fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

AplikasiGeneral

13 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk PC 2023

Dhian rama

Aplikasi Desain Rumah – Dahulu, para arsitek menggambar denah bangunan dengan manual di atas kertas. Hal ini tentu saja membutuhkan waktu yang lama, dan arsitek juga harus sangat teliti.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang pesat, kini Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk mendesain rumah minimalis, interior rumah, atau bangunan secara cepat dan mudah. Aplikasi untuk mendesain bangunan ini dapat membuat desain 2D dan 3D dari berbagai jenis bangunan.

Terdapat juga sejumlah fitur otomatis dalam aplikasi ini yang memudahkan orang untuk mendesain bangunan secara instan. Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh orang yang baru memulai menjadi desainer di dunia arsitektur karena sangat mudah digunakan.

13 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk PC 2023

Nah, jika Kamu tertarik dengan dunia arsitektur atau ingin belajar mendesain, berikut ini adalah 13 Aplikasi Desain Rumah terbaik yang menurut kami harus Kamu coba. Aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan di PC Kamu bahkan ketika Kamu tidak online. Berikut adalah daftarnya:

1. Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10 adalah aplikasi lengkap dengan fitur-fitur yang sangat bagus untuk desainer interior baru dan berpengalaman. Kamu tidak perlu lagi mencari model 3D di Google karena ada begitu banyak pilihan.

Aplikasi ini tidak hanya dapat menghidupkan ruangan di rumah Kamu, tetapi juga dapat digunakan untuk mendesain beranda atau dek. Hasil rendering 3D perangkat lunak ini juga memiliki kualitas yang terjamin ketajamannya. Kualitas teksturnya sangat jernih sehingga terlihat seperti aslinya.

Oleh karena itu, masuk akal jika perangkat lunak ini memiliki persyaratan spesifikasi PC yang mumpuni. Setidaknya, Kamu harus menggunakan VGA dengan memori 2 GB. Semakin besar, semakin baik, karena akan membuat rendering model 3D lebih cepat dan lebih baik. Jangan lupa untuk memastikan Kamu memiliki RAM minimal 8 GB, tetapi 4 GB pun sudah cukup.

Terakhir, perangkat lunak ini dapat digunakan dengan sistem operasi Windows 7, 8, dan 10 64 bit. HDD harus memiliki kapasitas minimal 10 GB. Mari keluarkan uang sebesar $99,99 dan unduh perangkat lunak ini.

2. Aplikasi Desain Rumah – RoomSketcher Pro

RoomSketcher adalah aplikasi gratis, tetapi juga memiliki beberapa paket berbayar. Salah satunya adalah versi Pro, yang memiliki semua fitur versi VIP ditambah beberapa fitur tambahan. Versi Pro memungkinkan Kamu menambahkan nama merek pada denah lantai, yang berguna jika Kamu bekerja untuk sebuah perusahaan.

Versi Pro juga memungkinkan pengguna membuat perubahan yang lebih indah pada denah 3D dan melihatnya dari berbagai sudut. Ada juga banyak fitur lain yang tidak ditemukan di tempat lain, seperti kemampuan untuk menghitung luas total dan mengukur denah. Perangkat lunak ini tersedia untuk Windows, Mac, Android, dan tablet iOS dengan harga $99 per tahun.

3. Chief Architect Premier

Menggunakan Chief Architect Premier akan memudahkan Kamu dalam menggambar rumah. Tak jarang terjadi Ketika arsitek kesulitan untuk menjelaskan proyek kepada klien. Untuk itulah Chief Architect Premier hadir sebagai solusi menggambar desain rumah dengan informasi ukuran yang detail dan ilustrasi 3D bisa di kalkulasi secara otomatis.

Aplikasi ini tidak memakan terlalu banyak ruang di HDD atau SSD Kamu, karena hanya membutuhkan ruang kosong sebesar 5 GB. Chief Architect Premier juga tersedia untuk MacOS dan Windows 64 bit versi 7, 8, dan 10. (Catalina, Mojave, Big Sur). Pastikan laptop atau PC Kamu memiliki RAM 4GB dan VGA dengan VRAM 1GB.

Jika kita berbicara maslah harga, aplikasi Chief Archiect Premier ini sangat mahal, dan itu salah satu hal yang sangat disayangkan. Harganya $2695 untuk membelinya, atau Kamu bisa menyewanya dengan harga $199 per bulan.

4. TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2021

TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2021 adalah pilihan yang baik jika Kamu menginginkan Aplikasi Desain Rumah untuk MacBook Kamu. Nilai jual utama aplikasi ini adalah kemudahan penggunaannya.

Pengembang aplikasi ini mengatakan bahwa meskipun namanya mengandung kata “Pro”, orang yang tidak memiliki keahlian di bidang arsitek pun dapat menggunakannya.

Aplikasi ini memiliki beberapa tab yang berbeda, dan salah satunya adalah untuk mendesain atap. Pastikan Mac atau MacBook Kamu minimal versi 10.9 untuk dapat menginstalnya. Di sini, Kamu bisa membayar $199.99 untuk mendapatkan perangkat lunak ini.

5. Floor Plan 2020 Home & Landscape Pro

Aplikasi lain yang bisa digunakan di PC dan laptop untuk membuat denah rumah dan bangunan adalah Floor Plan 2020 Home & Landscape Pro. Floor Plan 2020 Home & Landscape Pro juga merupakan sebuah “simulasi” dari mendesain sebuah rumah.

Ya, karena ada 360 degree Online Viewer, pengguna tidak perlu bingung akan seperti apa hasil akhir dari sebuah desain. Jadi, Kamu bisa melihat-lihat rumah dan mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang ada di dalamnya.

Aplikasi ini dibuat untuk arsitek profesional, tetapi Kamu juga bisa menggunakan fitur-fiturnya jika masih pemula. Seret dan lepas adalah cara sederhana untuk menggunakan aplikasi ini. Ada juga ratusan video di Pusat Pelatihan. Di dalam aplikasi ini juga terdapat beberapa tips dan trik untuk membantu Kamu menjadi lebih baik dalam menggunakan aplikasi ini.

Harganya berada di kisaran $ 199,99, cukup tinggi. Tetapi aplikasi ini sepadan karena memiliki fitur-fitur canggih seperti 2D Engine yang cepat dan kemampuan untuk mengekspor dan mengimpor dalam format DWG dan DXF.

Jika Kamu ingin menggunakan aplikasi ini, pastikan laptop Kamu memiliki setidaknya 64 MB VRAM dan kartu VGA eksternal. Untuk CPU, Kamu dapat menggunakan apa pun yang Kamu inginkan selama chipsetnya memiliki kecepatan lebih dari dari 1 GHz dan menggunakan arsitektur 64-bit. Ya, aplikasi ini juga dibuat untuk beberapa versi Windows terbaru, seperti 7, 8, dan 10.

6. Aplikasi Desain Rumah – SketchUp Professional

Gunakan SketchUp Pro jika Kamu ingin dapat mendesain dari mana saja. Pemodelan 3D berbasis web adalah fitur aplikasi yang memungkinkan Kamu bisa mendesain rumah 3D melalui browser. SketchUp Pro juga bagus jika Kamu membutuhkan bantuan untuk merencanakan desain ruangan dengan gaya sesuai dengan selera kamu. Dengan fitur PreDesign yang unik ini, kamu bisa memilih memberikan saran desain berdasarkan jenis bangunan yang kamu pilih.

SketchUp Pro juga dapat digunakan dengan berbagai format file. Sebagai contoh, aplikasi ini bisa mengimpor file Photoshop, file JPG, file PNG, file PDF, dan masih banyak lagi. Dengan biaya $299 per tahun, Kamu dapat menggunakan perangkat lunak yang canggih ini.

SketchUp Pro dapat digunakan dengan Windows 10 dan MacOs. Untuk pengguna Windows, usahakan untuk mendapatkan kartu VGA eksternal dengan memori 1 GB. Kemudian, pastikan ada sisa 700 MB pada hard drive laptop untuk menginstall aplikasi ini. Pengembang juga menyarankan agar Kamu memiliki setidaknya 4 GB RAM dan CPU berkecapatan 2 GHz.

7. Lands Design

Jika Kamu bosan membuat denah rumah, Kamu bisa menggunakan Lands Design untuk mendesain denah lanskap. Dengan menggunakan alat yang berbeda dalam aplikasi ini, Kamu dapat membuat semua jenis gambar bangunan 2D dan 3D.

Aplikasi Lands Design lebih baik untuk membuat ruang hijau, seperti taman, karena memiliki lebih dari 1800 spesies tanaman yang dapat diubah. Tidak hanya itu, Kamu juga dapat mengubah medan dengan berbagai cara.

Jika Kamu seorang pelajar, Kamu bisa membeli perangkat lunak ini dengan harga yang lebih murah. Ya, untuk mendapatkan Lisensi Pelajar untuk Rhino dan AutoCAD, Kamu hanya perlu membayar $95. Selain itu, Lisensi Komersial dapat dibeli dengan harga $795.

Lands Design dapat berjalan pada laptop yang sudah memiliki AutoCAD 2015 atau Rhino 6 atau yang lebih tinggi. Sedangkan untuk sistem operasi, aplikasi ini dapat berjalan pada Windows 7 Service Pack 1, Windows 8.1, dan Windows 10.

8. Floor Planner

Floor Planner adalah situs yang dibuat untuk para arsitek dan desainer yang ingin membuat denah rumah dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini memiliki fungsi seret dan lepas yang memungkinkan Kamu memindahkan benda-benda seperti pintu dan jendela ke dalam desain yang Kamu buat.

Kamu juga dapat menggunakan alat gambar untuk menggambar denah rumah. Cukup gerakkan kursor untuk membuat ruangan lebih besar atau menggambar yang baru. Hal ini membuat desainer mudah berkreasi dan menggambar dengan pensil.

Denah Lantai juga memiliki banyak sekali item 3D. Benda-benda tersebut dimasukkan ke dalam kelompoknya masing-masing berdasarkan jenisnya.

Perorangan dan bisnis dapat mendaftar ke Floor Plan dengan harga khusus. Harga untuk satu orang mulai dari $5, atau sekitar Rp76.000. Jika Kamu hanya ingin menggunakan versi basic, Kamu tidak perlu membayar apa pun. Singkatnya, Floor Plan Basic gratis untuk digunakan.

9. Aplikasi Desain Rumah – Sweet Home 3D

Seperti nama aplikasinya, Sweet Home 3D akan menunjukkan kepada Kamu bagaimana rumah Kamu akan terlihat dalam bentuk 3D saat Kamu mendesainnya. Pertama-tama, Kamu harus menggambar bentuk dasar rumah, termasuk atap, dinding, dan bagian lainnya.

Setelah bangunan selesai, Kamu dapat melanjutkan untuk mendesain bagian dalam rumah atau bangunan. Misalnya, Kamu mungkin ingin mengecat dinding, memasang pintu dan jendela, serta meletakkan perabotan di dalam ruangan. Pokoknya, Sweet Home 3D memudahkan pengguna untuk melakukan semuanya.

10. Planner 5D

Selanjutnya, ada Planner 5D, yang cocok untuk Kamu yang baru memulai menjadi desainer. Kamu bisa mendesain rumah dalam bentuk 2D atau 3D dengan Planner 5D. Planner 5D hadir dengan alat pengeditan yang cukup lengkap dan antarmuka yang mudah digunakan.

Planner 5D memungkinkan Kamu menggunakan lebih dari 1000 elemen desain yang berbeda. Ada juga fitur yang disebut “Snapshot” yang memungkinkan Kamu mengambil gambar berkualitas tinggi dari desain Kamu. Kamu harus tahu bahwa Planner 5D dapat di unduh di Mac dan PC, serta Android dan juga iPhone. Gunakan Planner 5D untuk mulai membuat rencana untuk rumah Kamu.

11. SpaceDesigner 3D

SpaceDesigner 3D di peruntukkan bagi pemula dan ahli yang ingin memudahkan dalam mendesain rumah. Dengan ribuan item, pengguna hampir dapat mendesain rumah mereka sendiri. SpaceDesigner 3D memungkinkan Kamu mendesain dalam bentuk 3D dan 2D, dan Kamu dapat mengekspor desain Kamu dalam kualitas 4K untuk gambar yang terlihat nyata. Pengguna juga dapat mengubah gambar 2D menjadi 3D dengan SpaceDesigner.

12. Aplikasi Desain Rumah – Home Designer Suite

Chief Architect Aplikasi memiliki versi Pro, yang memiliki banyak fitur, dan versi Suite, yang memiliki lebih sedikit fitur. Home Designer Suite lebih baik daripada aplikasi lain karena memiliki fitur otomatisasi yang membuat hidup desainer menjadi lebih mudah. Misalnya, saat Kamu membuat ruangan baru, langit-langit akan di buatkan untuk Kamu. Jadi, Kamu tidak perlu melakukan semuanya manual.

Pada laptop yang di lengkapi dengan Windows 7, 8, 10, atau MacOS, Kamu hanya perlu membayar $99 untuk memiliki aplikasi ini (Big Sure, Catalina, Mojave). Aplikasi ini akan berjalan dengan baik pada laptop atau PC dengan RAM 4GB dan kartu video dengan memori 1GB. Cukup klik di sini untuk membelinya.

13. Aplikasi Desain Rumah – SmartDraw

SmartDraw bukan hanya aplikasi desain rumah; ini juga merupakan aplikasi yang memungkinkan Kamu membuat bagan, slide presentasi, dan, denah. Ya, Kamu bisa membuat denah dengan cara yang sederhana dan mudah di mengerti. Seret dan lepas juga di gunakan dalam antarmuka untuk memudahkan memindahkan bagian visual.

Untuk mendapatkan SmartDraw, Kamu hanya perlu berlangganan sebesar $9,95 per bulan, yang akan di tagih setahun sekali. Dan jika laptop Kamu cukup kuat untuk menjalankan aplikasi ini, aplikasi SmartDraw juga pantas jadi rekomendasi aplikasi desainer kamu.

Baca Juga