fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Tips & Trik

Faktor Apa Yang Dapat Mempengaruhi Hosting? Simak Penjelasannya

Rianda

Agar suatu website dapat berjalan semestinya, website akan memerlukan hosting sebagai wadah untuk menyimpan data-datanya. Namun, ada baiknya penyedia hosting perlu dipilah terlebih dahulu sebelum berlangganan. Maka itu, pemilik website perlu mengetahui faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting.

Hosting merupakan tempat penyimpanan dimana data-data website dapat tersimpan di server. Penyedia hosting yang berkualitas tentu akan memberikan server terbaik agar website dapat dimuat dengan sempurna. Lalu, perihal apa yang dapat mempengaruhi kualitas hosting? Berikut jawabannya:

1. Kecepatan Hosting Yang Digunakan

Agar mendapat banyak pengunjung, suatu website akan memerlukan hosting yang dapat memuat data-data dengan cepat. Kecepatan muatan website juga dapat membuat website mudah dilirik oleh pencarian Google. Karena itu, hosting yang dapat membuat website dengan cepat, kerap menjadi banyak pilihan.

Namun perlu diingat jika kecepatan website itu sendiri juga dapat tergantung pada lokasi servernya. Semakin dekat lokasi server, maka semakin cepat website tersebut dimuat. Ada baiknya untuk memilih layanan hosting yang satu negara dengan lokasi website.

2. Perangkat Yang Digunakan Hosting

Seluruh data-data website pada server, sebenarnya disimpan di sebuah komputer besar. Semakin tinggi spesifikasi dari komputer yang menjalankan server, maka semakin lancar website tersebut dimuat. Karena itu, spesifikasi adalah salah satu faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting dari segi kualitas.

Untuk memilih hosting yang sesuai, pelanggan dapat bertanya kepada penyedia hosting tentang spesifikasi dari komputer yang menjalankan server. Pertanyaan dapat berupa perangkat yang digunakan pada komputer tersebut, kecepatan networknya, apa menggunakan SSD, dan lain-lain.

3. Tingkat Keamanan Hosting

Mengingat hosting adalah tempat penyimpanan data website, maka keamanannya perlu menjadi pertimbangan utama. Hosting yang berkualitas mampu memberikan keamanan yang pasti kepada pelanggannya. Jenis hosting tertentu seperti dedicated hosting pada umumnya dikenal lebih aman.

Selain itu, penyedia hosting juga perlu memastikan tindakan apa yang akan dilakukan, apabila server terkena serangan siber seperti DDoS. Penyedia hosting perlu mengutamakan keamanan data-data website untuk dianggap sebagai penyedia layanan terbaik.

4. Harga Yang Ditawarkan Penyedia Hosting

Harga dapat menjadi faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting dari segi kualitasnya. Ini bukan berarti hosting yang mahal selalu memberikan kualitas terbaik. Hosting dengan harga yang bersahabat, selama memberikan layanan penuh terhadap pelanggannya, juga layak digunakan.

Selain biaya domain, hosting juga perlu dipertimbangkan dari biaya perpanjangannya. Pastikan jika harga dan biayanya sesuai dengan kelebihan yang ditawarkan. Pastikan juga untuk memilih hosting yang sesuai dengan keperluan dan ukuran website.

5. Fleksibilitas Server Yang Diberikan

Bagi yang baru membuat website, mengelola situs akan terasa lebih mudah apabila memilih hosting yang memberikan fleksibilitas. Mulai dari cara mengatur website, memonitor resource, hingga menambah kapasitas data. Layanan seperti data backup juga diperlukan untuk migrasi server.

Tidak hanya itu, hosting tertentu juga menyediakan berbagai alat dan fitur yang semakin mempermudah pengaturan tersebut. Inilah mengapa pentingnya untuk menentukan hosting yang terbaik dari segi fleksibilitasnya.

6. Kualitas Dari Layanan Hosting

Seperti setiap hal di dunia ini, kualitas merupakan faktor utama yang menjadi patokan dari bagus tidaknya suatu hosting. Sebagai pemilik website, tentu tidak menginginkan penyedia hosting server dengan kualitas yang dipertanyakan.

Terutama saat server downtime, penyedia hosting yang baik akan memberikan layanan customer support 24/7 untuk mengatasinya dengan cepat. Untuk menentukan kualitas dari provider hosting, sering-sering lihat testimoni yang biasa dicantumkan pada situs resmi hosting.

Demikian penjelasan mengenai berbagai faktor apa yang dapat mempengaruhi hosting, dilihat dari berbagai macam segi. Karena itu, pastikan untuk memilih layanan terbaik agar website dapat berjalan dengan stabil dan lancar. Hosting yang baik, pada akhirnya akan menguntungkan website yang menggunakannya.

Baca Juga