fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Gratis Terbaik 2023

Dhian rama

Dewabiz – Absensi online adalah suatu sistem yang berguna untuk mencatat kehadiran karyawan melalui sebuah website di smartphone atau menggunakan aplikasi pada komputer yang terkoneksi dengan internet. Aplikasi absensi online memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, seperti menghemat biaya, meningkatkan produktivitas, mengurangi kesalahan, dan memudahkan pengelolaan data. Lalu apa saja aplikasi absensi online gratis terbaik 2023?

Namun, tidak semua aplikasi absensi online gratis memiliki fitur dan kualitas yang sama. Ada beberapa aplikasi absensi online yang menawarkan layanan gratis, namun mungkin kurang memenuhi kebutuhan dan harapan Kamu. Oleh karena itu, Kamu perlu memilih aplikasi absensi online gratis yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Kamu.

Untuk membantu Kamu dalam menentukan pilihan, kami telah merangkum beberapa rekomendasi aplikasi absensi online gratis terbaik 2023 yang bisa Kamu coba. Berikut daftarnya:

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Gratis Terbaik 2023

1. GreatDay HR

GreatDay HR adalah aplikasi absensi online gratis yang memiliki fitur-fitur lengkap dan komprehensif. Aplikasi ini tidak hanya berguna untuk mencatat kehadiran karyawan, tetapi juga untuk mengelola gaji, cuti, klaim, pajak, asuransi, dan lain-lain. GreatDay HR juga memiliki fitur GPS tracking, face recognition, dan fingerprint scanning untuk memastikan keakuratan dan keamanan data.

GreatDay HR juga memiliki tampilan yang user-friendly dan mudah digunakan. Kamu bisa mengakses aplikasi ini melalui smartphone Android atau iOS, maupun melalui website di komputer. Selain itu, GreatDay HR juga menyediakan layanan customer service yang responsif dan profesional untuk membantu Kamu jika mengalami kendala.

GreatDay HR cocok bagi Kamu yang mencari aplikasi absensi online gratis yang lengkap dan handal. Kamu bisa mendapatkan layanan gratis hingga 10 karyawan dengan fitur-fitur dasar. Jika Kamu ingin mendapatkan fitur-fitur tambahan atau menambah jumlah karyawan, Kamu bisa memilih paket berbayar yang sesuai dengan anggaran Kamu.

2. Time Clock by Homebase

Time Clock by Homebase adalah aplikasi absensi online gratis yang sederhana dan praktis. Aplikasi ini hanya memiliki fitur utama untuk mencatat jam masuk dan keluar karyawan, serta menghitung total jam kerja dan upah mereka. Aplikasi ini juga memiliki fitur GPS tracking untuk memverifikasi lokasi karyawan saat absen.

Time Clock by Homebase sangat mudah digunakan oleh karyawan maupun manajer. Karyawan bisa melakukan absen dengan cepat melalui smartphone Android atau iOS mereka. Manajer bisa melihat laporan absensi karyawan secara real-time melalui dashboard di website atau aplikasi mereka.

Time Clock by Homebase cocok bagi Kamu yang mencari aplikasi absensi online gratis yang simpel dan efisien. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis hingga 20 karyawan dengan fitur-fitur standar. Jika Kamu ingin mendapatkan fitur-fitur lanjutan atau menambah jumlah karyawan, Kamu bisa memilih paket berbayar mulai dari $19.95 per bulan.

3. WiFi Attendance – Aplikasi Absensi Online Gratis

WiFi Attendance adalah aplikasi absensi online gratis yang unik dan inovatif. Aplikasi ini menggunakan jaringan WiFi sebagai media untuk melakukan absen. Karyawan hanya perlu terhubung dengan WiFi kantor saat masuk dan keluar kerja, maka aplikasi ini akan secara otomatis mencatat jam kehadiran mereka.

WiFi Attendance juga memiliki fitur untuk membuat jadwal kerja karyawan, mengirim notifikasi pengingat, dan membuat laporan absensi secara detail. Aplikasi ini juga memiliki fitur face recognition untuk meningkatkan keakuratan dan keamanan data. Kamu bisa mengakses aplikasi ini melalui smartphone Android atau iOS, maupun melalui website di komputer.

WiFi Attendance cocok bagi Kamu yang mencari aplikasi absensi online gratis yang unik dan inovatif. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis hingga 10 karyawan dengan fitur-fitur dasar. Jika Kamu ingin mendapatkan fitur-fitur tambahan atau menambah jumlah karyawan, Kamu bisa memilih paket berbayar mulai dari $9.99 per bulan.

4. Clockify

Clockify adalah aplikasi absensi online gratis yang fokus pada pengelolaan waktu kerja karyawan. Aplikasi ini berguna untuk mencatat jam kerja karyawan, mengatur proyek dan tugas, menghitung biaya dan pendapatan, serta membuat laporan produktivitas. Aplikasi ini juga memiliki fitur timer yang bisa diaktifkan saat karyawan mulai dan selesai bekerja.

Clockify sangat mudah digunakan oleh karyawan maupun manajer. Karyawan bisa melakukan absen dan melacak waktu kerja mereka melalui smartphone Android atau iOS, maupun melalui website atau ekstensi browser di komputer. Manajer bisa melihat dan mengelola data absensi karyawan secara online melalui dashboard di website atau aplikasi mereka.

Clockify cocok bagi Kamu yang mencari aplikasi absensi online gratis yang fokus pada pengelolaan waktu kerja karyawan. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tanpa batas jumlah karyawan dengan fitur-fitur dasar. Jika Kamu ingin mendapatkan fitur-fitur tambahan, Kamu bisa memilih paket berbayar mulai dari $9.99 per bulan.

5. CKZ Time Clock

CKZ Time Clock adalah aplikasi absensi online gratis yang klasik dan tradisional. Aplikasi ini meniru sistem absensi manual dengan menggunakan kartu atau PIN untuk melakukan absen. Karyawan bisa melakukan absen dengan memasukkan kartu atau PIN mereka ke mesin absen yang terhubung dengan komputer.

CKZ Time Clock juga memiliki fitur untuk membuat jadwal kerja karyawan, menghitung gaji dan lembur, serta membuat laporan absensi secara detail. Aplikasi ini juga memiliki fitur fingerprint scanning untuk meningkatkan keakuratan dan keamanan data. Kamu bisa mengakses aplikasi ini melalui komputer Windows

Terima kasih telah memberi tahu saya keyword dan topik yang Kamu inginkan. Saya akan mencoba menulis artikel berstandar SEO dengan gaya yang sopan, berisi minimal 4 sampai 8 keyword, menggunakan bahasa informal dan natural, serta informatif. Artikel saya juga akan memiliki struktur heading 2 sampai heading 3, dan menggunakan poin-poin yang mudah dipahami. Artikel saya juga akan sebanyak 2000 kata yang unik dan bebas plagiat. Berikut adalah artikel yang saya buat:

6. Kerjoo – Aplikasi Absensi Online Gratis

Aplikasi gratis pertama yang wajib Kamu coba adalah aplikasi absensi Kerjoo¹. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi absensi karyawan berbasis online yang bisa memudahkan jalannya administrasi karyawan. Administrasi perusahaan akan lebih cepat karena adanya fasilitas untuk menyimpan data karyawan yang lengkap sehingga mempermudah dan menghemat waktu HR.

Aplikasi Kerjoo juga memiliki fitur-fitur menarik seperti:

  • Absensi online dengan GPS dan selfie
  • Pengaturan jam kerja dan shift
  • Penghitungan gaji otomatis
  • Pengelolaan cuti dan izin
  • Laporan kehadiran dan gaji
  • Notifikasi via email dan SMS
  • Integrasi dengan aplikasi lain seperti Google Calendar, Slack, dan Zapier

Aplikasi Kerjoo dapat digunakan secara gratis untuk maksimal 10 karyawan. Jika Kamu ingin menambah kapasitas atau fitur, Kamu bisa memilih paket berbayar mulai dari Rp 50.000 per bulan.

7. Jojonomic

Aplikasi absensi online berikutnya yang bisa Kamu coba adalah Jojonomic². Aplikasi ini sudah terkenal di sektor absensi online dan aplikasi HRIS. Beberapa fitur yang di sediakan didalamnya antara lain:

  • Jojo Expense untuk reimbursement online
  • Jojo Payroll untuk penggajian online
  • Jojo Times untuk absensi online
  • Jojo People untuk manajemen SDM

Aplikasi Jojonomic memanfaatkan fitur GPS dan selfie sebagai metode absensi online. Aplikasi ini juga dapat mengatur waktu kerja dan lembur, serta mengintegrasikan sistem payroll. Selain itu, aplikasi Jojonomic juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola data karyawan, mengatur cuti dan izin, serta membuat laporan keuangan.

Aplikasi Jojonomic dapat digunakan secara gratis untuk maksimal 5 karyawan. Jika Kamu ingin menambah kapasitas atau fitur, Kamu bisa memilih paket berbayar mulai dari Rp 100.000 per bulan.

8. Hadirr

Aplikasi absensi online berbasis Android yang satu ini relatif lebih muda usianya³. Namun, Hadirr sudah menawarkan fitur-fitur unggulan seperti:

  • Absensi online dengan GPS dan selfie
  • Pengaturan jam kerja dan shift
  • Penghitungan gaji otomatis
  • Pengelolaan cuti dan izin
  • Laporan kehadiran dan gaji
  • Notifikasi via email dan SMS
  • Integrasi dengan aplikasi lain seperti Google Calendar, Slack, dan Zapier

Aplikasi Hadirr juga memiliki kelebihan dalam hal desain yang simpel dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga memiliki fitur khusus untuk karyawan lapangan, yaitu absensi online dengan QR code. Dengan fitur ini, karyawan dapat melakukan absensi di lokasi yang telah ditentukan dengan cara memindai QR code yang telah disediakan.

Aplikasi Hadirr dapat digunakan secara gratis untuk maksimal 10 karyawan. Jika Kamu ingin menambah kapasitas atau fitur, Kamu bisa memilih paket berbayar mulai dari Rp 50.000 per bulan.

9. Talenta – Aplikasi Absensi Online Gratis

Aplikasi absensi online selanjutnya yang bisa Kamu pertimbangkan adalah Talenta⁴. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi HRIS terlengkap yang ada di Indonesia. Talenta memiliki fitur-fitur seperti:

  • Absensi online dengan GPS dan selfie
  • Pengaturan jam kerja dan shift
  • Penghitungan gaji otomatis
  • Pengelolaan cuti dan izin
  • Laporan kehadiran dan gaji
  • Notifikasi via email dan SMS
  • Integrasi dengan aplikasi lain seperti Google Calendar, Slack, dan Zapier

Selain itu, Talenta juga memiliki fitur tambahan seperti:

  • Manajemen kinerja
  • Rekrutmen online
  • Pelatihan online
  • Kesejahteraan karyawan

Aplikasi Talenta dapat digunakan secara gratis untuk maksimal 10 karyawan. Jika Kamu ingin menambah kapasitas atau fitur, Kamu bisa memilih paket berbayar mulai dari Rp 100.000 per bulan.

10. Breathe

Aplikasi absensi online terakhir yang kami rekomendasikan adalah Breathe. Aplikasi ini merupakan aplikasi HRIS yang berasal dari Inggris, namun sudah tersedia di Indonesia. Breathe memiliki fitur-fitur seperti:

  • Absensi online dengan GPS dan selfie
  • Pengaturan jam kerja dan shift
  • Penghitungan gaji otomatis
  • Pengelolaan cuti dan izin
  • Laporan kehadiran dan gaji
  • Notifikasi via email dan SMS
  • Integrasi dengan aplikasi lain seperti Google Calendar, Slack, dan Zapier

Selain itu, Breathe juga memiliki fitur tambahan seperti:

  • Manajemen kinerja
  • Rekrutmen online
  • Pelatihan online
  • Kesejahteraan karyawan

Aplikasi Breathe dapat digunakan secara gratis untuk maksimal 20 karyawan. Jika Kamu ingin menambah kapasitas atau fitur, Kamu bisa memilih paket berbayar mulai dari Rp 150.000 per bulan.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Absensi Online

Kelebihan Aplikasi Absensi Online:

• Meningkatkan akurasi dan keamanan data kehadiran karyawan. Aplikasi absensi online dapat menghindari kesalahan, kecurangan, atau manipulasi data yang mungkin terjadi pada sistem absensi manual. Aplikasi absensi online juga dapat melindungi data dari risiko hilang, rusak, atau dicuri.

• Menghemat biaya dan waktu operasional perusahaan. Aplikasi absensi online dapat mengurangi biaya pembelian, pemeliharaan, dan penggantian perangkat absensi fisik. Aplikasi absensi online juga dapat mengurangi waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk merekap, menghitung, dan melaporkan data kehadiran karyawan.

• Memberikan fleksibilitas dan kemudahan bagi karyawan. Aplikasi absensi online dapat memungkinkan karyawan untuk melakukan absensi di mana saja dan kapan saja, asalkan terhubung dengan internet. Aplikasi absensi online juga dapat menyesuaikan dengan kondisi kerja yang berbeda-beda, seperti remote working, mobile working, atau shift working.

• Meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Aplikasi absensi online dapat memberikan feedback dan motivasi bagi karyawan untuk datang tepat waktu, bekerja sesuai jam kerja, dan mengurangi tingkat absen atau bolos. Aplikasi absensi online juga dapat memberikan informasi yang berguna bagi karyawan, seperti jumlah jam kerja, jumlah cuti, atau jumlah gaji.

• Meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen SDM. Aplikasi absensi online dapat mengintegrasikan data kehadiran karyawan dengan sistem lainnya, seperti payroll, cuti, izin, kinerja, atau rekrutmen. Aplikasi absensi online juga dapat memberikan laporan dan analisis yang akurat dan relevan bagi manajemen SDM untuk mengambil keputusan yang tepat.

Kekurangan Aplikasi Absensi Online:

• Bergantung pada smartphone masing-masing karyawan. Kekurangannya jika karyawan tidak memiliki smartphone yang memadai, atau mengalami kerusakan atau kehilangan smartphone. Hal ini bisa menyebabkan karyawan tidak bisa berabsen, atau data absensinya hilang.

• Harus terkoneksi internet. Harus ketergantungan pada perangkat, kekurangannya yang lain yaitu harus terkoneksi dengan internet. Jika koneksi internet bermasalah, lambat, atau tidak tersedia di lokasi kerja karyawan, maka aplikasi absensi online tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal ini bisa mengganggu proses absensi karyawan, atau menyebabkan data absensinya tidak akurat.

• Memerlukan biaya tambahan untuk membeli dan mengoperasikan aplikasi. Ini tidak akan menjadi masalah jika Kamu memiliki anggaran yang lebih besar, tetapi bisa menjadi masalah bagi organisasi kecil atau perusahaan yang memiliki budget terbatas. Kamu harus mempertimbangkan biaya lisensi, maintenance, upgrade, atau integrasi aplikasi absensi online dengan sistem HR lainnya.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi aplikasi absensi online gratis terbaik untuk karyawan Kamu. Dengan menggunakan aplikasi absensi online, Kamu dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mengelola data kehadiran karyawan Kamu. Selain itu, Kamu juga dapat menghemat biaya operasional dan mengurangi kesalahan dalam penghitungan gaji.

Namun, sebelum memilih aplikasi absensi online yang sesuai dengan perusahaan Kamu, ada beberapa hal yang perlu Kamu pertimbangkan, seperti:

  • Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi absensi online
  • Kapasitas maksimal karyawan yang dapat diakomodir oleh aplikasi absensi online
  • Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan aplikasi absensi online
  • Dukungan teknis yang diberikan oleh penyedia aplikasi absensi online

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu yang sedang mencari aplikasi absensi online gratis terbaik 2023 untuk karyawan Kamu. Jika Kamu memiliki pertanyaan, kritik atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Selamat mencoba!

Baca Juga