fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Apa Itu Whois Privacy Protection Domain?

Muhammad Rizqy

Platform WHOIS menjadi tempat data-data pribadi tersimpan, untuk proses registrasi domain. Nah, kita perlu WHOIS Privacy Protection untuk keamanan tingkat tinggi. Tapi apa itu Whois Privacy Protection Domain?

Secara sederhana, WHOIS privacy protection berguna untuk melindungi data penting yang sangat beresiko tinggi jika tersebar. 

Sebelum menggunakannya, mari ketahui dulu pengertian dan seberapa penting penggunaan Whois privacy protection untuk perlindungan data.

Pengertian Whois Privacy Protection

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Whois privacy protection, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu platform Whois.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, WHOIS merupakan platform yang mencatat semua proses registrasi domain kita. Terutama tentang data-data pribadi yang sangat penting. 

Dengan Whois, kita bisa mengakses detail domain suatu website. Umumnya, data-data pribadi akan muncul. Biasanya, akses ini sangat berbahaya jika oknum memanfaatkannya untuk aktivitas yang merugikan pemilik domain.

Data-data yang akan tampil saat kita melakukan searching suatu domain website di Whois Hosting meliputi:

  •  Nama Lengkap,
  • Alamat Email,
  • Nomor ponsel,
  • Alamat rumah, dan beberapa informasi penting lainnya.

Terbayang bukan? betapa mengerikannya dampak dari penyalahgunaan data-data pribadi ini. 

Oleh karena itu, kita harus memberikan penutup untuk data-daa ini, atau setidaknya kita membatasi informasi yang akan tampil saat orang mencari informasi domain melalui Whois. Caranya yaitu dengan memanfaatkan fitur keamanan Whois Privacy Protection. 

Whois privacy protection adalah platform untuk menutup semua data pribadi pemilik domain yang akan tampil di platform Whois. Untuk mengaktifkan fitur Whois privacy protection, sebenarnya tidak perlu cara manual. Fitur ini akan otomatis aktif begitu kita menyelesaikan pembayaran di platform jasa pembuatan domain. 

Efek Tidak Menggunakan Whois Privacy Protection

Mari overthinking bersama, tentang apa saja kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi saat kita tidak menggunakan layanan Whois privacy protection. Selanjutnya, beri pendapat pribadi apakah kira-kira Anda memerlukan layanan keamanan ini. 

  1. Potensi Mendapatkan Lebih Banyak SPAM

Sering menerima pesan spam baik dalam bentuk email maupun SMS? potensi kita menerima spam lebih banyak bisa terjadi jika informasi pribadi tersebut terpampang nyata di platform Whois. 

Selain kesal karena lebih banyak waktu yang terbuang untuk menghapus pesan spam itu, bisa saja data dan pesan penting tidak sengaja terhapus juga saat kita tidak memeriksa pesannya satu-persatu. 

  1. Alamat Rumah Tidak Menjadi Privasi Lagi

Alamat rumah memang bukanlah sesuatu hal yang penting. Toh juga rumah memiliki bentuk fisik, ukurannya besar, dan terpampang nyata di pinggir jalan.

Tapi, lain halnya jika ada orang jahil yang memanfaatkan data alamat rumah. Atau, ada orang yang memiliki niat buruk kepada kita dan mendatangi rumah. Tak hanya kita, keluarga pun ikut terancam keselamatannya dari orang berbahaya. 

  1. Rentan Terkena Scam dan Penipuan 

Dengan data pribadi yang ada di Whois, kini pesan dari oknum penipu tidak se-sembarangan “selamat, Anda mendapatkan uang senilai…”, tapi menjadi “ Bu Tarni, Kami menginformasikan bahwa Anda menjadi pemenang dari ….”

Atau, dari pesan sederhana “ Halo, Tolong, saat ini ibu sedang ada di kantor polisi ….” menjadi “ Bambang, pak polisi minta tebusan untuk membebaskan ibu di penjara …”

Itu belum seberapa, sih. Bagaimana jika oknum tersebut memanfaatkan data pribadi kita untuk menipu orang-orang di sekitar kita? Ini jelas bukan masalah sepele lagi. 

Sebenarnya masih ada beberapa bahaya lain yang mungkin timbul jika kita tidak memblokir upaya cek informasi domain di Whois. Tapi tiga gambaran tersebut sudah bisa menjadi hal yang perlu kita pertimbangkan. 

Layanan Hosting mendunia seperti Dewabiz sudah menyertakan fitur ini jika kita menyetujui penggunaannya. Meskipun harganya tidak seberapa, tapi data-data penting akan tetap aman dan terhindar dari berbagai kemungkinan yang merugikan. Sekarang sudah jelas ya apa itu Whois Privacy Protection Domain. Termasuk beberapa alasan yang memungkinkan kenapa kita memerlukannya.

Baca Juga