fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu RESTful API, Pengertian, Cara Kerja, serta Manfaatnya

Yodik Prastya

API (Application Programming Interface) adalah salah satu konsep penting dalam dunia pemrograman. API memungkinkan aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain, berbagi data, dan menjalankan berbagai fungsi. Salah satu jenis API yang paling umum digunakan adalah RESTful API.

Untuk memperjelas wawasan Anda, dibawah ini akan diulas pengertian RESTful API, sistem kerjanya, serta manfaat yang dapat Anda dapatkan saat memakainya.

Pengertian  Apa Itu RESTful API

Representational State Transfer Application Programming Interface atau lebih dikenal dengan sebutan RESTful API. Merupakan suatu gaya arsitektur dalam desain API yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web yang dapat berinteraksi dengan mudah melalui protokol HTTP.

RESTful API didasarkan pada prinsip-prinsip dasar yang memungkinkan komunikasi antara client dan server menggunakan metode HTTP yang sudah ada. Supaya lebih maksimal dalam memakainya, berikut ini ulasan cara kerja dan manfaatnya secara lengkap.

Cara Kerja RESTful API

RESTful API akan bekerja sesuai dengan prinsip sistem yang sudah diperintahkan. Untuk memperjelasnya, inilah sistem kerja platform ini.

Stateless

RESTful API adalah stateless, artinya setiap permintaan dari client ke server harus mencakup semua informasi yang diperlukan untuk memahami dan memproses permintaan tersebut. Server tidak menyimpan informasi tentang klien antara permintaan, sehingga setiap permintaan harus mandiri.

Resource

Dalam RESTful API, segala sesuatu dianggap sebagai sumber (resource). Sumber-sumber ini diidentifikasi oleh URL yang unik. Misalnya, dalam sistem manajemen toko online, produk, pelanggan, dan pesanan dapat dianggap sebagai sumber.

HTTP Methods

RESTful API menggunakan berbagai metode HTTP seperti GET (mengambil data), POST (mengirim data baru), PUT (memperbarui data yang ada), dan DELETE (menghapus data) untuk berinteraksi dengan sumber-sumber tersebut.

Representations

Data yang diberikan oleh RESTful API biasanya dalam format yang dapat diterima oleh client, seperti JSON atau XML. Klien dapat memilih format yang mereka inginkan sesuai kebutuhan mereka.

Stateless Communication

Komunikasi antara client dan server dalam RESTful API selalu bersifat stateless. Setiap permintaan dari client harus mencakup semua informasi yang diperlukan, dan server tidak menyimpan status klien antara permintaan.

Beberapa Manfaat RESTful API

Penggunaan RESTful API memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya. Jika Anda sudah memakai platform ini, beberapa manfaat yang bisa ditemukan antara lain:

Skalabilitas

RESTful API dirancang untuk mudah diperluas dan dapat menangani lalu lintas yang tinggi. Ini membuatnya ideal untuk aplikasi yang memerlukan jaringan yang cepat. Sehingga dengan platform ini kineja website pun akan semakin ringan.

Pengembangan Terpisah

Dengan RESTful API, frontend dan backend dapat dikembangkan secara terpisah. Ini memungkinkan tim pengembangan untuk bekerja secara independen dan mempercepat proses pengembangan. Kinerja ini juga sangat mendukung sistem lain yang sedang berjalan bersamaan.

Kompatibilitas

RESTful API berfungsi melalui protokol HTTP yang umum digunakan, sehingga kompatibel dengan berbagai bahasa pemrograman dan platform. Hal lainnya adalah kemudahan dalam mengembangkan program yang baru dirancang.

Akses ke Data

RESTful API memungkinkan aplikasi untuk mengakses data dari berbagai sumber, termasuk server internal, layanan pihak ketiga, dan banyak lagi. Tentu memberikan kemudahan ke sejumlah akses data.

Dokumentasi yang Baik

RESTful API umumnya memiliki dokumentasi yang baik, membuatnya mudah dipahami oleh pengembang dan digunakan oleh pihak eksternal.

Dalam dunia pemrograman modern, RESTful API telah menjadi standar de facto untuk menghubungkan dan berkomunikasi antara aplikasi. Dengan memahami konsep dasar RESTful API dan bagaimana cara kerjanya, Anda dapat memanfaatkannya untuk membangun aplikasi yang lebih kuat dan terhubung dengan baik ke berbagai sumber data.

Baca Juga