fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Buat Ibadah Lebih Mudah dengan Aplikasi Al-Quran Offline

Dhian rama

Dewabiz.comSalah satu cara untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan adalah dengan membaca Al-Quran dan mempelajari makna dan tafsirnya. Namun, terkadang kita tidak selalu memiliki waktu dan kesempatan untuk membawa mushaf Al-Quran ke mana-mana. Untungnya, ada solusi praktis yang bisa kita manfaatkan, yaitu aplikasi Al-Quran offline berbahasa Indonesia di HP Android.

Aplikasi Al-Quran berbahasa Indonesia ini tidak hanya menyajikan teks Al-Quran 30 juz, tetapi juga terjemahan dan tafsirnya dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang terkandung dalam ayat-ayat suci.

Buat Ibadah Lebih Mudah dengan Aplikasi Al-Quran Offline

Ada banyak aplikasi Al-Quran offline berbahasa Indonesia yang bisa kita pilih, dan di bawah ini kita akan memberikan rekomendasinya:

1. Qur’an Kemenag (Aplikasi Al Quran yang Shahih)

Aplikasi Al-Quran offline ini adalah aplikasi resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang menjamin keaslian dan keakuratan teks Al-Quran, terjemahan, dan tafsirnya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur menarik seperti asbabun nuzul, ayat harian, dan murottal dari qari-qari terkenal.

2. Quran Pro Muslim

Aplikasi ini adalah aplikasi Al-Quran yang lengkap dan profesional yang menyediakan terjemahan dalam lebih dari 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Di dalamnya juga menyediakan murottal dari qari-qari dunia seperti Fatih Seferagic, Abdul Rahman Al Soudais, Maher Al Mueaqly, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tafsir dari para ulama seperti Dr. Mohsin, Dr. Mahmood, & Dr. Yusuf Ali.

3. Al Quran Terjemahan Offline Lengkap Tajwid

Aplikasi ini adalah aplikasi Al-Quran yang bisa digunakan secara offline tanpa koneksi internet, yang menyediakan teks Al-Quran dengan tajwid, terjemahan bahasa Indonesia, dan murottal. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur tambahan seperti zikir pagi petang, iqra’ digital, dan arah kiblat.

4. Aplikasi Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Aplikasi Al Quran (Tafsir & Per Kata) adalah salah satu aplikasi Al Quran bahasa Indonesia terbaik yang memiliki banyak fitur menarik. Serta menyediakan tafsir, kode tajwid berwarna, terjemahan kata per kata, dan pilihan tema.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk membuat catatan pada setiap ayat yang kamu baca. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan bacaan Al Quran dari lebih dari 30 Qari dengan aplikasi ini.

5. Aplikasi Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran Indonesia masuk ke dalam aplikasi Al Quran bahasa Indonesia terbaik 2021 yang sesuai dengan Al Quran cetak. Di dalamnya menyajikan 114 surat dan 30 juz lengkap dengan tajwidnya.

Selain itu, platform ini juga menyertakan fitur audio murotal 30 juz yang bisa kamu pilih dari delapan Qari yang tersedia. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara offline sehingga kamu bisa membaca Al Quran kapan saja dan di mana saja.

6. Aplikasi Al Quran Perkata dan Tafsir

Aplikasi Al Quran Perkata dan Tafsir adalah aplikasi Al Quran terbaik offline yang sangat lengkap fiturnya, karena tidak hanya menyediakan 30 juz ayat Al Quran, tetapi juga jadwal salat 5 waktu, penunjuk arah kiblat, doa-doa, dan hadis-hadis shahih. Perangkat ini juga memiliki fitur kamus Al Quran yang bisa kamu gunakan untuk mencari arti dari kata-kata yang ada di dalam Al Quran.

7. Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia adalah aplikasi Al Quran Indonesia untuk HP yang tidak hanya menyediakan teks bacaan Quran, tetapi juga fitur-fitur lain yang bermanfaat. Dengan menggunakan platform ini, kamu bisa mengatur pengingat waktu salat sesuai lokasi kamu, serta memutar audio murotal Al Quran.

Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi murottal lainnya karena aplikasi ini sudah menyediakannya. Aplikasi ini juga memiliki fitur audio manager yang memudahkan kamu untuk mengunduh atau menghapus bacaan.

8. Muslim Pro

Muslim Pro adalah aplikasi Al Quran terbaik yang sangat cocok untuk kamu unduh dan gunakan di bulan Ramadhan ini. Aplikasi Muslim Pro bukan hanya aplikasi Al-Quran per juz, tetapi juga aplikasi yang sangat komprehensif. Aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur lain seperti jadwal salat, arah kiblat, doa harian, kalender Islam, hingga kompas Qibla.

9. MyQuran

Kita patut bersyukur, karena ada produk aplikasi lokal yang kualitasnya sebanding dengan buatan internasional. Aplikasi Al-Quran offline terbaik MyQuran adalah produk asli dari The WALi Studio yang berlokasi di Cimahi, Jawa Barat.

Keunggulan aplikasi ini adalah tidak adanya iklan sama sekali. Walaupun bisa diakses secara gratis, namun sayangnya ada beberapa fitur tambahan yang hanya tersedia di versi premiumnya saja, teman-teman.

10. Quran Best

Dengan nama Quran Best, apakah aplikasi ini memiliki kualitas sesuai namanya? Itu Dengan nama Quran Best, apakah aplikasi ini memiliki kualitas sesuai namanya? Itu terserah kamu, namun aplikasi ini memang dilengkapi dengan fitur menarik.

Aplikasi Quran Best sudah menyediakan fitur dark mode bagi kamu yang sedang mengaji di malam hari dan juga sudah bebas dari iklan, teman-teman!

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur murottal 30 juz untuk kamu yang sedang dalam perjalanan. Aplikasi ini juga pantas untuk disebut sebagai salah satu aplikasi AlQuran terbaik.

11. Quranku

Kita  yakin banyak diantara kamu yang sebenarnya tidak terlalu memerlukan fitur yang berlebihan, yang penting hanya bisa membaca Al-Quran setiap saat, bukan? Jika memang itu yang diinginkan, kamu pastinya akan tertarik dengan aplikasi Al-Quran Indonesia Quranku yang juga adalah produk lokal ini.

12. Quran Plus

Seperti aplikasi Al Quran Perkata dan Tafsir, aplikasi Al-Quran offline Quran Plus juga merupakan karya dari developer Muslim Media dan tergolong lebih baru. Keistimewaan aplikasi ini adalah adanya fitur di mana kamu bisa membandingkan terjemahan Kementrian Agama dari Edisi 1999 dan Edisi 2002.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan beberapa hadis yang berkaitan dengan ayat-ayat tertentu untuk penjelasan tambahan.

Dan itulah beberapa rekomendasi aplikasi Alquran offline yang bisa kamu install di ponsel kesayangan, untuk mempermudah dalam beribadah, khususnya membaca kitab suci Alquran. Lalu, bagaimana hukumnya jika kita membaca alquran via aplikasi? Temukan jawabannya di bawah ini.

Hukum Membaca Alquran Via Aplikasi Alquran

Menurut beberapa sumber terpercaya, hukum membaca al-Qur’an melalui aplikasi adalah mubah atau diperbolehkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca al-Qur’an digital, seperti berikut:

– Sebaiknya membaca al-Qur’an dengan berwudhu, karena itu adalah adab yang lebih baik dan lebih menghormati firman Allah.

– Jangan lupa untuk membaca al-Qur’an dengan berhijab bagi wanita muslimah, karena itu adalah adab yang lebih mulia dan lebih sesuai dengan sunnah.

– Jangan menyentuh layar handphone yang menampilkan ayat-ayat al-Qur’an dengan jari-jari yang tidak berwudhu, karena itu adalah bentuk penghormatan terhadap mushaf.

– Tidak mematikan aplikasi al-Qur’an ketika sedang membaca, karena itu akan menghilangkan tulisan ayat-ayat suci dari layar.

– Dan tidak menggunakan aplikasi al-Qur’an untuk tujuan lain selain ibadah, seperti bermain game, chatting, atau browsing.

Dan selesai sudah penjelasan kita tentang aplikasi Al-quran offline yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah membaca kitab suci di mana saja dan kapan saja. semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga