fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

GeneralAplikasi

15 Aplikasi CCTV Android Terbaik & Paling Canggih 2023

Dhian rama

Aplikasi CCTV Android – Seperti yang kita ketahui, kamera keamanan atau yang sering disebut CCTV ini sangat berarti kegunaannya bagi pemiliknya. Fungsi dan tujuannya tentu saja agar pemiliknya merasa aman saat bepergian dan dapat memantau langsung kondisi lingkungan sekitar.

Dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang, kita sekarang bisa melakukan pemantauan CCTV tidak hanya melalui komputer saja. Namun kini, Kamu juga bisa menggunakan smartphone Android sebagai alat pengawas ketika Kamu tidak sedang berada di depan PC.

Untuk melakukan hal ini, Kamu membutuhkan perangkat IP webcam yang dapat dikontrol sepenuhnya melalui perangkat lain seperti PC, laptop, dan smartphone Android. Tentu saja, hal ini membutuhkan bantuan program atau aplikasi sebagai alat pantau jarak jauh.

Untuk membantu, Kamu bisa menggunakan 15 aplikasi CCTV Android tercanggih yang sudah dewabiz rangkum di bawah ini, Simak ulasan kami di bawah ini.

15 Aplikasi CCTV Android Terbaik 2023

1. IP webcam

IP Webcam adalah salah satu Aplikasi CCTV Android terbaik yang membantu Kamu merekam semua aktivitas di sekitar Kamu. Aplikasi canggih buatan Pavel Khlebovich ini dapat merekam gerakan manusia bahkan suara.

Untuk menggunakannya, Kamu membutuhkan dua perangkat, Android dan PC atau tablet. Ada beberapa metode pemutara media yang bisa Kamu gunakan untuk melakukan pemantauan, seperti VLC media player atau browser. Selain aplikasi ini berfungsi sebagai alat pemantau, alat ini juga memiliki beberapa fitur canggih yang bisa Kamu gunakan, seperti kemampuan merekam, pengenalan suara, dan pengaturan resolusi.

2. WiFi baby monitor

Aplikasi WiFi baby monitor memungkinkan Kamu untuk memantau ruangan atau lokasi tertentu dengan CCTV. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup letakkan perangkat smartphone Kamu yang tidak terpakai di tempat yang ingin Kamu lihat dan pantau.

Untuk menhubungkan pemantauan ke smartphone, kedua perangkat harus terhubung ke koneksi internet yang sama (WiFi). Perhatikan bahwa WiFi tersebut melalui jaringan WiFi di sekitarnya dan bukan hasil dari hotspot ponsel Android yang digunakan untuk memantau.

Sewaktu memantau, Kamu dapat memperbesar atau memperkecil, menyesuaikan pencahayaan, dan merekam segala jenis aktivitas yang dilakukan melalui aplikasi WiFi baby monitor ini.

3. WardenCam

Selanjutnya adalah WardenCam, aplikasi ini membantu Kamu memantau semua aktivitas kamera CCTV buatan yang telah Kamu pasang. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah dukungan fungsi night vision atau penglihatan malam. Aplikasi ini cocok untuk digunakan pada Sebuah lokasi yang memiliki pencahayaan minim. Tertarik untuk mencobanya?

4. TinyCam Monitor

Aplikasi CCTV ini memungkinkan Kamu untuk mengontrol situasi dari jarak jauh dengan kualitas gambar yang sangat baik. Cara kerjanya sangat sederhana, cukup hubungkan aplikasi tinyCam Monitor ini ke perangkat kamera CCTV Kamu melalui IP.

Merek kamera yang didukung antara lain Amcrest, Foscam, D-Link, Edimax, Panasonic dan Pixord. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol PTZ (Pan/Tilt/Zoom) perangkat kamera yang terpasang secara real time.

5. IP Camera Viewer Basic

Jika Kamu memiliki kamera CCTV di rumah, kini Kamu bisa memantaunya langsung dari smartphone Android. Aplikasi besutan Robert Chou ini mendukung perangkat kamera yang mendukung jaringan protokol seperti RTSP, ONVIF, dan MMSH.

Selain berperan sebagai alat pemantau, Kamu juga bisa melakukan berbagai fungsi dengan fitur yang ada di dalam aplikasi ini seperti auto-focus, merekam, dan lainnya.

6. Live Camera Viewer

Live Camera Viewer bukanlah aplikasi pengawasan yang bekerja seperti aplikasi CCTV sebelumnya. Aplikasi canggih ini memungkinkan Kamu untuk melihat CCTV secara real time dari banyak lokasi di berbagai kota dan negara termasuk Indonesia.

Untuk mencari area yang ingin Kamu lihat, cukup pilih negara dan masukkan kata kunci untuk kota yang kamu inginkan. Perlu diingat bahwa kota yang Kamu cari harus dilengkapi dengan kamera pengawas yang mengijinkan para masyrakat umum untuk streaming online.

7. Webcam Nirkabel DroidCam

DroidCam memungkinkan Kamu untuk mengubah perangkat Android Kamu menjadi CCTV dengan fungsionalitas IP webcam. Nantinya, Kamu dapat memantau semua aktivitas yang direkam oleh perangkat Kamu melalui browser.

Menariknya, aplikasi yang telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna ini mendukung High Definition (HD) hingga 720p. Oleh karena itu, ketajaman gambar yang disajikan akan sangat jernih.

8. Ivideon Video Surveillance

Dengan Aplikasi Ivideon Video Surveillance yang satu ini, Kamu bisa memantau secara langsung segala aktivitas yang terlihat oleh kamera keamanan Kamu. Selain itu, Output yang di hasilkan memiliki Ketajaman gambar dan suara yang sangat baik, jadi kamu tidak perlu meragukan aplikasi ini. Kamera ini juga mendukung berbagai merek kamera nirkabel populer seperti iLuv, Oco, Philips, Axis, Dahua, Hikvision, dll.

9. iVMS-4500

iVNMS-4500 adalah aplikasi canggih yang dirancang khusus untuk memantau aktivitas kamera DVR atau NVR dari jarak jauh. Selain berfungsi sebagai monitor, aplikasi ini juga memiliki banyak fungsi seperti pemutaran, perekaman, dan fokus otomatis.

Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan resolusi gambar dari 480×800 hingga 1920×1080. Hal ini dapat disesuaikan dengan koneksi Kamu. Sayangnya, aplikasi dari HIKVISION ini hanya tersedia untuk perangkat Android yang menjalankan OS 4.0 ke atas.

10. Foscam Viewer

Sejatinya, Foscam Viewer memiliki berbagai fitur yang canggih dan dapat digunakan sebagai alat pengawasan. Dengan aplikasi ini, Kamu bisa memantau berbagai aktivitas di rumah atau di tempat-tempat tertentu, sehingga dengan adanya aplikasi ini, Kamu akan merasa aman dan terlindungi.

11. AtHome Camera

AtHome Camera ini adalah salah satu aplikasi keamanan rumah yang paling populer. Nah, Kelebihan yang dimiliki athome camera ini dapat digunakan di berbagai platform seperti ios, mac, windows dan android lainnya.

Bagaimana cara kerja dari aplikasi AtHome Camera? Cara kerja dari Aplikasi ini mengubah perangkat Kamu menjadi kamera sementara aplikasi lain dapat memantaunya. Fitur-fitur yang ada di sini termasuk perekaman selang waktu, multi-view hingga 4 kamera, pemantauan jarak jauh, dan bahkan pengenalan wajah.

12. Alfred Home Security Camera

Alfred Home Security Camera ini merupakan salah satu aplikasi keamanan rumah terbaik yang harus Kamu coba. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan yang bisa diakses jarak jauh, streaming video langsung, beberapa penyimpanan cloud gratis, walkie talkie, zoom, dan masih banyak lagi.

Banyak fitur yang tersedia secara gratis. Akan tetapi fitur tambahan yang di miliki Alfred home security camera ini seperti perekaman HD, hanya di sediakan bagi pengguna langganan bulanan saja. Jika Kamu seorang pemula, kami sarankan untuk mencoba versi gratisnya terlebih dahulu.

13. IP Webcam

IP Webcam adalah aplikasi CCTV yang lebih sederhana. Untuk menggunakannya, Kamu membutuhkan smartphone lama yang dapat di gunakan sebagai kamera jarak jauh. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dasar yang hebat seperti:  Dukungan pemutar VLC, streaming video langsung, deteksi gerakan, dan dukungan obrolan video. Kelemahan dari aplikasi ini adalah sering menampilkan iklan.

14. Nest

Nest adalah aplikasi keamanan rumah yang harus di pasangkan dengan perangkat keras Kamu agar dapat berfungsi. Dengan menggunakan kembali smartphone lama untuk di jadikan CCTV adalah cara yang cerdas, tetapi menggunakan perangkat yang di rancang khusus untuk CCTV lebih baik daripada menggunkaan ponsel nganggur. Nest memiliki banyak keunggulan yang layak di pertimbangkan, termasuk:

  • Bisa memutar Playback (Melihat rekaman yang Kamu lewatkan)
  • Menawarkan kualitas video HD 1080p yang jernih.
  • Mengidentifikasi wajah orang dengan Nest Cam IQ dan riwayat video hingga 30 hari.

15. Cammy

Camy mengubah ponsel cerdas Kamu menjadi CCTV rumah. Camy memungkinkan Kamu untuk bisa memantau rumah dari jarak jauh selama Kamu memiliki akses internet. Aplikasi ini memiliki fitur yang bisa mendeteksi gerakan dan akan segera memberi tahu Kamu melalui notifikasi yang akan di kirim ke ponsel yang terhubung. Camy memiliki banyak fitur menarik seperti:

  • Streaming video berkualitas tinggi
  • Dapat di hubungkan ke beberapa kamera ponsel pintar
  • merekam video
  • detektor gerakan
  • Beralih antara kamera depan dan belakang.

Jadi, Kamu tidak perlu membeli kamera keamanan yang mahal untuk memantau rumah Kamu. Kamu bisa menggunakan smartphone lama untuk meningkatkan keamanan rumah hanya dengan menginstal aplikasi-aplikasi di atas.

Itulah tadi 15 Aplikasi CCTV Android Terbaik & Paling Canggih 2023 yang dewabiz kumpulkan. Untuk Kamu yang masih kesulitan memilih camera cctv apa yang menjamin keamanan dan keselamatan rumah Kamu. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!.

Baca Juga