fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

BusinessPengetahuanTechnology

Apa Itu QRIS? Berikut Manfaat, Cara Menggunakan Dan Berbagai Jenisnya

Yanti puspita

Apa itu QRIS? QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard). Adalah penyatuan berbagai jenis QR dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) dengan menggunakan kode QR.

Oleh karena itu, setiap penyelenggara PJSP berbasis kode QR, baik dalam maupun luar negeri, wajib menggunakan QRIS. Untuk lebih jelasnya berikut manfaat, cara menggunakan dan berbagai jenisnya yang akan kita bahas untuk kamu.

Apa Itu QRIS? Berikut Ini Manfaat

Dari penjelasan mengenai apa itu QRIS, dapat di simpulkan bahwa tujuan dan fungsi QRIS adalah untuk mempermudah sistem pembayaran digital. Hal ini bermanfaat dan menguntungkan pembeli dan penjual.

Karena semua pembayaran tanpa uang tunai dapat di pantau dari satu gateway. Berikut ini beberapa manfaat dari QRIS yaitu:

·         Transaksi Lebih Cepat Menggunakan QRIS

Setelah mengetahui apa itu QRIS, maka selanjutnya kamu juga harus tahu manfaat pertamanya, yaitu transaksi lebih cepat.

Penerapan teknologi QRIS dapat membantu pelanggan menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat karena cukup memindai QRIS saat melakukan pembelian. Oleh karena itu, transaksi yang biasanya membutuhkan waktu 5-10 menit dapat di selesaikan hanya dalam waktu 1-3 menit.

·         Tidak Perlu Repot Membawa Uang Tunai

Transaksi menggunakan QRIS akan memudahkan bagi masyarakat yang melakukan transaksi transaksi dan terhindar dari pencurian. Sebagai pelanggan,  QRIS membantu kamu tetap teratur saat bepergian meskipun kamu tidak memiliki banyak uang di saku/dompet.

·         Lebih Higienis

Uang adalah salah satu cara utama penyebaran kuman dan virus. Jika pelanggan beralih menggunakan QRIS, maka transaksi yang di lakukan akan lebih higienis sehingga meningkatkan kualitas hidup.

·         Terlindungi Dari Penipuan

QRIS BI sangat aman, sehingga pelanggan terlindungi dari penipuan saat bertransaksi di manapun di Indonesia. BI membuat transaksi merchant lebih aman dengan memastikan semua merchant yang melakukan pembayaran QRIS jujur ​​dan transparan.

·         Sesuai Dengan Perkembangan Teknologi Kekinian

Bagi pelanggan, manfaat utama dari QRIS adalah pengembangan diri saat mereka mulai menerapkan teknologi tersebut. Pengguna aktif pembayaran QRIS jelas lebih up-to-date dan modern daripada seseorang yang bersikeras menggunakan uang tunai di mana-mana.

Manfaat Menerapkan QRIS Untuk Pedagang

Sedangkan bagi pedagang, manfaat teknologi QRIS adalah sebagai berikut, yaitu:

·         Transaksi Jual Beli Lebih Cepat Dan Efisien

Kecepatan transaksi mempengaruhi kualitas pelayanan perusahaan. Jika kamu mendaftar sebagai pedagang menggunakan sistem QRIS yang di hasilkan oleh BI, maka transaksi pembelian dan penjualan menjadi lebih cepat. Jadi, kamu juga tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melayani pelanggan, dan bisnis kamu juga akan lebih efisien.

·         Meningkatkan Kepuasan Calon Pelanggan

Selain lebih efisien dan hemat tenaga kerja, transaksi jual beli yang lebih cepat akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Tidak ada yang menyukai layanan toko yang lambat, jadi menerapkan teknologi QRIS BI akan membantu kamu memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

·         Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat QRIS selanjutnya adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Jika pelanggan merasa nyaman berbelanja dengan QRIS di toko kamu, maka mereka akan semakin loyal. Jika mereka ingin membeli sesuatu, mereka tidak akan berpikir di tempat lain. Karena mereka merasa kamu telah memberi mereka layanan modern terbaik.

·         Branding Modern Dan Kekinian

Menggunakan QRIS adalah bukti bahwa bisnis kamu jauh lebih modern dan up-to-date di banding bisnis lain yang belum menggunakannya. Pada saat ini, segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi di anggap lebih menarik dan melambangkan kemajuan, sehingga banyak orang yang menyukainya.

·         Terhindar Dari Uang Palsu

Selain branding dan kepuasan pelanggan, QRIS adalah sistem yang akan melindungi kamu dari penipuan berupa uang palsu. Bagi seorang pedagang, uang palsu adalah salah satu sumber utama kerugian. Jadi, penerapan QRIS merupakan solusi untuk menghindari perilaku kriminal para pemalsu.

Cara Daftar dan Membuat QRIS

Berikut beberapa cara membuat dan mendaftarkan QRIS yaitu:

  • Persiapkan semua dokumen dan KTP yang di perlukan untuk mengajukan QRIS
  • Foto di ambil dari seluruh profil, foto yang di ambil harus asli, jelas, mudah di baca
  • Buka halaman registrasi QRIS
  • Isi semua data
  • Pedagang harus menandatangani formulir syarat dan ketentuan QRIS
  • Sistem kemudian memvalidasi data dan dokumen.
  • Jika data yang di unggah sudah benar maka data akan di simpan secara manual di PT
  • Pembayaran Transaksi Elektronik Nasional (PTEN).
  • Selanjutnya, kamu harus menunggu National Merchant ID (NMID) PTEN
  • Setelah NMID kedaluwarsa, sistem akan mengeluarkan nama pengguna dan kata sandi ke alamat email yang kamu daftarkan.
  • Setelah itu, QRIS yang muncul akan di periksa oleh tim InterActive

Jenis QRIS

Ada beberapa jenis QRIS yang dapat kamu terapkan sebagai merchant dan sebagai pengguna yaitu:

·         Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Ini adalah jenis QRIS yang paling sederhana, yaitu merchant hanya perlu menunjukkan stiker QRIS dan sepenuhnya gratis. Pengguna QRIS yang ingin membayar cukup scan, masukkan PIN, dan klik bayar.

·         Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Pada jenis pembayaran ini, QRIS di lakukan melalui EDC atau smartphone dan sepenuhnya gratis. Bedanya dengan yang pertama, adalah pada QRIS jenis ini, merchant harus memasukkan nama pembayaran terlebih dahulu kemudian customer memindai QRIS yang di tampilkan atau di cetak.

Sedangkan pada jenis pembayaran pertama, proses pemasukan nominal pembayaran di lakukan oleh pelanggan. Jenis QRIS ini sangat cocok untuk pedagang menengah ataupun yang besar dengan volume perdagangan tinggi.

·         Customer Presented Mode (CPM)

Pada QRIS jenis ini, pelanggan sendiri yang menunjukkan QRIS yang di tampilkan pada aplikasi pembayarannya untuk di pindai oleh pedagang. Jenis ini lebih cocok bagi penjual yang membutuhkan kecepatan transaksi, seperti penyedia jasa pengiriman, parkir, retail dll.

·         Merchant Presented Mode (MPM)

Jenis QRIS ini di gunakan wisatawan mancanegara untuk berbelanja di tempat wisata. Sebaliknya, wisatawan Indonesia juga bisa berbelanja dengan memindai kode QR di Thailand dan Malaysia.

Selain jenis, perlu di ketahui juga bahwa nominal QRIS di batasi maksimal Rp 10.000.000 per transaksi. Kamu juga dapat menetapkan limit kumulatif harian atau bulanan untuk transaksi yang di lakukan oleh setiap pengguna QRIS, sesuai dengan manajemen risiko.

Batasan Transaksi QRIS

Batas transaksi untuk pembayaran QRIS adalah Rp 2 juta. Namun, terdapat pula batasan kumulatif harian dan/atau bulanan yang di tetapkan oleh pengguna berdasarkan ketentuan PJSP. Tentu saja, batas akumulasi ini di atur sesuai dengan manajemen risiko keuangan masing-masing pengguna.

Biaya Transaksi QRIS

Dalam pembayaran menggunakan QRIS, terdapat merchant discount rate (MDR). Tingkat diskon penjual QRIS sebesar 0,7% akan di tanggung oleh mitra atau penjual. Di bandingkan dengan biaya konversi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) hingga 1%, hal ini tentu lebih kecil dan hemat biaya.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu QRIS, manfaat, cara menggunakan dan berbagai jenisnya yang bisa kita sampaikan. Semoga deengan penjelasan di atas dapat membantu kamu mengerti tentang QRIS tersebut.

Baca Juga