fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Apa yang Dimaksud dengan Control Panel Hosting? Inilah Penjelasannya

Rianda

Saat seseorang akan memakai layanan hosting, pastinya ada banyak golongan aspek yang harus diperhatikan. Salah satu golongan atau bagian yang harus diketahui adalah control panel hosting. Oleh karena itu berikut akan dipelajari mengenai apa yang dimaksud dengan control panel hosting secara detail. 

Pada artikel ini akan dijelaskan atau dijabarkan mengenai control panel hosting beserta penjabaran lainnya. Aspek penjelasan ini pastinya sangat krusial untuk dipahami sejak awal agar penggunaan hosting menjadi lebih terarah. Simak detail uraiannya berikut ini:

Apa Itu Control Panel Hosting?

Secara definisi, golongan control panel hosting adalah golongan alat yang memiliki fungsi untuk mengatur atau mengelola semua bagian fitur dari hosting. Pada bagian control panel ini, akan ada menu email, domain, file, sampai database yang bisa diatur sedemikian rupa.

Dengan adanya control panel ini, maka pengguna layanan hosting akan dimudahkan dalam proses pengelolaannya. Jadi jika dibandingkan memakai hosting tanpa control panel, akan jauh lebih mudah memakai hosting dengan control panel yang bisa membantu proses kerja.

Fungsi dari control panel ini tentunya bisa dijabarkan menjadi lebih rinci lagi. Jika diuraikan, setidaknya ada tujuh fungsi lain yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Penasaran fungsi apa saja yang bisa didapat? Untuk mengetahui detailnya, simak daftar berikut:

  • Mengelola domain sampai ke subdomain.
  • Melakukan pengelolaan file.
  • Menginstall aplikasi yang akan dipakai.
  • Melakukan pengelolaan database.
  • Membuat sampai mengelola email.
  • Memonitor penggunaan bagian resource.
  • Melakukan backup data.

Keuntungan Penggunaan Control Panel Hosting

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan control panel hosting, maka harus tahu juga apa saja keuntungan penggunaannya. Pada artikel ini akan diberikan tiga keuntungan yang tentunya bisa dijadikan pedoman yang nantinya juga bisa dirasakan oleh setiap pengguna.

Selain daftarnya, akan diberikan juga penjelasan mengenai setiap keuntungan tersebut. Penasaran apa saja golongan keuntungan yang bisa didapatkan? Untuk mengetahui rinciannya, simak detail yang ada di bagian bawah ini secara mendetail dan menyeluruh:

1. Memudahkan Mengelola Banyak Website

Bagi blogger yang memiliki banyak situs atau website, penggunaan control panel ini akan memudahkan proses pengelolaannya. Satu orang pastinya akan kesulitan mengelola banyak website sekaligus. Oleh karenanya, penggunaan control panel ini akan jauh lebih memudahkan.

Jika tetap tidak memakai control panel hosting, maka segala proses pengurusannya akan jauh lebih rumit dan membuang waktu. Satu website saja akan sulit untuk dikelola, apalagi pihak-pihak yang memiliki lebih banyak website dalam waktu yang bersamaan.

2. Pengguna Bisa Memilih Fitur Sesuai Kebutuhan

Dengan memanfaatkan control panel, maka pengguna bisa memilih fitur sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Jadi tidak ada patokan harus memakai fitur tertentu saja. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna dalam proses pemanfaatan control panelnya.

3. Pilihan Control Panel Banyak

Bagi yang ingin memakai control panel hosting, maka bisa langsung memilih golongan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa pilihan control panel yang paling populer di pasaran. Mulai dari Plesk, cPanel, Cyberpanel, Webuzo, DirectAdmin, VestaCP, dan beberapa golongan lainnya.

Setiap pilihan ini tentunya memiliki rincian keuntungan dan kelebihan masing-masing. Tentunya pengguna harus mempertimbangkan semua aspek ini dengan baik agar bisa menemukan control panel yang tepat untuk difungsikan dan dijalankan.

Melalui uraian diatas, maka sudah diketahui apa yang dimaksud dengan control panel hosting dan apa saja keuntungan penggunaannya. Pastikan untuk memahami semua bagian di atas dengan baik dan jangan sampai ada bagian yang terlewat. Dengan demikian, proses penggunaan hostingnya akan lebih mudah.

Baca Juga