menggunakan smartphone Android untuk berbagai keperluan, termasuk untuk merekam dan mengedit audio. Apakah Kamu salah satunya? Jika ya, maka Kamu mungkin pernah merasa kesulitan untuk mengedit audio di Android.

Mungkin Kamu ingin memotong bagian tertentu dari audio, menggabungkan beberapa audio menjadi satu, mengubah format audio, menambahkan efek suara, atau bahkan membuat musik sendiri. Untuk melakukan hal-hal tersebut, Kamu membutuhkan aplikasi edit audio Android yang berkualitas dan mudah digunakan.

Namun, dengan begitu banyaknya aplikasi edit audio Android yang tersedia di Google Play Store, mana yang sebaiknya Kamu pilih? Tenang saja, di artikel ini saya akan memberikan rekomendasi aplikasi edit audio Android terbaik dan gratis yang bisa Kamu coba. Saya juga akan memberikan cara edit audio Android menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Berikut tutornya:

Aplikasi Edit Audio Android Terbaik dan Gratis

Berikut ini adalah beberapa aplikasi edit audio Android terbaik dan gratis yang saya rekomendasikan untuk Kamu:

1.     Audiolab

Audiolab adalah aplikasi edit audio Android yang sangat lengkap dan powerful. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur canggih yang bisa Kamu gunakan untuk mengedit audio sesuai keinginan Kamu.

Beberapa fitur Audiolab antara lain:

  • Memotong, menggabungkan, membagi, membalik, memutar, dan mengubah tempo audio.
  • Mengonversi format audio ke MP3, WAV, AAC, FLAC, M4A, OGG, dan lain-lain.
  • Menambahkan efek suara seperti echo, reverb, chorus, flanger, pitch shift, dan lain-lain.
  • Merekam suara dengan kualitas tinggi dan mengeditnya langsung di aplikasi.
  • Membuat ringtone, alarm, notifikasi, atau musik dari audio yang ada.
  • Menghapus suara dari video atau menambahkan suara ke video.

Cara edit audio Android menggunakan Audiolab sangat mudah. Kamu tinggal membuka aplikasi ini dan memilih fitur yang Kamu inginkan. Kemudian, Kamu bisa memilih audio yang ingin Kamu edit dari galeri atau merekam suara baru.

Setelah itu, Kamu bisa melakukan pengeditan sesuai keinginan Kamu dengan menggunakan berbagai alat yang tersedia. Kamu juga bisa mendengarkan hasilnya sebelum menyimpannya.

Audiolab memiliki rating 4.5 di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali. Ukuran filenya sekitar 28 MB dan kompatibel dengan Android versi 5.0 ke atas. Kamu bisa mendownload Audiolab secara gratis di sini.

2.     WaveEditor

WaveEditor adalah aplikasi edit audio Android yang profesional dan user-friendly. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah dipahami oleh pemula maupun ahli. Beberapa fitur WaveEditor antara lain:

  • Memotong, menyalin, menempel, menghapus, membagi, dan menggabungkan audio.
    • Mengonversi format audio ke MP3, WAV, AAC, FLAC, OGG, AIFF, dsb.
    • Menambahkan efek suara seperti equalizer, kompresor, limiter, noise gate, dsb.
    • Merekam suara dengan kualitas tinggi dan mengeditnya langsung di aplikasi.
    • Mengimpor dan mengekspor file audio dari berbagai sumber seperti Google Drive, Dropbox, dsb.
    • Mendukung multi-track editing hingga 32 track.

Cara edit audio Android menggunakan WaveEditor juga sangat mudah. Kamu tinggal membuka aplikasi ini dan memilih file audio yang ingin Kamu edit atau merekam suara baru.

Kemudian, Kamu bisa melihat gelombang suara di layar dan melakukan pengeditan dengan menggunakan berbagai alat yang tersedia. Kamu juga bisa mendengarkan hasilnya sebelum menyimpannya.

WaveEditor memiliki rating 4.0 di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali. Ukuran filenya sekitar 15 MB dan kompatibel dengan Android versi 4.3 ke atas. Kamu bisa mendownload WaveEditor secara gratis di sini.

3.     Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor adalah aplikasi edit audio Android yang sederhana namun efektif. Aplikasi ini cocok untuk Kamu yang ingin melakukan pengeditan audio dasar seperti memotong, menyalin, menempel, dsb. Beberapa fitur Lexis Audio Editor antara lain:

  • Memotong, menyalin, menempel, menghapus, membagi, dan menggabungkan audio.
  • Mengonversi format audio ke MP3, WAV, FLAC, M4A, dsb.
  • Menambahkan efek suara seperti normalize, noise reduction, fade in/out, dsb.
  • Mengubah nada dan tempo audio.
  • Merekam suara dengan kualitas tinggi dan mengeditnya langsung di aplikasi.
  • Mengimpor dan mengekspor file audio dari berbagai sumber seperti Google Drive, Dropbox, dsb.

Cara edit audio Android menggunakan Lexis Audio Editor juga sangat mudah. Kamu tinggal membuka aplikasi ini dan memilih file audio yang ingin Kamu edit atau merekam suara baru.

Kemudian, Kamu bisa melihat gelombang suara di layar dan melakukan pengeditan dengan menggunakan berbagai alat yang tersedia. Kamu juga bisa mendengarkan hasilnya sebelum menyimpannya.

Lexis Audio Editor memiliki rating 4.5 di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 5 juta kali. Ukuran filenya sekitar 9 MB dan kompatibel dengan Android versi 4.1 ke atas.

Kamu bisa mendownload Lexis Audio Editor secara gratis di sini.

4.     Music Maker JAM

Music Maker JAM adalah aplikasi edit audio Android yang unik dan menyenangkan. Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk membuat musik sendiri dengan mudah dan cepat. Beberapa fitur Music Maker JAM antara lain:

  • Memilih dari berbagai genre musik seperti hip hop, rock, pop, edm, dsb.
  • Memilih dari ribuan loop, beat, dan sample musik yang berkualitas tinggi.
  • Mengatur tempo, harmoni, volume, dan efek musik sesuai keinginan Kamu.
  • Merekam suara atau rap Kamu sendiri dan menambahkannya ke musik Kamu.
  • Membuat remix musik dengan menggabungkan berbagai genre musik.
  • Berbagi musik Kamu ke komunitas Music Maker JAM atau media sosial lainnya.

Cara edit audio Android menggunakan Music Maker JAM juga sangat mudah. Kamu tinggal membuka aplikasi ini dan memilih genre musik yang Kamu inginkan.

Kemudian, Kamu bisa memilih loop, beat, dan sample musik yang Kamu sukai dan menariknya ke layar. Kamu juga bisa merekam suara atau rap Kamu sendiri dan menambahkannya ke musik Kamu.

Setelah itu, Kamu bisa mengatur tempo, harmoni, volume, dan efek musik sesuai keinginan Kamu. Kamu juga bisa mendengarkan hasilnya sebelum menyimpannya.

Music Maker JAM memiliki rating 4.5 di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Ukuran filenya sekitar 100 MB dan kompatibel dengan Android versi 5.0 ke atas. Kamu bisa mendownload Music Maker JAM secara gratis di sini.

5.     MP3 Cutter and Ringtone Maker

MP3 Cutter and Ringtone Maker adalah aplikasi edit audio Android yang simpel namun berguna. Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk memotong bagian tertentu dari audio dan menjadikannya sebagai ringtone, alarm, notifikasi, atau musik. Beberapa fitur MP3 Cutter and Ringtone Maker antara lain:

  • Memotong bagian tertentu dari audio dengan mudah dan akurat.
  • Menyimpan hasil potongan audio sebagai MP3 atau AAC.
  • Menetapkan hasil potongan audio sebagai ringtone, alarm, notifikasi, atau musik.
  • Mengelola semua file audio yang telah dipotong di aplikasi.
  • Mendukung berbagai format audio seperti MP3, WAV, AAC, AMR, dsb.

Cara edit audio Android menggunakan MP3 Cutter and Ringtone Maker juga sangat mudah. Kamu tinggal membuka aplikasi ini dan memilih file audio yang ingin Kamu potong.

Kemudian, Kamu bisa melihat gelombang suara di layar dan menyesuaikan slider untuk memilih bagian yang ingin Kamu potong. Kamu juga bisa memasukkan waktu awal dan akhir secara manual.

Setelah itu, Kamu bisa menyimpan hasil potongan audio sebagai MP3 atau AAC. Kamu juga bisa menetapkan hasil potongan audio sebagai ringtone, alarm, notifikasi, atau musik.

MP3 Cutter and Ringtone Maker memiliki rating 4.5 di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 50 juta kali. Ukuran filenya sekitar 4 MB dan kompatibel dengan Android versi 4.1 ke atas.

Kamu bisa mendownload MP3 Cutter and Ringtone Maker secara gratis.

Cara Edit Audio Android Mudah dengan Aplikasi

Setelah Kamu mengetahui beberapa aplikasi edit audio Android terbaik dan gratis yang bisa Kamu coba, sekarang saya akan memberikan cara edit audio Android dengan mudah menggunakan salah satu aplikasi tersebut, yaitu Audiolab. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

·        Buka Aplikasi Audiolab

Pertama-tama, Kamu harus membuka aplikasi Audiolab di smartphone Android Kamu. Jika Kamu belum memiliki aplikasi ini, Kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Setelah Kamu membuka aplikasi Audiolab, Kamu akan melihat tampilan utama yang berisi beberapa fitur yang bisa Kamu gunakan untuk mengedit audio.

·        Pilih Fitur yang Ingin Digunakan

Selanjutnya, Kamu harus memilih fitur yang ingin digunakan untuk mengedit audio. Ada beberapa fitur yang bisa Kamu pilih, antara lain:

  • Audio Cutter: untuk memotong bagian tertentu dari audio.
    • Audio Merger: untuk menggabungkan beberapa audio menjadi satu.
    • Audio Splitter: untuk membagi audio menjadi beberapa bagian.
    • Audio Converter: untuk mengubah format audio ke format lain.
    • Audio Mixer: untuk mencampurkan dua atau lebih audio menjadi satu.
    • Audio Recorder: untuk merekam suara dengan kualitas tinggi.
    • Audio Player: untuk memutar audio yang ada di galeri atau di aplikasi.
    • Audio Editor: untuk melakukan pengeditan lanjutan seperti menambahkan efek suara, mengubah tempo, dsb.
    • Ringtone Maker: untuk membuat ringtone, alarm, notifikasi, atau musik dari audio yang ada.
    • Video to Audio: untuk menghapus suara dari video atau menambahkan suara ke video.

Kamu bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan Kamu dengan mengetuk ikonnya di layar.

·        Pilih atau Rekam Audio yang Ingin Diedit

Setelah Kamu memilih fitur yang ingin digunakan, Kamu harus memilih atau merekam audio yang ingin diedit. Ada beberapa cara untuk memilih atau merekam audio, antara lain:

  • Mengimpor audio dari galeri dengan mengetuk ikon folder di pojok kanan atas layar.
    • Mengimpor audio dari Google Drive, Dropbox, atau sumber lainnya dengan mengetuk ikon cloud di pojok kanan atas layar.
    • Merekam suara baru dengan mengetuk ikon mikrofon di pojok kanan atas layar.

Kamu bisa memilih atau merekam audio sesuai dengan fitur yang Kamu pilih. Misalnya, jika Kamu memilih fitur Audio Merger, maka Kamu harus memilih minimal dua audio yang ingin digabungkan.

·        Lakukan Pengeditan Sesuai Keinginan

Setelah Kamu memilih atau merekam audio yang ingin diedit, Kamu bisa melakukan pengeditan sesuai keinginan Kamu dengan menggunakan berbagai alat yang tersedia di aplikasi.

Misalnya, jika Kamu memilih fitur Audio Cutter, maka Kamu bisa memotong bagian tertentu dari audio dengan menyesuaikan slider di bawah gelombang suara. Kamu juga bisa memasukkan waktu awal dan akhir secara manual.

Selain itu, Kamu juga bisa menambahkan efek suara seperti echo, reverb, chorus, flanger, pitch shift, dsb dengan mengetuk ikon magic wand di pojok kanan bawah layar. Kamu juga bisa mengubah tempo, pitch, volume, dsb dengan mengetuk ikon gear di pojok kanan bawah layar.

Dan Kamu juga bisa mendengarkan hasil pengeditan sebelum menyimpannya dengan mengetuk ikon play di tengah layar.

·        Simpan Hasil Pengeditan

Setelah Kamu selesai melakukan pengeditan sesuai keinginan Kamu, Kamu bisa menyimpan hasil pengeditan dengan mengetuk ikon disket di pojok kanan atas layar.

Kamu bisa memilih format audio yang Kamu inginkan, seperti MP3, WAV, AAC, FLAC, M4A, OGG, dsb. Kamu juga bisa menetapkan nama file dan lokasi penyimpanan yang Kamu inginkan. Dan Kamu juga bisa menetapkan hasil pengeditan sebagai ringtone, alarm, notifikasi, atau musik dengan mengetuk ikon bell di pojok kanan atas layar.

Setelah Kamu menetapkan semua pilihan yang Kamu inginkan, Kamu bisa mengetuk tombol Save untuk menyimpan hasil pengeditan.

Tips dan Trik Edit Audio Android dengan Aplikasi Pendukung

Selain menggunakan aplikasi edit audio Android, Kamu juga bisa melakukan beberapa tips dan trik edit audio Android yang bisa meningkatkan kualitas dan efisiensi pengeditan Kamu.

Dengan adanya tips dan trik mengedit audia di android, Kamu dapat dengan mudah mengakses untuk mendengar suara musik atau berupa video, sehingga kedenngarannya lebih jelas dan lebih peka. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik edit audio Android yang bisa Kamu coba:

• Gunakan Headphone atau Earphone Saat Mengedit Audio

Hal ini akan membantu Kamu mendengar suara dengan lebih jelas dan detail, sehingga Kamu bisa mengedit audio dengan lebih akurat dan optimal.

• Gunakan Fitur Undo dan Redo Saat Mengedit Audio

Hal ini akan memudahkan Kamu untuk membatalkan atau mengulangi aksi yang telah Kamu lakukan, sehingga Kamu bisa mengedit audio dengan lebih fleksibel dan mudah.

• Gunakan Fitur Zoom In dan Zoom Out Saat Mengedit Audio

Hal ini akan membantu Kamu melihat gelombang suara dengan lebih dekat atau jauh, sehingga Kamu bisa mengedit audio dengan lebih presisi dan nyaman.

• Gunakan Fitur Preview Saat Mengedit Audio

Hal ini akan memungkinkan Kamu mendengarkan hasil pengeditan sebelum menyimpannya, sehingga Kamu bisa mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi.

• Gunakan Fitur Share Saat Mengedit Audio

Hal ini akan memudahkan Kamu untuk berbagi hasil pengeditan ke media sosial atau aplikasi lainnya, sehingga Kamu bisa menunjukkan karya Kamu ke orang lain.

Dengan menggunakan tips dan trik edit audio Android di atas, Kamu bisa mengedit audio dengan lebih mudah dan cepat. Kamu juga bisa mendapatkan hasil pengeditan yang lebih baik dan berkualitas.

Dengan menggunakan tips dan trik edit audio Android di atas, Kamu bisa mengedit audio dengan lebih mudah dan cepat. Kamu juga bisa mendapatkan hasil pengeditan yang lebih baik dan berkualitas.

Demikianlah, artikel tentang rekomendasi dan cara edit audio Android yang saya sajikan untuk Kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu. Jika Kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

Baca Juga